27.1 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Susah Buat Nabung setelah Gajian? Ini Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan

JAKARTA, duniafintech.com – Gaji pas-pasan namun kebutuhan pokok hidup semakin meningkat setiap harinya? Nominal gaji yang tidak besar terkadang menjadi penghalang untuk bisa menabung. Namun jangan mudah putus asa, anda bisa hidup dengan gaya hemat untuk mengirit pengeluaran kok. Tak ada salahnya anda coba ikuti cara menghemat uang 200 ribu sebulan. 

Bagi anda yang belum terbiasa hidup hemat, tentu merasa sulit untuk hidup sederhana. Akan tetapi, masalah akan mulai berdatangan jika anda melakukan pemborosan sementara gaji tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Oleh karena itu, mulailah biasakan hidup hemat dengan cara berikut ini ya.

Cara Menghemat Uang 200 Ribu Sebulan

1. Menentukan Tujuan Berhemat

Langkah pertama yang bisa anda lakukan saat berhemat yaitu menuliskan tujuan dari berhemat itu sendiri. Anda bisa menghemat uang dengan cara menyisihkan uang sebesar 10 rupiah setiap harinya. Jangan lupa, tentukan target atau tujuan berhemat agar termotivasi dan supaya menghemat uang terasa lebih ringan ya! 

2. Memisahkan Uang Tabungan dan Kebutuhan Pribadi

Demi bisa menghemat uang sebesar 200 ribu setiap bulannya, anda harus bisa menghilangkan sifat konsumtif. Berusaha menahan diri untuk tidak belanja barang yang kurang penting. Dan supaya uang tabungan tidak terpakai, pisahkan dana tersebut ke rekening lainnya atau ke dalam dompet. Sehingga anda tidak akan mudah membelanjakan uang tabungan tersebut.

3. Menyusun Anggaran Belanja

Saat awal menerima gaji, anda bisa menghemat uang 200 ribu dengan cara menyusun anggaran belanja selama sebulan kedepan. Mulailah dengan menulis rincian anggaran dan berapa dana yang diperlukan. Dari sana anda bisa melihat berapa jumlah dana pokok yang dikeluarkan dan yang sekedar keinginan semata sehingga anda bisa mengurangi belanja yang tidak penting.

4. Membawa Bekal dari Rumah

Saat hendak pergi ke kantor anda bisa menghemat pengeluaran dengan membawa bekal dari rumah. Tips ini terbilang cukup efektif jika dibandingkan dengan membeli makan siang di kantor yang setiap harinya bisa menghabiskan uang Rp 10.000. Ingat-ingat kembali tujuan menghemat uang 200 ribu sebulan supaya semakin semangat membawa bekal dari rumah!

5. Naik Transportasi Umum

Apakah anda termasuk pengguna transportasi online ? Jika iya, cobalah lebih berhemat dengan menggunakan transportasi umum. Walaupun fasilitas transportasi online lebih nyaman, namun tarifnya tentu lebih tinggi jika dibandingkan transportasi umum. Jika anda ingin menghemat uang 200 ribu biasakan diri untuk naik angkutan umum ya.

6. Manfaatkan Diskon Belanja

Diskon adalah kesempatan bagi anda untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja. Manfaatkan diskon belanja dengan cara mencari informasi tentang diskon suatu produk. Menahan keinginan berbelanja sampai diskon tiba adalah cara terbaik bagi anda supaya bisa menghemat keuangan. 

7. Mengganti Gaya Hidup

Jika sebelumnya anda suka jajan di luar dengan membeli makanan yang mahal, cobalah untuk tahan keinginan anda akan hal tersebut. Misalnya, dengan memilih masak dirumah sebagai cara untuk menghemat uang dan jajan sekaligus. Pastikan makan jajan anda tidak lebih mahal dari biaya makan pokok. Dengan demikian anda bisa menghemat uang 200 ribu sebulan. 

Walaupun cara menghemat uang tidak semudah yang dibayangkan, anda bisa memulainya sedikit demi sedikit hingga terbiasa. Membatasi keinginan diri untuk sekedar makan mahal di cafe atau berbelanja produk branded yang harganya diatas pendapatan akan membantu anda lebih hemat lagi. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi Indonesia Terdaftar BEI, Ini Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tentunya dapat menjadi pilihan untuk investasi. Di samping memiliki produknya, kamu pun...

Cara Bayar Kredivo Lewat Alfamart, Ini Panduan Mudahnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Kredivo lewat Alfamart sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kredivo sendiri menjadi salah satu layanan kredit online...

Daftar Fintech Berizin OJK Jadi 102, Ini Rinciannya

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar fintech berizin kembali dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 22 April 2022 lalu. Dalam catatan OJK, total jumlah penyelenggara fintech...

Cara Investasi Emas untuk Pemula, Gampang Banget!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara investasi emas untuk pemula, apakah susah? Tentu saja tidak. Bahkan, caranya gampang sekali. Seperti diketahui, emas memang bukan hanya populer sebagai...

Secara Analisis Teknikal, Penurunan Harga Bitcoin Saat Ini Masih Wajar

JAKARTA, duniafintech.com - Penurunan harga Bitcoin yang saat ini berada pada level sekitar Rp300 jutaan masih dalam batas wajar jika ditinjau dari analisis teknikal....
LANGUAGE