28.4 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang Bank Mandiri dan Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengurus buku tabungan hilang Bank Mandiri penting diketahui oleh para nasabah Mandiri yang mengalaminya.

Jika buku tabungan kamu hilang maka memang sebaiknya kamu segera mengurus buku tabungan yang baru di kantor cabang bank. Tujuannya adalah agar buku tabungan kamu tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Buku tabungan sendiri berguna untuk berbagai urusan administrasi, yakni sebagai lampiran untuk pelaporan pajak, pengajuan pinjaman, pengajuan kredit, rekonsiliasi rekening, dan banyak lagi kegunaan lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih jauh informasi soal cara mengurus buku rekening Mandiri yang hilang, berikut ini ulasan selengkapnya, seperti disadur dari Lifepal.

Baca juga: Cara Bayar Listrik lewat Mandiri ATM hingga Internet Banking

Syarat Mengurus Buku Tabungan Hilang Bank Mandiri

Seluruh proses pengurusan buku tabungan yang hilang ini lazimnya dilakukan lewat kantor cabang tempat nasabah membuka rekening. Akan tetapi, sebelum pergi ke bank yang dituju, ketahui terlebih dahulu beberapa syarat yang wajib dipenuhi untuk mengurus buku rekening yang hilang berikut ini, yaitu:

  • Surat kehilangan
  • KTP/SIM/paspor
  • Kartu ATM/debit

Nah, untuk poin pertama, surat kehilangan mesti dibuat di kepolisian di lokasi kamu kehilangan buku tabungan itu. Akan tetapi, bagi nasabah BCA, syarat pertama ini tidak diperlukan sehingga prosesnya dapat diselesaikan dengan lebih mudah.

cara mengurus buku tabungan hilang bank mandiri

Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang Bank Mandiri

1. Menghubungi call center bank bank

Guna mendapatkan respons tercepat, kamu dapat melaporkan masalah ini kepada bank lewat telepon sehingga call center bank bisa langsung membuat langkah antisipasi apabila ada penyalahgunaan. 

Nantinya, customer service bank akan memblokir penggunaan buku tabungan supaya tidak bisa diproses untuk transaksi apa pun sehingga uangmu tetap aman dan tidak berkurang.

2. Melaporkan ke kepolisian terdekat

Langkah lainnya terkait pelaporan buku rekening yang hilang adalah kamu mesti melaporkan hal ini ke kantor polisi. Setibanya di kantor polisi, sampaikan kejadian yang dialami mengenai buku tabungan yang hilang ini.

Nantinya, polisi akan mengeluarkan surat keterangan yang merupakan menjadi persyaratan untuk membuat buku tabungan yang baru di bank. 

3. Datang ke kantor bank terdekat

Kalau sudah mengantongi surat keterangan dari polisi, selanjutnya kamu dapat mendatangi kantor bank terdekat. Namun, sebaiknya kamu pergi ke cabang yang menerbitkan buku tabungan sebagaimana akan ditandatangani oleh pejabat bank yang dahulu mengesahkannya.

Baca juga: Cara Bayar Shopee lewat ATM Mandiri hingga Internet Banking

Di samping membawa surat keterangan dari kepolisian, kamu pun mesti menyertakan KTP/SIM dan kartu ATM, dengan tujuan agar lebih memudahkan pihak bank dalam menerbitkan buku tabungan kamu yang baru.

4. Diproses oleh customer service

Setibanya di bank, kamu akan langsung mengambil nomor antre ke customer service dan melaporkan bahwa buku rekening hilang. Lalu, customer service akan meminta kamu untuk mengisi formulir terkait kehilangan buku tabungan, yang mesti ditandatangani di atas meterai.

Biaya Ganti Buku Tabungan yang Hilang

Nantinya, kamu pun akan mengeluarkan biaya ketika mengganti buku rekening yang hilang tersebut. Adapun besaran biaya yang dikeluarkan tidak sama sebab masing-masing bank punya kebijakan masing-masing.

Di samping itu, juga ada sejumlah bank yang tidak mengenakan biaya penggantian buku tabungan. Nah, untuk Bank Mandiri atau PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, biaya penggantian buku tabungan yang hilang adalah sebesar Rp15.000

Berikut ini biaya ganti buku tabungan di beberapa bank ternama lainnya di Indonesia:

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk: Rp25.000.
  • PT Bank Central Asia Tbk: Rp5.000.
  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk: Rp15.000.
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk: Rp15.000.
  • PT Bank CIMB Niaga Tbk: Rp25.000.
  • PT Bank Danamon Indonesia Tbk: Rp15.000.
  • PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk: Rp10.000.
  • PT Bank Bukopin: Rp20.000.

Sekian ulasan tentang cara mengurus buku tabungan hilang Mandiri yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan jangan sampai hilang lagi ya!

Baca juga: Cara Ganti PIN ATM Mandiri dan Tips Jaga Kerahasiaan PIN ATM

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE