25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar, Dijamin Auto Cuan!

JAKARTA, duniafintech.com – Contoh usaha modal kecil pada dasarnya tersedia sangat banyak dan bisa kamu pilih sesuai dengan passion-mu.

Namun, hal pertama yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis adalah mengetahui kondisi pasar dan juga kompetitor. Bukan cuma soal modal dan analisis risiko, seorang pebisnis pun mesti mempelajari semua faktor yang nantinya akan berpengaruh untuk bisnisnya dari semua sisi.

Melalui strategi yang tepat, sebuah bisnis akan dapat berkembang dan mencapai target serta potensi yang lebih maksimal. Di samping itu, modal yang kamu miliki pun akan sangat berpengaruh pada jenis usaha yang akan dijalani. Kian besar modal yang kamu miliki, tentu peluang bisnis dari berbagai macam bidang akan terbuka semakin lebar.

Baca juga: Sambil Ngurus Rumah, Usaha Modal Kecil Ini Cocok Dirintis Bun!

Nah, buat kamu yang hanya mempunyai modal kecil, tidak perlu khawatir ya sebab ada loh beberapa jenis usaha yang hanya membutuhkan usaha modal kecil. Meski demikian, kamu perlu mencari usaha yang mempunyai permintaan tinggi dari konsumennya, tetapi tidak mempunyai banyak pesaing ataupun kompetitor.

Dengan demikian, bisnis yang kamu bangun nantinya akan lebih mudah untuk menonjol dan menguasai pasar. Apalagi, kalau kamu memperoleh bantuan pendanaan. Dalam berbisnis di era yang modern ini, jangan pernah lupa untuk memanfaatkan peran teknologi ke dalam bisnismu ya.

Manfaatkanlah semua akses dari berbagai platform media sosial untuk meningkatkan branding dan juga awareness dari bisnis yang Anda miliki. Simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Memilih Contoh Usaha Modal Kecil Terbaik

1. Pilih yang sesuai dengan minat

Pastikan sebelum memulai usaha, kamu sudah memilih bidang usaha yang sesuai minatmu. Tujuannya supaya usaha yang akan dilakoni nantinya menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani.

Kalau sudah dilandasi dengan minat tersebut maka kamu pun akan merasa lebih semangat dan pekerjaan membangun usaha ini juga akan terasa lebih ringan. Maka dari itu, sebaiknya hindari memilih usaha yang tidak sesuai dengan minatmu.

2. Tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha

Kemudian, silakan tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Di sini, kamu jangan sampai menentukan waktu secara asal-asalan karena memulai usaha bukanlah perkara main-main.

Selain itu, jangan juga terburu-buru lantaran memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat. Ketika salah sedikit saja, kamu pun bisa merugi nantinya.

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar 2022

Berbicara tentang usaha modal kecil, langkah pertama yang harus disederhanakan adalah pemikiran mengenai lokasi usaha. Jangan kamu berpikir untuk menyewa atau bahkan membeli gerai untuk memulai usaha itu.

Pasalnya, kamu bisa memulai usaha dengan membangun usaha rumahan terlebih dahulu sehingga kamu tidak membutuhkan pengeluaran untuk biaya sewa maupun membeli tempat. Kamu pun bisa memaksimalkan dana untuk produk dan juga pemasarannya.

Berikut ini daftar jenis usaha yang membutuhkan modal kecil, tetapi bisa memberikan banyak keuntungan yang direkomendasikan untukmu.

contoh usaha modal kecil

1. Bisnis Makanan Ringan

Pada era pasca pandemi, berbagai macam kegiatan dan juga aktivitas masyarakat sudah mulai cenderung dilakukan dari rumah. Maka dari itu, peluang untuk membuka bisnis makanan ringan atau snack sangatlah terbuka lebar.

Pasalnya, kian sering orang-orang memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah, kebutuhan asupan makanan ringan pun akan semakin tinggi, misalnya keripik, makaroni kering, basreng, lidi-lidi pedas, dan lain sebagainya. Dengan demikian, bisnis makanan ringan ini bisa menjadi salah satu bisnis yang patut dicoba.

2. Bisnis Frozen Food sebagai Contoh Usaha Modal Kecil

Selanjutnya,ada bisnis frozen food, yang hampir mirip dengan bisnis makanan ringan, permintaan produknya diketahui kian meningkat pada era pasca pandemi. Hal itu terjadi sebab kian banyak orang yang membutuhkan makanan praktis dan bisa disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas.

Oleh sebab itu, tidak heran kalau bisnis frozen food ini kian ramai peminatnya. Nah, untuk produk-produk yang bisa kamu sediakan, di antaranya sosis, nugget, french fries, dan yang lainnya.

3. Bisnis Katering Sehat

Orang-orang pun belakangan ini mulai mengikuti tren pola hidup sehat sehingga tren yang satu ini mulai berkembang di seluruh lapisan masyarakat. Maka dari itu, jangan kaget sekiranya peminat makanan ini semakin melonjak.

Dengan kian banyaknya orang yang mulai menyadari soal kebutuhan gizi dan kesehatan tubuh, hal itu pun bisa dijadikan sebagai peluang untuk membuka bisnis katering makanan sehat. Apalagi di era pasca pandemi ini, orang-orang mulai mengedepankan higienis dan juga kualitas makanan yang akan dikonsumsi.

4. Bisnis Minuman Kesehatan

Salah satu hal yang patut dijaga adalah imunitas tubuh. Karena itu, kebutuhan masyarakat terkait vitamin dan nutrisi pun kian meningkat setiap harinya. Hal itu juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menyediakan minuman kesehatan, misalnya jamu atau juga empon-empon.

Dengan modal yang kecil, kamu bisa membangun bisnis minuman kesehatan ini di rumah saja. Saat ini, produk olahan jamu terbukti dapat memberikan keuntungan untuk sebagian besar orang. Adapun modal yang dibutuhkan untuk membuat jamu hanya sekitar 1—2 juta, tetapi hasilnya bisa dua kali lebih besar dari modal yang dikeluarkan loh!

Baca juga: Usaha Modal Kecil Cocok Buat Anak Sekolah, Nambah Uang Jajan!

5. Bisnis Air Galon dan LPG

Saat ini, memang hampir semua orang menggunakan LPG untuk keperluan memasak. Nah, dengan mencoba bisnis penyedia LPG dan juga pengisian ulang air galon, kamu pun tidak perlu lagi menyewa tempat usaha atau menyiapkan modal yang terlalu besar.

Cukup modal kecil, kamu sudah bisa membuka bisnis LPG dan juga isi ulang air minum galon. Dalam hal ini, sudah bisa dipastikan bahwa produk yang disediakan itu akan laku setiap harinya.

6. Bisnis Dropship Jadi Contoh Usaha Modal Kecil

Adapun contoh usaha modal kecil yang belakangan juga kian populer dan belum ada banyak pesaing, yakni bisnis dropship. Namun, kamu mesti pandai menebak tren dan juga demand yang ada di dalam masyarakat.

Dropship adalah sebuah konsep usaha yang membuat seseorang dapat berjualan produk tanpa perlu mempunyai modal. Kamu bisa menjual produk yang dimiliki oleh orang lain tanpa perlu menyetok/membeli dulu produk itu.

7. Bisnis Online

Sebenarnya, toko online memang sudah banyak diminati sejak beberapa tahun belakangan. Namun, dengan adanya pandemi, tren toko online ini jadi kian meningkat.

Pasalnya, banyak orang yang beralih untuk berbelanja secara online, baik untuk berbelanja maupun membeli kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, peluang bisnis yang satu ini sangat potensial, apalagi kemajuan teknologi yang ada saat ini.

8. Bisnis Cloud Kitchen

Buat kamu yang tertarik dengan bisnis kuliner, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah cloud kitchen. Nah, salah satu konsep usaha yang sedang populer ini memang cukup menarik sebab menawarkan sebuah dapur yang dapat dipakai untuk membuat dan menyajikan berbagai makanan untuk kemudian dijual.

Hal ini bisa menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum memiliki banyak kompetitor. Kamu dapat memaksimalkan waktu dan tidak terlalu banyak mengeluarkan modal. Adapun saat ini, bisnis cloud kitchen sudah mulai bekerja sama dengan berbagai jasa pengantaran makanan sehingga pastinya akan lebih mudah dalam menjangkau berbagai macam konsumen.

9. Bisnis Reseller juga Contoh Usaha Modal Kecil

Kalau kamu punya modal kecil dan terbatas maka bisnis reseller pun dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan membuka bisnis ini, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya untuk produksi barang maupun menyewa tempat.

Dengan demikian, keuntungan yang bisa diperoleh pun cukup besar, bahkan untuk pemula sekalipun.

10. Bisnis Affiliate Marketing

Bagi kamu yang masih awam dan baru masuk ke dunia bisnis online, tentunya kamu agak asing ya dengan istilah yang satu ini. Pada dasarnya, bisnis affiliate marketing adalah salah satu cara untuk memasarkan sebuah produk tertentu yang nantinya akan memperoleh imbalan jasa berupa komisi.

Nah, untuk jumlah komisinya yang bisa kamu peroleh sebagai seorang affiliate marketing memang cukup besar, dengan hanya memasarkan atau mempromosikan produk. Menarik, bukan?

Sekian ulasan tentang contoh usaha modal kecil yang bisa kamu coba sekarang juga. Semoga sukses selalu ya!

Baca juga: Usaha Modal Kecil Untung Besar bagi Pemula, Ini Pilihannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE