26 C
Jakarta
Rabu, 29 Juni, 2022

Mudah! Begini Cara Blokir ATM BCA yang Hilang atau Tertelan

JAKARTA, duniafintech.com – Cara blokir ATM BCA berikut ini penting diketahui oleh Anda yang kebetulan kartu ATM-nya hilang atau tertelan ketika melakukan transaksi. Adapun pemblokiran memang perlu segera Anda lakukan dalam rangka mengamankan atau menjaga uang yang ada di dalamnya supaya tetap aman.

Pada beberapa kasus, memblokir kartu ATM malah diperlukan demi melindungi data dan uang nasabah. Cara ini juga biasa dilakukan saat kartu ATM hilang atau tertelan mesin ATM demi menghindari kartu disalahgunakan oleh orang lain.

Baca jugaIngin Jadi Nasabah BCA Prioritas? Ketahui Syarat dan Keuntungannya di Sini

Bagaimana saja sih cara-cara pemblokirannya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara Blokir ATM BCA via Call Center

Ini menjadi salah satu cara blokir kartu BCA yang paling mudah dan banyak digunakan. Melalui call center Halo BCA, Anda tidak perlu persyaratan khusus sebab hanya akan menggunakan ponsel atau telepon rumah (PSTN).

Baca juga: Mengenal Apa Itu Virtual Account: Pengertian hingga Cara Kerjanya

Jika ingin mulai blokir ATM BCA melalui call center, Anda sebagai nasabah BCA perlu melakukan panggilan ke nomor 1500888. Kemudian, Anda akan terhubung dengan mesin penjawab otomatis terlebih dahulu dan ikuti panduan yang disampaikan dengan benar hingga terhubung dengan layanan pelanggan.

Berikutnya, Anda hanya perlu mengatakan bahwa Anda ingin memblokir kartu ATM BCA akibat hilang atau sebab lainnya. Nah, sebelum memblokir ATM BCA Anda, customer service akan melakukan verifikasi data nasabah terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kartu yang akan diblokir benar milik Anda.

Beberapa data yang akan disinkronkan, di antaranya nama sesuai KTP, nomor rekening, nama ibu kandung, perkiraan jumlah saldo, dan beberapa data pribadi lainnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah menyiapkan buku tabungan dan KTP sebelum melakukan panggilan.

Bukan hanya menyiapkan dokumen, Anda pun perlu memastikan bahwa pulsa Anda punya nominal cukup besar sebelum melakukan panggilan ke Halo BCA. Pasalnya, biaya panggilan ke call center BCA cukup mahal.

Bagi Anda yang tidak ingin kehilangan pulsa, sejatinya ada cara lain yang bisa digunakan, yaitu Anda dapat meminta Halo BCA untuk menelepon terlebih dahulu. Caranya adalah menghubungi akun Bank BCA, lalu berikan nomor ponsel Anda via DM. Untuk memastikan keamanan, pastikan nomor yang menghubungi Anda adalah nomor 1500888.

Cara Blokir ATM BCA via Klik BCA

Untuk diketahui, Klik BCA adalah fitur internet banking yang disediakan oleh BCA dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan nasabah, termasuk sebagai cara blokir kartu ATM yang hilang atau tertelan. Namun, untuk bisa menikmati layanan ini, nasabah harus memastikan telah meregistrasikan rekeningnya terlebih dahulu.

Baca juga: Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Mencairkan Dana Asuransi AIA

Jika ingin melakukan pemblokiran maka Anda hanya perlu akses Klik BCA melalui browser, baik melalui komputer, laptop, atau smartphone. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Kunjungi laman KlikBCA di www.klikbca.com
  • Login menggunakan user ID dan PIN KlikBCA
  • Pilih menu Administrasi
  • Pilih menu blokir kartu ATM
  • Masukkan tanggal lahir untuk validasi
  • Lakukan konfirmasi data yang terhubung dengan KlikBCA
  • Klik pilihan “Kirim” untuk melakukan proses pemblokiran ATM
  • Tunggu sampai muncul notifikasi bahwa pemblokiran kartu ATM BCA telah berhasil

Panduan Memblokir ATM BCA via BCA Mobile

Di samping via internet banking, Anda pun bisa memblokir ATM BCA via BCA mobile atau m-BCA, yakni sebuah aplikasi yang dijalankan di smartphone seperti android atau iOs. Melalui aplikasi ini, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi menggunakan ponsel tanpa perlu repot mesti ke mesin ATM atau kantor cabang.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, nasabah harus melakukan registrasi terlebih dahulu, baik melalui ATM atau kantor cabang Bank BCA terdekat. Berikut ini langkah memblokir kartu ATM BCA via aplikasi BCA mobile:

  • Buka aplikasi M-BCA kemudian login menggunakan user ID dan Pin
  • Pilih menu “m-Admin”
  • Pilih menu “blokir kartu ATM”
  • Jika informasi sudah yakin benar, klik OK
  • Masukkan PIN m-BCA
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa blokir ATM BCA sudah berhasil.

Blokir ATM BCA via WhatsApp Halo BCA

Dalam rangka memudahkan para nasabah dalam menyampaikan keluhan, BCA pun menyediakan layanan WhatsApp Halo BCA yang aktif 24 jam setiap hari. Layanan ini dapat diakses untuk memperoleh berbagai informasi dengan cara chatting bersama customer service. Layanan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk memblokir ATM BCA.

Sebelum menggunakan layanan ini, perlu diketahui bahwa WhatsApp Halo BCA hanya melayani pesan teks dan foto dengan format jpg, jpeg, dan png. Dengan demikian, jangan sekali-kali mencoba untuk menghubungi melalui pesan suara atau video call.

Cara ini juga tentunya lebih praktis sebab Anda hanya perlu menyimpan nomor layanan Halo BCA tanpa perlu login. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Simpan nomor WhatsApp Halo BCA dengan nomor 0811-1500-998 di dalam smartphone dengan nama Bank BCA agar muncul ikon logo verified BCA
  • Buka WhatsApp, kemudian cari kontak Bank BCA di kolom pencarian
  • Untuk memulai percakapan, tuliskan pesan #HaloBCA, kemudian tunggu sampai tim Halo BCA untuk membalas pesan Anda mengenai cara mengurus kartu ATM BCA yang hilang sehingga harus segera diblokir
  • Selanjutnya, ketikkan pesan “Saya ingin blokir kartu ATM BCA”
  • Tunggu beberapa saat hingga tim Halo BCA mengajukan beberapa pertanyaan untuk melanjutkan proses pemblokiran kartu ATM BCA
  • Jika proses pemblokiran kartu ATM BCA selesai dan berhasil maka tim Halo BCA akan mengirimkan Anda bukti bahwa kartu ATM telah terblokir

Pemblokiran ATM BCA Via Kantor Cabang

Nasabah BCA juga bisa melakukan pemblokiran kartu ATM BCA melalui kantor cabang terdekat. Cara ini cukup banyak dipilih sebab Anda hanya tinggal datang ke kantor cabang BCA terdekat dan proses sepenuhnya akan dilakukan oleh pihak bank tersebut.

Untuk melakukan pemblokiran kartu ATM BCA secara langsung, Anda bisa datang ke kantor cabang Bank BCA terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan, seperti buku rekening tabungan, kartu identitas atau KTP, dan kartu ATM (jika ada).

Kemudian, kunjungi layanan customer service dan sampaikan keinginan Anda untuk melakukan pemblokiran kartu ATM. Di samping meminta kelengkapan dokumen persyaratan, biasanya petugas bank juga akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mencocokan data nasabah, yang meliputi nama sesuai buku tabungan, nama ibu kandung, tanggal lahir, dan perkiraan saldo yang ada di kartu ATM.

Penting diketahui, kantor cabang tidak hanya melayani nasabah yang ingin melakukan pemblokiran saja, tetapi juga bisa membantu nasabah yang kesulitan saat melakukan blokir ATM BCA lewat BCA mobile atau internet banking. Umumnya, pemblokiran ATM BCA via kantor cabang ini biasanya mengharuskan nasabah untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Demikianlah penjabaran lengkap terkait cara blokir ATM BCA yang penting diketahui. Memblokir kartu ATM memang menjadi salah satu jalan terbaik apabila kartu tersebut hilang atau tertelan mesin ATM. Langkah ini pun dapat Anda lakukan untuk menghindari kejahatan yang bisa menyebabkan kerugian.

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenali P2P Lending Syariah, Halal Tanpa Riba

JAKARTA, duniafintech.com – Mengenali P2P Lending Syariah nampaknya menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Kemajuan teknologi membuat peer to peer (P2P) lending...

Kelebihan dalam P2P Lending Syariah, Halal Pastinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kelebihan dalam P2P lending syariah akan jadi pembahasan tim DuniaFintech.com kali ini. Untuk lebih mengenal apa itu P2P lending syariah, simak...

Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, Simak ini Guys!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara Kerja Akad P2P Lending Syariah, seperti apa? Kini anda bisa dengan bebas berinvestasi dan mengajukan pembiayaan syariah melalui fintech P2P...

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...
LANGUAGE