23.7 C
Jakarta
Sabtu, 13 Juli, 2024

Jangan Biarkan Kenangan Rusak, Ini Aplikasi Ubah Klise Jadi Foto Digital

Jangan membuang klise yang Anda miliki, yuk ubah menjadi foto digital dengan membaca cara mengubah klise menjadi foto digital.

Bagi Anda yang lahir pada tahun 90-an tentu tidak merasa asing dengan klise atau mungkin sampai sekarang Anda masih menyimpan benda satu ini. Pada zaman itu, roll film sangat popular dan para fotografer juga menggunakan kamera analog untuk mendokumentasikan sebuah momen

Klise sendiri memiliki arti film yang berwarna yang menghasilkan negatif (klise) dengan gambar warna gambar terbentuk dari komplemen objek yang ditangkap. Dari hasil foto tersebut, klise akan dicetak dan menjadi foto berwarna yang disebut sebagai foto positif.

Untuk era sekarang, mencetak klise sudah sangat susah karena jarang sekali ada jasa yang menyediakan cetak roll film negatif. Malahan, hampir semua orang sudah menggunakan foto digital dan juga mencetak foto dengan cara yang lebih mudah dan praktis yang bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bagi Anda yang saat ini masih memiliki klise dan tidak tahu bagaimana cara untuk mencetak nya, jangan dibuang terlebih dahulu. Anda masih bisa mengubah foto tersebut menjadi foto berwarna dengan menggunakan aplikasi yang bisa Anda install pada ponsel Anda.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami telah merangkum sebuah artikel mengenai cara mengubah klise menjadi foto digital. Yuk, simak artikel ini sampai habis agar Anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih lengkap.

Cara Mengubah klise Menjadi Foto Digital

Untuk mengubah klise menjadi foto digital ini cukup mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Photo Negatif Scanner : View & Convert Color Film. Aplikasi ini bisa mengubah roll film negatif menjadi foto positif dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Siapkan terlebih dahulu foto klise yang akan Anda rumah menjadi foto digital
  2. Selanjutnya, download aplikasi Photo Negatif Scanner ; View & Convert Color Film pada Play Store atau App Store dengan gratis.
  3. Cari sumber cahaya yang bagus, bisa menggunakan lampu, matahari, atau pun cahaya layar laptop
  4. Setelah itu, buka aplikasi Photo Negatif Scanner ; View & Convert Color Film
  5. Posisikan klise berada pada sumber cahaya dan foto klise menggunakan aplikasi tersebut
  6. Untuk mengambil foto, Anda bisa mengklik tombol apa saja yang berada pada box “click to calibrate”
  7. Setelah Anda mengambil foto, maka secara otomatis aplikasi ini akan menampilkan warna yang ada pada foto
  8. Crop bagian foto yang akan Anda gunakan. Jika sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan klik tombol centang yang ada pada bagian pojok kanan bawah layar
  9. Secara otomatis, foto yang telah Anda ambil akan langsung tersimpan pada galeri. Jika Anda ingin share foto tersebut, Anda bisa klik tombol share untuk membagikan foto pada media sosial dan juga aplikasi chatting

Kesimpulan 

So, mulai sekarang jika Anda memiliki klise lama yang sudah tidak terpakai bisa Anda cetak dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut. Sangat mudah bukan? Bahkan Anda bisa mendapatkan foto yang bagus dengan hasil yang sangat memuaskan.

Selain aplikasi Photo Negatif Scanner; View & Convert Color Film Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi lainnya yang ada pada Play Store dan juga App Store.

Demikianlah artikel mengenai cara mengubah klise menjadi foto digital yang sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri menggunakan aplikasi Photo Negatif Scanner; View & Convert Color Film. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa Anda praktikkan sendiri.

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU