30.8 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sekarang ini sudah bisa dilakukan secara online dan offline. Sejak tahun 2015 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan program jaminan bagi tenaga kerja melalui program BPJS Ketenagakerjaan. Program berbasis asuransi sosial ini dilakukan dengan cara melakukan penarikan sejumlah dana tiap bulan dari penghasilan tenaga kerja dan subsidi dari perusahaan atau pemberi kerja. Dengan begitu, sejumlah dana tersebutlah yang kemudian menjadi saldo BPJS Ketenagakerjaan dan bisa dijadikan pembiayaan sesuai programnya.

BPJS Ketenagakerjaan diluncurkan tidak lama berselang dari BPJS Kesehatan, program andalan dari BPJSTK antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiunan (JP), dan Jaminan Kematian (JK). Sesuai namanya, program ini memberikan manfaat kepada pemiliknya ketika terjadi sesuatu misalnya kecelakaan atau masuk usia pensiun. 

4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Perlu diketahui bahwa saldo bpjs ketenagakerjaan merupakan akumulasi dari setoran selama kamu lakukan dari penghasilan yang didapat. Besaran setorannya bisa dilihat dari slip gaji yang diterima. Secara umum, nantinya akan ada subsidi dari perusahaan untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan milikmu.

Saldo tersebut yang bisa dilakukan pencairan bpjs ketenagakerjaan sebagai bentuk dari program Jaminan Hari Tua (JHT). Berbeda dengan asuransi swasta, BPJS Ketenagakerjaan tidak menerapkan minimal masa kepesertaan sampai bisa mencairkan dana nasabahnya. Anda juga tidak perlu menunggu saat memasuki usia 56 tahun dan masa pensiun yang ditetapkan oleh undang-undang untuk melakukan pencairan.

Namun, untuk melakukan pencairan bpjs ketenagakerjaan ada baiknya untuk memeriksa saldo bpjs ketenagakerjaan terlebih dahulu agar dapat gambaran yang jelas. Paling tidak bisa memastikan pembayaran selama melakukannya terdata dengan benar dan sesuai jumlahnya.

Berikut ini adalah cara cek saldo bpjs tenaga kerja yang bisa kamu lakukan.

  1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Website

Cara ini terbilang mudah, soalnya bisa mengakses informasinya lewat website BPJS Ketenagakerjaan, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Kunjungi website resminya di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Kemudian, scroll atau gulir ke bawah pada halaman website.
  • Lalu, pilih menu ‘Layanan Peserta Tenaga Kerja’.
  • Setelah itu klik tombol ‘Masuk’ dan pilih BPJSTK.
  • Selanjutnya, daftar akun jika tidak memiliki akunnya dan lakukan login untuk mencari tahu informasi besaran saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cukup mudah bukan untuk mengecek saldo bpjs melalui website resmi mereka, selain itu juga tersedia berbagai informasi mengenai bpjs disana.

  1. Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja melalui SMS

Cara ini juga terbilang sangat mudah dan cepat, namun memerlukan biaya tiap ingin cek saldonya. Tapi, dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan cek saldo. Jadi, cukup bermodalkan pulsa dan prosesnya bisa dilakukan sambil rebahan di rumah tanpa perlu mengunjungi kantor BPJS dengan mengirimkan pesan berformat: SALDO <Nomor Peserta lalu kirim SMS ke 2757.

  1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Bisa juga cek saldo bpjs melalui aplikasi, dengan cara berikut ini:

  • Unduh dan Install Aplikasi BPJSTK Mobile melalui Play Store maupun App Store di Smartphone Anda.
  • Buka aplikasi tersebut dan lakukan login menggunakan email dan password yang digunakan pada kartu bpjs ketenagakerjaan.
  • Kemudian, pilih cek saldo JHT pada aplikasi BPJSTK.
  • Nantinya akan muncul saldo bpjs ketenagakerjaan yang bisa dicairkan.
  1. Cara Cek Saldo BPJS Tenaga Kerja di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Meskipun terkenal konvensional, namun cara ini masih banyak dilakukan. Karena cara ini terbilang paling mudah, tapi kamu harus mengunjungi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan dan mendatanginya dengan membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya disana akan bertemu petugas dan diminta untuk melakukan pengecekan saldo dengan menunjukkan kartu BPJS, setelah itu petugas akan membantu kamu untuk cek saldo dalam akun milikmu.

Persyaratan Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui saldo dalam akun bpjs ketenagakerjaan, mungkin Anda langsung ingin mencairkan saldo tersebut untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari. Pada dasarnya, pencairan saldo bpjs ketenagakerjaan sangatlah mudah dan cepat serta dapat dilakukan secara online maupun offline. Akan tetapi, perlu untuk mengetahui bahwa dalam mencairkan saldo bpjs ketenagakerjaan terdapat beberapa persyaratan yang dibutuhkan. 

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan pencairan saldo bpjs antara lain:

  • Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan dan KTP Peserta.
  • Memiliki Rekening tabungan pribadi dan masih aktif.
  • Kartu keluarga.
  • Foto diri terbaru.
  • Formulir pengajuan JHT, dapat diunduh melalui lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Surat Keterangan sesuai kondisi Anda, apabila mengundurkan diri atau PHK menyertakan surat keterangan berhenti kerja (paklaring), apabila pensiun menggunakan surat keterangan pensiun.
  • NPWP (jika klaim manfaat JHT dengan akumulasi saldo di atas Rp50 juta).

Pastikan dana yang dicairkan itu benar-benar bermanfaat untuk Anda, misalnya digunakan sebagai modal usaha atau bisa juga sebagai modal investasi. Melalui modal tersebut kamu bisa memilih instrumen investasi yang disukai seperti investasi saham, investasi reksa dana, investasi properti, dan lain sebagainya ataupun sebagai modal trading saham maupun trading online.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Subsidi BBM Bengkak, Akankah Harga Pertalite dan Solar Naik? 

JAKARTA, duniafintech.com - Subsidi BBM atau bahan bakar minyak bengkak hingga Rp 502 triliun. Lantas, akankah harga Pertalite dan Solar naik?  Presiden Joko Widodo atau...

Cara Menghubungkan Akulaku ke Tokopedia, Banyak Manfaatnya!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menghubungkan Akulaku ke Tokopedia berikut ini penting untuk diketahui oleh para pengguna kedua layanan ini. Tentunya, sebagai pengguna Akulaku, kamu memang...

Cara Bayar Indihome Pakai Shopee PayLater, Gampang Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Indihome pakai Shopee PayLater dalam ulasan di bawah ini penting untuk diketahui. Caranya pun gampang loh! Tentunya, sebagai pelanggan Shopee,...

Berita Kripto Hari Ini: Harga Kripto Ngegas, Pasar Kembali Pulih? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita kripto hari ini mengulas kondisi pasar kripto yang merangkak naik. Harga kripto jajaran teratas tampak terus menguat. Bitcoin, Ethereum hingga Dogecoin...

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Uang Bisa Dicicil Bulanan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru akan membahas tentang pinjaman uang secara online yang bisa kamu cicil secara bulanan. Seperti diketahui, keperluan yang mendesak...
LANGUAGE