25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Gak Pake Ribet, Pinjol Bunga Rendah Ini Cocok Buat Modal Usaha

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjaman online atau pinjol dengan bunga rendah merupakan layanan keuangan yang paling dicari oleh banyak orang.

Saat ini, untuk menggunakan jasa peminjaman uang tidak serumit dahulu. Bahkan, hanya dengan menggunakan aplikasi anda sudah bisa langsung mendapatkan dana. 

Dana tersebut bisa diperuntukan untuk modal usaha maupun kebutuhan lainnya. Prosesnya pun terbilang mudah, tidak serumit layanan keuangan konvensional lain seperti bank. 

Dalam peraturan terbaru OJK, bunga pinjaman konsumtif dibatasi menjadi 0,8% per hari dengan maksimal bunga dan biaya lainnya tidak boleh melebihi utang pokok.

Baca juga: Cair dalam Sekejap, 5 Pinjol Bunga Rendah Ini Dijamin Aman

Meskipun sudah terdaftar di OJK, kita harus tetap melakukan pertimbangkan lebih dalam sebelum mengajukan pinjaman.

Berikut ini ada beberapa layanan pinjaman online bunga rendah yang bisa jadi rekomendasi. 

Pinjaman Online Bunga Rendah

Berutang adalah sesuatu yang sebisa mungkin harus kita hindari. Bukan cuma untuk orang lain, tapi juga untuk diri sendiri. Terlebih ketika kita berutang untuk hal-hal konsumtif, yang harganya akan turun seiring berjalan waktu.

Tapi bukan berarti utang adalah sesuatu yang buruk. Apalagi jika utang tersebut kita gunakan untuk pengeluaran yang lebih produktif dan mampu menghasilkan penghasilan tambahan untuk kita.

Misalnya, utang untuk membeli alat elektronik yang bisa menunjang kinerja kerja kita. Sehingga memungkinkan kita untuk memiliki pendapatan tambahan karena banyak mendapatkan pekerjaan sampingan berkat karya yang kita buat.

Selain itu, buat kita-kita yang tidak punya dana darurat, utang menjadi satu-satunya solusi ketika muncul keadaan darurat yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan sejumlah uang.

Bersamaan dengan teknologi, utang juga terus berevolusi dan memberikan banyak kemudahan untuk nasabahnya.

Salah satu bukti konkritnya adalah banyaknya perusahaan utang yang menyediakan pinjaman berbasis online. Kegiatan utang-berutang ini perlahan berpindah haluan menjadi sepenuhnya online.

Akhirnya, memungkinkan kita untuk melakukan verifikasi data hanya lewat foto saja. Ini kemudian menjadi dua mata pisau untuk beberapa orang yang oportunis.

Mereka cenderung lebih sering mengandalkan utang online setiap kali berada di keadaan yang mendesak, tidak peduli bunga yang besarannya lebih tinggi dari lembaga serupa lainnya.

Rata-rata besaran bunga yang perusahaan pinjol tetapkan berkisar antara 0,5% untuk bunga harian, dan 30% untuk bunga tahunan.

Ini tentu jauh lebih besar daripada platform penyedia pinjaman selain pinjol. Misalnya, bank BNI yang mematok bunga yang berada dalam kisaran 7,25% hingga 8,75% per tahun.

Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ada perusahaan utang online dengan bunga rendah?

Jawabannya tentu ada.

Pada Oktober 2021 lalu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meminta perusahaan pinjol di Indonesia untuk menurunkan suku bunga agar masyarakat tidak terlalu terbebani.

“Kami meminta perusahaan pinjaman online atau fintech legal memberikan suku bunga yang lebih murah” Katanya, dikutip laman katadata.co.id, Selasa (26/10/21).

Sejak permintaan ini, bunga pinjaman konsumtif mereka batasi menjadi 0,8% per hari dengan maksimal bunga dan biaya lainnya tidak boleh melebihi utang pokok.

pinjol bunga rendah

Daftar Pinjol Bunga Rendah

Berikut ini adalah beberapa daftar pinjol bunga rendah resmi OJK yang terdaftar dan sudah memberlakukan tarif bunga yang baru, melansir beberapa sumber, di antaranya:

1. Pinjol Bunga Rendah: Kredit Pintar

Perusahan pinjol pertama yang terdaftar di OJK adalah PT Kredit Indonesia atau Kredit Pintar.

Perusahaan ini menyediakan pinjaman untuk berbagai kebutuhan dengan besaran maksimal Rp 20 juta dengan tenor 3, 6, hingga 12 bulan.

Kredit Pintar juga menawarkan suku bunga tahunan maksimal 11% belum termasuk biaya admin 5-15%, plus biaya keterlambatan 1% per hari.

Baca juga: Rekomendasi Pinjol Bunga Rendah, Cocok Buat Modal Usaha

2. Pinjol Bunga Rendah: Indodana

Selanjutnya adalah PT Artha Dana Teknologi (Indodana) yang berdiri sejak November 2017, kemudian mendapatkan izin OJK pada Mei 2020.

Indodana memberikan layanan pinjaman, cicilan tanpa kartu kredit, kredit HP, dan layanan Paylater. Adapun, pinjaman yang mereka tawarkan mulai dari Rp 1-8 juta.

Tenor yang tersedia mulai dari 1 hingga 3 bulan, dengan suku bunga mulai dari 0,57% hingga 0,8% per harinya.

Sementara untuk layanan Paylater, indodana tidak membebankan bunga untuk tenor 1 bulan.

Kemudian untuk tenor di atas 1 bulan, pihaknya akan membebankan nasabah suku bunga 3% plus biaya administrasi 1%, minimum Rp 1.000.

3. Danafix

PT Danafix Online Indonesia (Danafix) menawarkan prosedur yang sederhana untuk peminjam dengan tenor pinjaman mulai dari 120 hingga 210 hari.

Jumlah pinjaman yang mereka berikan mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 10 juta dengan membebankan biaya-biaya, meliputi:

  • Biaya platform: 6% per bulan (dikurangi sebagai biaya)
  • Biaya pemberi pinjaman: 6% per bulan (dikurangi sebagai biaya)
  • Biaya keterlambatan pinjaman: Rp 100 ribu yang perusahaan bebankan kepada pemberi pinjaman
  • Total biaya untuk konsumen: 12% per bulan.

4. PinjamDuit

PinjamDuit (PT Stanford Teknologi Indonesia) memberikan penawaran pinjaman multiguna tanpa adanya agunan, dan pinjaman dengan agunan.

Besaran pinjaman yang mereka berikan untuk layanan tanpa agunan sendiri mulai dari Rp 532 ribu hingga Rp 2.280.000 dengan bunga per hari 0,8%.

Sementara itu, besaran pinjaman untuk layanan pinjaman dengan agunan mereka berikan mulai dari Rp 100 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor hingga 12 bulan.

Adapun, suku bunga yang mereka berikan berkisar antara 2,5% hingga 3% per bulan dengan biaya admin dan provisi berkisar antara 3%-3,5%.

Itulah beberapa rekomendasi pinjol bunga rendah yang bisa dimanfaatkan buat modal usaha. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Baca juga: Gampang Cair, Inilah Daftar Pinjol Bunga Rendah Berizin OJK

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE