25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Mudah! Begini Panduan Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA dan Syaratnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara tarik tunai kartu kredit BCA pada dasarnya sangatlah mudah. Namun, penting untuk mengetahui beberapa persyaratannya.

Menggunakan fasilitas penarikan tunai kartu kredit BCA dapat menjadi opsi ketika Anda memerlukan uang tunai secara cepat. Pemegang kartu kredit BCA dapat memanfaatkan mesin ATM untuk melakukan penarikan tunai.

Akan tetapi, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pemilik kartu kredit BCA dalam proses penarikan tunai. 

Selain itu, dikenakan biaya khusus yang harus dibayarkan dalam bentuk bunga, sebagaimana halnya pada jenis kredit bank lainnya.

Untuk informasi lebih rinci mengenai prosedur dan biaya penarikan tunai kartu kredit BCA, silakan simak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Pemutihan Kredit Macet BI Checking: Lunasi Tagihan hingga Klarifikasi

Persyaratan Terkait Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Sebelum memutuskan untuk melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit BCA, penting untuk memahami syarat-syarat yang berlaku. Ini bertujuan agar tidak terjadi kerugian di masa mendatang. Berdasarkan informasi resmi dari BCA, berikut beberapa syarat penarikan tunai kartu kredit BCA:

  1. Batas Maksimal Penarikan 40 Persen dari Total Limit Kartu

Penarikan tunai melalui kartu kredit BCA memiliki batas maksimal, yaitu sebesar 40 persen dari total limit kredit yang tersedia pada kartu tersebut. Sebagai contoh, jika limit kartu kredit kamu adalah Rp100 juta maka batas penarikan tunai kartu kredit BCA adalah Rp40 juta.

  1. Biaya Penarikan Tunai Kartu Kredit BCA

Setiap transaksi penarikan tunai menggunakan kartu kredit BCA dikenai biaya tertentu yang harus ditanggung oleh pemegang kartu. Biaya penarikan tunai kartu kredit BCA adalah sebesar 4 persen atau minimal Rp50.000 dari total jumlah yang ditarik. Biaya sebesar 4 persen ini berlaku untuk kartu kredit BCA Visa dan Mastercard, baik untuk transaksi domestik maupun internasional.

  1. Penarikan Tunai melalui Mesin ATM

Proses penarikan tunai kartu kredit BCA dapat dilakukan dengan mudah melalui mesin ATM, tanpa perlu mengunjungi kantor cabang. Pilihan mesin ATM BCA tersebar di lebih dari 16.965 lokasi di seluruh Indonesia.

4. Persyaratan Terkait Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA: Bunga saat Pelunasan

Selain biaya penarikan tunai, pemegang kartu juga akan dikenakan bunga tambahan saat melakukan pelunasan kartu kredit BCA. Besaran bunga yang dikenakan adalah sebesar 2.25 persen atau setara dengan bunga cicilan kartu kredit BCA.

5. Pelunasan tidak Dapat Dicicil

Penting untuk dicatat bahwa pelunasan jumlah yang ditarik tunai dari kartu kredit BCA tidak dapat dilakukan dengan cara dicicil. Oleh karena itu, pemegang kartu diharapkan untuk melakukan pelunasan secara penuh sekaligus, termasuk biaya penarikan dan bunga yang terkait.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Setelah memahami syarat-syarat di atas, berikut adalah langkah-langkah cara melakukan penarikan tunai kartu kredit BCA melalui mesin ATM yang dapat diterapkan oleh para pengguna:

  • Kunjungi gerai ATM BCA terdekat.
  • Masukkan kartu kredit BCA ke dalam slot yang tersedia.
  • Ketikkan PIN kartu kredit BCA untuk verifikasi.
  • Pilih menu transaksi atau tentukan nominal penarikan tunai yang diinginkan sesuai tampilan pada layar mesin ATM.
  • Pilih menu “Kartu Kredit” dan konfirmasi dengan mengklik opsi “Ya” atau “Tidak” saat diminta untuk mencetak struk.

Baca juga: Bayar Tagihan Kartu Kredit Pakai GoPay, Banyak Kelebihannya!

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

  • Pilih menu “Cash Advance,” kemudian pilih menu “Tunai” dan tunggu beberapa saat hingga muncul opsi untuk memilih nominal penarikan tunai kartu kredit BCA atau jumlah lainnya.
  • Tunggu hingga uang dan struk transaksi keluar dari mesin ATM.
  • Proses penarikan tunai kartu kredit BCA selesai.

Keuntungan dan Kerugian Penarikan Tunai Kartu Kredit

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk melakukan penarikan tunai menggunakan kartu kredit.

  1. Keuntungan
  • Fasilitas penarikan tunai kartu kredit dapat sangat membantu ketika berada dalam situasi mendesak dan membutuhkan jumlah uang yang besar dengan cepat.
  • Penarikan tunai kartu kredit dapat menjadi solusi cepat untuk mendapatkan dana yang diperlukan dalam waktu singkat, terutama untuk keperluan membangun atau mengembangkan usaha.
  1. Kerugian
  • Biaya penarikan dan bunga yang dikenakan pada penarikan tunai kartu kredit cukup besar, memerlukan usaha ekstra untuk melunasi jumlah yang telah ditarik.
  • Jika pengguna kartu kredit terlalu konsumtif dalam melakukan penarikan tunai, utang dapat bertambah secara signifikan karena biaya penarikan dan bunga yang tinggi.
  • Penggunaan berlebihan dan keterlambatan pembayaran dapat merugikan skor kredit. Hal ini dapat menyulitkan ketika ingin mengajukan KPR dan pinjaman lainnya.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BCA

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE