26.9 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Lengkap! Inilah 7 Cara Menutup Asuransi BCA Life

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, cara menutup Asuransi BCA Life bisa dilakukan saat kamu ingin membatalkan polis asuransi yang dibeli.

Adapun langkah membatalkan Asuransi BCA Life ini bisa disebabkan oleh beberapa alasan, di antaranya karena jenis asuransi ini tidak sesuai kebutuhanmu.

Penting diingat, untuk membatalkan polis asuransi ini membutuhkan prosedur tersendiri yang harus dilakukan. Oleh sebab itu, penting untuk memahami langkah-langkah dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Nah, ulasan selengkapnya ada di bawah ini.

Cara Menutup Asuransi BCA Life: Beberapa Alasan Membatalkan Polis

Adapun upaya membatalkan sebuah polis asuransi tentunya didasari oleh sejumlah faktor atau alasan. Beberapa ini di antaranya:

  • Dalam kurun waktu 14 hari setelah mempelajari polis karena tidak setuju dengan syarat dan ketentuan dalam polis
  • Merasa tidak mendapatkan manfaat dari polis asuransi yang dimiliki
  • Sudah terlalu banyak memiliki polis asuransi, terutama polis asuransi jiwa.

7 Cara Menutup Asuransi BCA Life

Sebagaimana proses membeli asuransi, cara menghentikan Asuransi BCA Life punya prosedurnya sendiri. Setidakya, ada 7 cara menonaktifkan Asuransi BCA Life yang bisa diikuti. Berikut ini ulasannya.

  1. Mendatangi Kantor BCA Life Insurance

Dengan mendatangi kantor BCA Life baik pusat maupun cabang, kamu bisa menutup Asuransi BCA Life terbaik. Pasalnya, di situ, kamu bisa langsung dilayani oleh petugas customer service tanpa perlu menunggu lama. 

Dalam hal ini, kamu hanya perlu membawa sejumlah dokumen persyaratan pembatalan, mulai dari formulir, identitas diri, dan juga polis asli. Setelah mengajukan pembatalan beserta dokumen persyaratan, petugas akan segera memprosesnya.

Di samping itu, kamu juga bisa mendatangi beberapa gerai myBCA. Informasinya adalah sebagai berikut:

a. Kantor Pusat PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life)

Alamat: Chase Plaza Lt. 22, Jl. Jend. Sudirman Kav.21, Jakarta Selatan 12920

Baca juga: Ingin Jadi Nasabah BCA Prioritas? Ketahui Syarat dan Keuntungannya di Sini

b. Gerai MyBCA

  • Gandaria City Mall, Jalan Sultan Iskandar Muda, RT.10/RW.6, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12240. 
  • Central Park Mall, Jalan Letjen S. Parman No.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470. 
  • Kota Kasablanka Mall, Jalan Casablanca No.88, Menteng Dalam, Tebet, RT.14/RW.5, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870. 
  • Bintaro Jaya XChange Mall, Bintaro Jaya, Boulevard, Jalan Sektor VII No.2, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227. 
  • Emporium Pluit Mall, Jalan Pluit Selatan Raya, RT.15/RW.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440.
  • Grand City Mall, Jalan Walikota Mustajab No.1, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60272. 
  • Ciputra World Mall, Jalan Mayjen Sungkono No.89, Gn. Sari, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60224. 
  1. Menghubungi Call Center BCA Life

Kamu tidak sempat datang ke kantor BCA Life terdekat? Nah, jika demikian kondisinya maka kamu juga bisa membatalkan Asuransi BCA Life dengan cara menghubungi nomor telepon BCA Life atau call center di 021 80629889.

Adapun nomor BCA Life ini bisa dihubungi selama Senin—Jumat setiap pukul 08.30—17.30 WIB. Lalu, juga ada nomor telepon BCA Life lainnya, misalnya Halo BCA di nomor 1500888. 

  1. Mengirimkan Email

Kalau kamu sudah memiliki semua dokumen persyaratan, tetapi tidak punya waktu luang untuk mengurusnya ke kantor terdekat, maka kamu juga bisa memilih menggunakan email.  BCA Life bisa dihubungi via email [email protected] dengan menyertakan subject email yang jelas serta softfile dokumen ke alamat email itu.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan tujuanmu jika benar-benar ingin dilayani untuk membatalkan polis.

4.Mengunjungi Situs Resmi Asuransi BCA Life

Sebagai cara menutup Asuransi BCA Life yang paling mudah lainnya adalah dengan mengunjungi situs resmi Asuransi BCA Life. Ini menjadi cara termudah karena kamu bisa melakukannya di mana dan kapan saja.

Kamu hanya perlu masuk ke situs resmi BCA Life di alamat https://www.bcalife.co.id/, kemudian ikuti panduan berikut ini:

  • Klik Halo BCA di bagian bawah kanan situs
  • Pada pop-up yang muncul, isi data diri sesuai polis yang dimiliki, seperti nama, email, dan telepon
  • Setelah diisi dengan lengkap dan benar, klik Mulai
  • Halo BCA Chat akan membantumu untuk membatalkan polis asuransi
  1. Melalui Aplikasi BCA Life Mobile Services

Saat ini, BCA Life juga kian memudahkan nasabah melalui layanan aplikasi bernama BCA Life Mobile Services. Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore (Android) maupun App Store (iOS) secara gratis. Di sini, kamu bisa mendapatkan informasi sekaligus layanan terkait polis Asuransi BCA Life, termasuk pembatalan polis.

Selayaknya situs resmi, layanan untuk membatalkan polis BCA Life di aplikasi ini akan dilakukan melalui virtual chat bersama Halo BCA atau menghubungi langsung Halo BCA di nomor 1500888.

Adapun salah satu fitur yang bisa digunakan sebagai cara membatalkan Asuransi BCA Life adalah e-Formulir. Namun, sebelum itu, pastikan untuk registrasi terlebih dahulu.

  1. Menghubungi Akun Media Sosial BCA Life

Di zaman canggih seperti sekarang, posisi media sosial cukup krusial bagi masyarakat di seluruh dunia. Nah, dalam hal ini, beberapa akun resmi media sosial dari BCA Life bisa memberikan layanan terkait polis, termasuk pembatalan. Inilah informasi sejumlah akun media sosial resmi BCA Life yang perlu diketahui:

  • Twitter : @HaloBCA
  • Twitter : @MyBCALife
  • Facebook : bcalifeid
  • Instagram : @bcalifeid

Baca juga: Mudah! Begini Cara Blokir ATM BCA yang Hilang atau Tertelan

  1. Menyiapkan Dokumen Syarat Pembatalan BCA Life

Adapun dokumen syarat pembatalan BCA Life penting untuk dipersiapkan sebelum mengajukan hal itu sehingga bisa membantu memudahkan proses pembatalan polis.

Beberapa dokumen yang biasa digunakan untuk mengajukan pembatalan, yakni nomor polis asli, identitas Tertanggung seperti KTP/Paspor, formulir pembatalan, dan juga nomor rekening untuk pengiriman pengembalian premi. 

Biaya Pembatalan BCA Life

Tentunya, ada biaya yang dikenakan saat mengajukan pembatalan BCA Life Insurance. Biaya ini digunakan sebagai pengganti biaya administrasi pembatalan polis serta pengiriman dana atau transfer.

Untuk besaran biaya pembatalan BCA Life sendiri bisa bervariasi, sesuai dengan jenis polis yang kamu ambil sebagai nasabah.

Di samping itu, sebelum membatalkan, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu kepada petugas customer service soal jumlah biayanya. Pasalnya, biaya ini nantinya akan dipotong dari premi atau dana yang dikembalikan ke rekeningmu.

Formulir Pembatalan Polis BCA Life

Formulir pembatalan polis BCA Life merupakan salah satu poin terpenting dalam cara menutup Asuransi BCA Life. Kamu diwajibkan untuk mengisi formulir ini secara lengkap dan benar sebagai salah satu persyaratan pengajuan pembatalanmu diterima.

Jika ingin mendapatkannya maka kamu bisa mengunduh formulir pembatalan ini di situs resmi atau juga melalui aplikasi BCA Life Mobile Services.

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA

Di samping cara berhenti asuransi jiwa BCA Life sendiri, mungkin kamu juga penasaran bagaimana cara membatalkan asuransi AIA BCA. Diketahui, Bank BCA telah bekerja sama dengan Asuransi AIA dalam sejumlah produk asuransi, seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Adapun cara berhenti asuransi AIA BCA bisa dilakukan secara offline, yaitu dengan mendatangi kantor AIA terdekat dengan membawa dokumen persyaratan. Selain itu, pembatalan juga bisa dilakukan secara online, yakni dengan menghubungi pihak-pihak terkait, di antaranya agen asuransi AIA, pihak BCA, atau juga pihak AIA.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menutup asuransi BCA Life yang penting diketahui. Namun, sebelum menutup polis asuransi BCA Life yang kamu beli, sebaiknya pertimbangkan kembali alasannya terlebih dahulu.

Baca juga: Panduan Cara Top Up Flazz BCA, dari M-Banking hingga Merchant

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE