27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Cara Pengembalian Barang di Shopee, Begini Panduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pengembalian barang di Shopee penting kamu ketahui saat ingin mengajukan komplain setelah kamu berbelanja online.

Sebagai informasi, pihak aplikator sendiri pun sudah menyediakan fitur pengembalian atau pemulangan barang dan dana Shopee bagi pengguna yang mengalami masalah usai berbelanja.

Adapun pengajuan pemulangan barang di Shopee dapat dilakukan dengan sejumlah ketentuan. Hal itu pun berlaku untuk cara menukar barang di Shopee yang telah diterima. 

Jadi, saat penjual tidak merespons pengembalian dana Shopee kamu, tidak perlu khawatir ya. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Ketentuan Pengembalian Barang dan Dana di Shopee

Mengutip laman help.shopee.co.id, terkait ketentuan pemulangan barang dan dana di Shopee, kamu harus memastikan bahwa kamu sudah menerima pesanan kamu dengan baik sebelum klik Pesanan Diterima.

Hal itu karena kamu hanya bisa mengajukan permintaan pemulangan barang atau dana kalau kamu belum memilih Pesanan Diterima di halaman Rincian Pesanan.

Nah, setelah memilih Pesanan Diterima, Garansi Shopee untuk pesanan akan dihentikan dan pembayaran akan dilepaskan kepada penjual.

Baca juga: Cara Bayar Shopee PayLater Lewat OVO, Ada Cashback Loh!

Itu berarti, cara mengajukan pemulangan dana di Shopee ini hanya bisa dilakukan sesuai ketentuan tadi. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa kamu sudah menerima pesanan dalam kondisi baik sebelum klik Pesanan Diterima.

cara pengembalian barang di shopee

Panduan Cara Pengembalian Barang di Shopee

Adapun cara mengajukan pemulangan barang di Shopee atau pengembalian berupa uang bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee kalau pesanan Anda masih dalam masa Garansi Shopee dan belum mengeklik Pesanan Diterima.

Berikut ini panduan pengajuan pemulangan barang di Shopee selengkapnya, dikutip dari Kompas.com:

1. Buka aplikasi Shopee.

2. Pilih Saya.

3. Pilih tab Dikirim.

4. Pilih Pesanan.

5. Pilih Ajukan Pengembalian.

6. Pilih produk yang akan dikembalikan di Rincian Pesanan.

7. Pilih Alasan. Berikut ini adalah alasan pengembalian barang dan dana Shopee yang bisa kamu pilih:

a. Produk tidak sampai.

b. Produk tidak lengkap/kosong (Misal: bagian produk ada yang hilang atau kurang).

c. Produk salah (Misal: ukuran, warna, atau produk berbeda).

d. Produk cacat (Misal: produk penyok, ada goresan, atau retak).

e. Produk tidak berfungsi dengan baik.

f. Produk tidak original.

g. Produk berbeda dengan deskripsi/foto.

8. Setelah memilih Alasan Pengembalian Barang/Dana, berikan bukti dan deskripsi (jika ada).

9. Pilih Solusi yang sesuai. Ada dua solusi yang tersedia, yang bergantung pada alasan pengembalian barang/dana yang kamu pilih, yakni:

a. Pengembalian Barang dan Dana

b. Pengembalian Dana Saja untuk alasan Tidak Menerima Pesanan dan Produk Tidak Lengkap (kamu dapat memasukkan Jumlah Pengembalian Dana)

10. Pilih Kirim.

Penting digarisbawahi, informasi yang perlu kamu isi dalam pengajuan pemulangan barang/dana bisa berbeda-beda, bergantung pada alasan pengembalian yang sudah dipilih.  Misalkan, kamu tidak perlu menyertakan bukti untuk pengajuan pengembalian barang/dana dengan alasan tidak menerima pesanan.

Nah, seluruh langkah mengajukan permintaan pemulangan barang/dana adalah sama. Perbedaannya sendiri hanya terletak pada bukti pendukung. Sebagai informasi tambahan, pilihan Pengembalian Dana Saja hanya bisa dipilih untuk alasan berikut ini:

1. Produk Tidak Diterima.

2. Produk Tidak Lengkap.

3. Produk di bawah kategori

4. Barang Mudah Rusak.

5. Produk dan Layanan Digital.

Di lain sisi, untuk produk Shopee Mall, pemulangan barang atau dana bakal diproses dalam jangka waktu 3—5 hari kerja usai pesanan yang dikembalikan tiba di Gudang Shopee. Sementara itu, untuk produk non-Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 7 hari kalender sejak input resi atau maksimal 2 hari kalender sejak status pengiriman terkirim (jika menggunakan resi dari Shopee).

Baca juga: Cara Mengisi ShopeePay lewat Indomaret, Dijamin Anti Ribet!

Adapun hasil permintaan pengajuan kamu akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email. Untuk kasus pemulangan dana saja, Shopee bakal meninjau kasus itu dan menghubungi kamu kembali mengenai penyelesaiannya.

Untuk kasus pemulangan barang dan dana, nantinya kamu akan diminta untuk mengirimkan dan mengembalikan produk.

Cara Menukar Barang di Shopee yang sudah Diterima

Ingat lagi ya bahwa pengajuan pemulangan barang di Shopee yang telah diterangkan di atas tidak berlaku kalau kamu sudah mengkonfirmasi pesanan diterima. Sekiranya kamu menghadapi masalah dengan pesananmu (misal: produk yang diterima salah/rusak, garansi tidak valid, dan lain-lain), setelah mengkonfirmasi penerimaan, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Hubungi penjual lewat fitur Chat di aplikasi Shopee untuk melakukan diskusi mengenai solusi yang bisa diambil.

2. Jika Penjual tidak merespons pemulangan dana Shopee maka silakan hubungi Customer Service Shopee lewat fitur Chat dengan Shopee di aplikasi Shopee.

Demikianlah informasi tentang panduan cara pengembalian barang di Shopee serta tutorial menukar barang di Shopee yang sudah diterima. Cek kembali ya barang pesanan kamu sebelum mengajukan pemulangan barang di Shopee.

Baca juga: Cara Beli Pulsa Pakai Shopee PayLater, Praktis Loh! 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE