25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Cara Ganti PIN ATM Mandiri dan Tips Jaga Kerahasiaan PIN ATM

JAKARTA, duniafintech.com – Cara ganti PIN ATM Mandiri dan tips menjaga kerahasiaan PIN ATM penting sekali diketahui oleh nasabah Bank Mandiri.

Sebagai informasi, pergantian PIN ATM adalah sebuah kewajiban yang mesti dilakukan secara berkala, dengan tujuan menghindari berbagai risiko pembobolan dana di rekening tabungan kamu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

Maka dari itu, pihak bank pun akan mengimbau para nasabahnya untuk melakukan penggantian PIN ATM secara berkala, salah satunya adalah Bank Mandiri. Lazimnya, bank BUMN yang satu ini akan meminta para nasabahnya untuk melakukan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit demi alasan keamanan.

Baca juga: Cara Daftar m-Banking Mandiri lewat HP, Dijamin Praktis!

Adapun mekanismenya, yakni nasabah nantinya akan secara otomatis diarahkan untuk mengganti PIN saat bertransaksi di ATM Mandiri. Buat para nasabah yang menerima permintaan penggantian PIN Kartu Mandiri Debit untuk alasan keamanan ini, Kartu Mandiri Debit nasabahnya untuk sementara tidak bisa melakukan transaksi di channel ATM, EDC, dan e-commerce hingga ia melakukan penggantian PIN.

Penting juga diketahui, PIN ATM yang tidak diganti secara berkala berisiko dibobol dana yang ada di dalamnya lewat mesin ATM atau internet banking. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Cara Ganti PIN ATM Mandiri: Kenapa Perlu Ganti PIN ATM?

Meski terasa sedikit merepotkan, nyatanya mengganti PIN kartu ATM secara berkala menjadi hal penting yang sebaiknya dilakukan. Tujuannya adalah demi keamanan dan guna menghindari berbagai risiko pembobolan dana di rekening tabungan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya, saat ini, ada banyak motif kejahatan perbankan yang mengintai keamanan dana di rekening nasabah. Sebagai contoh, kejahatan dengan modus skimming di mesin ATM dan modus phising via internet banking. Berikut ini penjelasan selengkap terkait kedua modus penipuan tersebut.

1. Skimming

Ini adalah tindakan pencurian informasi kartu kredit atau debit yang dilakukan dengan menyalin informasi yang ada di strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan skimmer ke mesin ATM, yaitu sejenis alat yang bisa membaca dan merekam seluruh data yang terdapat di dalam kartu ATM yang digunakan di mesin tersebut.

Biasanya, alat ini tidak disadari atau dilihat keberadaannya oleh para pengguna mesin ATM sebab bentuknya kecil dan tipis sehingga memungkinkan untuk ditempatkan di dalam slot kartu ATM yang ada di mesin ATM.

2. Phishing

Phishing merupakan tindak kejahatan yang dilakukan secara online dengan tujuan untuk mengambil data-data pribadi seseorang, misalnya username, password, PIN, nomor rekening dan CVV kartu kredit serta kode OTP.

Adapun cara kerja phishing ini bisa beragam, mulai dari phising via email, SMS, telepon hingga pesan WhatsApp atau DM sosial media. Modusnya yang sering kali dilakukan oleh pencuri cenderung sukses lantaran korban sering merasa tak disadar dan memberikan data-data pribadi dengan sukarela.

cara ganti pin atm mandiri

Cara Ganti PIN ATM Mandiri

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa cara mengganti PIN ATM Mandiri hanya bisa dilakukan di mesin Mandiri ATM dan tidak bisa dilakukan di mesin ATM Bersama. Inilah tata caranya:

– Kunjungi ATM Mandiri terdekat.

– Masukkan Kartu Mandiri Debit ke mesin ATM.

– Kemudian, pilih bahasa yang ingin digunakan, bisa Indonesia atau Inggris.

– Masukkan 6 digit PIN Mandiri Debit yang saat ini digunakan lalu pilih “ENTER”.

– Pilih transaksi apa pun di layar ATM.

– Lantas, akan muncul keterangan transaksi telah dibatalkan dan nasabah pun langsung diminta untuk melakukan penggantian PIN.

– Pilih “LANJUTKAN”.

– Masukkan tanggal lahir (ddmmyy).

– Jika sudah maka silakan pilih “BENAR”.

– Masukkan 6 digit angka PIN lama lalu pilih “ENTER”.

– Lanjutkan dengan memasukkan 6 digit angka PIN baru.

– Perlu dipahami, PIN baru ini harus menggunakan kombinasi 6 digit angka baru dan tidak boleh sama dengan PIN Mandiri Debit terakhir yang sudah pernah digunakan.

Baca juga: Cara Top Up DANA lewat Mandiri: ATM hingga M-Banking

– Masukkan kembali 6 digit angka PIN baru.

– Selanjutnya, penggantian PIN berhasil dilakukan.

– Struk penggantian ATM akan keluar.

– Selesai!

Tips Menjaga Kerahasiaan PIN ATM

1. Jangan menempelkan atau menulis PIN di kartu debit dan kredit

Pertama, sebaiknya kamu hindari mencatat PIN apa pun bentuknya yang ditempel/ditulis di kartu debit atau kredit kamu.

2. Hindari kebiasaan menyimpan PIN di handphone

Hindari juga kebiasaan menyimpan nomor PIN di kontak atau catatan ponsel dengan judul yang sangat jelas.

3. Jangan ceroboh saat mengambil uang di ATM

Kemudian, senantiasa perhatikan sekitar dan pastikan kamu menutupi keypad ATM dengan tangan ketika memasukkan PIN.

4. Jangan mudah tergiur

Selanjutnya, kamu abaikan saja panggilan dari nomor tidak dikenal yang memberikan informasi soal undian atau hadiah dengan syarat menyebutkan informasi perbankan kamu.

5. Jangan malas update PIN secara berkala

Terakhir, setidaknya, luangkanlah waktu sekitar 5 menit untuk mengganti PIN demi keamanan dan kenyamanan bertransaksi.

Cara Meningkatkan Keamanan Bertransaksi Menggunakan Kartu Debit Mandiri

Mengutip laman resmi Bank Mandiri, inilah beberapa cara untuk meningkatkan keamanan bertransaksi menggunakan kartu debit Mandiri:

– Menjaga selalu kerahasiaan dan tidak memberikan informasi kepada siapa saja, termasuk pihak bank, terkait data kartu Mandiri Debit, di antaranya PIN, nomor kartu, tanggal berlaku kartu, 3 digit nomor CVV di belakang kartu, dan SMS OTP.

– Menjaga kerahasiaan PIN ketika bertransaksi di ATM dan mesin EDC.

– Perhatikan dan berhentilah transaksi jika ada sesuatu yang mencurigakan ketika kamu bertransaksi di ATM atau EDC.

– Aktifkan juga layanan SMS notifikasi dan Mandiri Online untuk bisa mengantisipasi jika ada transaksi yang mencurigakan.

– Sebaiknya, segera lakukan pemblokiran kartu melalui 14000, Mandiri Online, atau di kantor cabang terdekat jika kartu hilang, tertelan, atau ada transaksi yang mencurigakan. Kalau ada permasalahan terkait kartu Mandiri Debit maka kamu pun disarankan untuk segera menghubungi Mandiri Call 14000.

Sekian ulasan tentang cara ganti PIN ATM Mandiri yang bisa kamu lakukan dengan mudah sekarang juga. Selamat mencoba dan tetap waspada ya!

Baca juga: Cara Cek Nomor Rekening Mandiri, Bisa Online Juga Kok!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE