25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Usaha Modal Kecil Cocok Buat Anak Sekolah, Nambah Uang Jajan!

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha modal kecil dalam ulasan berikut ini penting diketahui karena bisa dijalani para pelajar alias anak sekolahan. 

Yang pastinya, hasil dari usaha modal kecil yang digeluti tersebut bisa menambah uang jajan lho. pekerjaan sampingan yang kamu geluti jangan sampai mengganggu aktivitas belajar ya. Sebab, para pelajar diwajibkan untuk mengenyam pendidikan dengan baik. 

Namun untuk belajar berwirausaha dan mengasah potensi, usaha modal kecil berikut ini bisa menjadi salah satu langkah kamu mendapatkan pengalaman dan memperluas jaringan. 

Baca juga: Dear Mahasiswa, Usaha Modal Kecil Ini Bisa Digeluti Sambil Kuliah

Kamu bisa memanfaatkan beberapa peluang yang ada di sekitar atau kemampuan yang dimiliki untuk menghasilkan uang tambahan. Berikut ini ulasan lengkapnya, disimak ya. 

Usaha Modal Kecil yang Cocok Buat Anak Sekolah

Berikut ini ada 9 usaha atau bisnis modal kecil yang cocok untuk anak sekolah yang bisa kamu coba. Melansir Inews.id, inilah ulasannya:

1. Usaha Modal Kecil dengan Menjadi Reseller atau Dropshipper 

Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk yang sedang tren. Misalnya, mainan atau aksesori yang sedang digemari teman-temanmu. 

Untuk mendapatkan produk tersebut, kamu bisa mencarinya di toko dekat rumah atau toko online yang menyediakan jasa reseller atau dropshipper. Setelah itu, jangan lupa mempromosikan secara langsung ke teman atau lewat media online.

2. Endorser

Jika kamu memiliki pengikut di media sosial, maka bisa memanfaatkan peluang itu untuk menjadi endorser. Nantinya kamu diminta untuk me-review produk dan mempostingnya di akun media sosial kamu. 

3. Usaha Modal Kecil dengan Menjadi Freelance Writer

Bagi yang hobi menulis, menjadi freelance writer adalah pilihan yang tepat. Tak cuma menyalurkan hobi, tapi hasil dari tulisanmu bisa menghasilkan cuan. Beberapa perusahaan atau media biasanya membuka kesempatan menjadi freelance writer yang dibayar per artikel. 

usaha modal kecil

4. Usaha Modal Kecil dengan Menjadi YouTuber

Dibanding hanya menjadi penonton channel YouTube, kamu bisa menjadi YouTuber. Tapi kamu harus kreatif untuk menciptakan konten yang menarik dan cocok untuk kamu serta memiliki ciri khas. Beberapa di antaranya, review barang, tutorial, traveling, masak atau fashion. 

Kamu bisa menggunakan smartphone yang dimiliki untuk syuting. Sementara untuk mengedit pun, bisa melihat tutorialnya di internet. Setelah itu, video tinggal di-upload.

Baca juga: Hidup di Kota Penuh Tantangan, Usaha Modal Kecil Ini Bisa Digeluti

5. Kursus untuk anak-anak

Jika saat ini kamu pelajar SMA, maka kamu bisa memberikan kursus untuk anak-anak yang usianya di bawah kamu. Misal untuk anak SMP atau SD.  

6. Jualan Makanan

Bisnis lainnya yang bisa kamu jajal adalah jualan makanan. Bagi yang hobi memasak atau membuat kue, bisa banget bisnis kuliner nih dengan menjual makanan ke teman di sekolah, dititipkan ke warung atau lewat media sosial. 

7. Menjual Karya Seni

Selain menjual makanan, kamu juga bisa menjual karya seni. Misalnya kamu jago menggambar, desain atau membuat pernak-pernik, enggak ada salahnya untuk membuatnya dan menjualnya di kala senggang atau libur sekolah. 

8. Fotografer

Bagi kamu yang gemar fotografi, bisa menawarkan jasa foto untuk acara-acara tertentu atau foto produk. Selain itu, kamu juga bisa menjualnya langsung secara online ke www.istockphoto.com, shutterstock.com dan lainnya untuk mendapatkan royalti jika foto terjual. 

9. Admin Media Sosial

Bisnis lain yang bisa jadi peluang usaha bagi anak sekolah adalah admin media sosial. Namun untuk menjadi admin media sosial, kamu perlu mengetahui topik yang bakal jadi bahan untuk diposting. 

Nah, itulah tadi usaha modal kecil yang bisa digeluti bagi seorang pelajar Sekolah. Ini bisa dimanfaatkan untuk menambah uang saku kamu lho. 

Namun, usahakan usaha yang kamu geluti tidak mengganggu aktivitas belajar ya. Tetap fokus belajar untuk meraih cita-cita. Semoga sukses. 

Baca juga: Tinggal di Desa? Usaha Modal Kecil Ini Cocok Untuk Kamu Rintis

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE