32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Tips Menyisihkan Uang untuk Tabungan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com – Ingin menyisihkan uang gaji setiap bulan namun selalu gagal? Jangan-jangan, anda termasuk tipe orang yang boros dalam membelanjakan uang? Jika demikian, mulailah belajar hidup hemat jika ingin memiliki tabungan masa depan. Yuk pelajari tips menyisihkan uang untuk tabungan masa depan agar sukses memiliki tabungan.

Tahukah anda bahwa dengan menabung ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ? Jika sudah memiliki kebiasaan menabung sejak dini, maka hal tersebut sangat bagus karena sudah bisa menyisihkan uang dari pendapatan setiap bulannya.

Tips Menyisihkan Uang untuk Tabungan Masa Depan

Namun jika belum, anda perlu membiasakan diri menyisihkan uang demi tabungan masa depan dengan tips berikut ini ya!

1. Menabung Uang Receh

Menabung uang receh memang terdengar hal yang sepele, namun jangan salah karena sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit lho. Coba mulai persiapkan tabungan masa depan dengan membuat celengan khusus uang recehan. Kumpulkan uang receh yang anda temukan di dalam dompet, tas, atau kembalian belanjaan dengan kontinyu.

2. Membuat Daftar Prioritas

Saat menerima gaji, biasakan untuk membuat daftar belanja apa saja yang wajib dipenuhi. Mulai dengan membuat catatan prioritas sehari-hari, misalnya untuk membayar tagihan listrik, tagihan air, internet serta kebutuhan pokok sehari-hari selama satu bulan. Setelah itu lanjut membuat prioritas untuk kebutuhan gaya hidup seperti membeli skincare atau makanan enak.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

Jika anda sering terjebak dalam kondisi uang cepat habis dan tidak tahu kemana saja anda telah membelanjakan uang tersebut, maka itu termasuk pemborosan. Oleh karena itu, biasakan untuk membuat catatan pengeluaran supaya anda bisa mengevaluasi hal-hal apa saja yang tidak perlu dibeli. Dengan begitu, anda bisa menyisihkan uang dan memiliki tabungan.

4. Menantang Diri untuk Berhemat

Mencoba menantang diri sendiri untuk berhemat akan melatih diri membiasakan menabung. Anda bisa membuat tantangan dengan belanja menggunakan uang tunai saja dan tidak membeli barang-barang dengan nominal yang tinggi. Cara satu ini akan bermanfaat bagi diri anda untuk menumbuhkan kebiasaan disiplin dalam menyisihkan uang untuk ditabung.

5. Membuat Rekening Khusus

Mempunyai rekening khusus yang tidak bisa ditarik adalah salah satu tips yang bisa dicoba untuk memiliki tabungan masa depan. Membuat rekening khusus akan menjadikan anda bisa mencapai target yang telah ditetapkan..

6. Menetapkan Tujuan yang Ingin Dicapai

Setiap orang pasti memiliki impian atau tujuan hidup yang ingin dicapai. Misalnya, ingin memiliki rumah, membeli motor atau kuliah ke luar negeri. Nah, jika anda sudah menetapkan tujuan yang ingin dicapai, akan lebih mudah untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Sehingga anda bisa memanfaatkan tabungan tersebut  untuk kebutuhan di masa depan.

7. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Tips menyisihkan uang selanjutnya yang paling ampuh yakni dengan menerapkan gaya hidup hemat. Mengurangi kebiasaan suka belanja atau membeli barang-barang branded. Coba mulai praktekkan gaya hidup hemat dengan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, alih-alih membelanjakannya untuk membeli barang-barang yang kurang penting.

8. Memikirkan Investasi Sejak Dini

Saat anda sudah mulai terbiasa menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan masa depan, maka pertimbangkanlah untuk berinvestasi. Pilihlah investasi sesuai keinginan, seperti emas atau deposito. Mulailah dari investasi secara bertahap dalam jumlah kecil dan anda bisa meneruskannya untuk investasi jangka panjang karena bermanfaat untuk masa depan.

Itulah beberapa tips menyisihkan uang untuk tabungan masa depan yang bisa anda terapkan dengan baik. Lakukan tips diatas dengan rutin dan bijaklah dalam mengelola keuangan. Seiring berjalannya waktu, anda akan terbiasa untuk hidup hemat dan menjadi rajin menabung sehingga tidak perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan di masa depan!

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU