25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Dear Mahasiswa, Usaha Modal Kecil Ini Bisa Digeluti Sambil Kuliah

JAKARTA, duniafintech.com – Sambil kuliah, bisa cuan? Asyik dong! Usaha modal kecil bisa digeluti sambil mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Sebagian besar mahasiswa belum sadar dengan potensi usaha modal kecil berikut ini. Padahal, sambil belajar Anda dapat memaksimalkan potensi pendapatan lewat bisnis sederhana. 

Bisnis yang dijalankan mahasiswa tentunya dapat bermanfaat sebagai penambah uang saku sekaligus modal dan pengalaman untuk dijadikan pilihan karir setelah lulus dari perguruan tinggi. 

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil, dari Hal Sepele Ini Bisa Datangkan Cuan! 

Dengan memiliki usaha, Anda dapat mandiri secara finansial dan tidak perlu kesulitan mencari pekerjaan setelah resmi melepas status sebagai mahasiswa. Usaha modal kecil ini sekaligus dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Ide Usaha Modal Kecil yang Cocok Buat Mahasiswa

Berikut ada 7 ide bisnis atau usaha modal kecil buat mahasiswa yang dapat dijalankan sambil kuliah. Di antaranya:

1. Usaha Modal Kecil dengan Menggeluti Online Shop

Saat ini belanja online sangat diminati oleh berbagai kalangan, termasuk mahasiswa itu sendiri. Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis dengan menjual berbagai barang, seperti kebutuhan perkuliahan, pakaian, pernak pernik, hingga makanan ringan.

Jika Anda memiliki keterbatasan modal, Anda dapat menjadi reseller atau dropshipper. Anda juga dapat menerapkan sistem pre-order untuk menghindari kerugian. 

Untuk menjual barang, kamu dapat memanfaatkan situs media sosial yang Anda miliki, marketplace, atau kampus marketplace jika tersedia di kampus Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

usaha modal kecil

2. Usaha Modal Kecil Menjual Barang Bekas (Preloved)

Bisnis jual beli barang bekas sedang tren beberapa waktu belakangan. Banyak orang yang memilih membeli barang bekas karena harganya lebih terjangkau.

Barang bekas yang banyak dibeli biasanya berupa pakaian dan buku bekas. Untuk kalangan mahasiswa, buku bekas sangat diminati karena harganya yang lebih murah daripada buku baru, sehingga dapat membantu menghemat pengeluaran.

Anda dapat menjalankan bisnis melalui media sosial, marketplace dan e-commerce yang banyak tersedia saat ini, atau menerapkan sistem direct selling kepada teman-teman Anda.

3. Usaha Modal Kecil dengan Berjualan Camilan atau Snack

Camilan banyak digunakan mahasiswa untuk menemani ketika mengerjakan tugas atau hanya sekedar bersantai. Beberapa camilan favorit mahasiswa di antaranya adalah kentang goreng, bakso goreng, makaroni pedas, seblak, bakso aci, dan sebagainya. 

Hal inilah yang harus Anda lihat sebagai peluang untuk menjalankan sebuah bisnis. Anda dapat menjual camilan ke teman sesama mahasiswa dan menerapkan sistem pre-order untuk meminimalisir potensi kerugian.

Untuk supplier-nya sendiri, Anda dapat mencari di sekitar kampus atau memanfaatkan e-commerce dan marketplace yang ada saat ini. Anda bisa membeli secara grosir lalu menjualnya kembali dengan harga yang Anda terapkan sesuai dengan daya beli konsumen Anda. Anda dapat memasarkan produk Anda di waktu pergantian mata kuliah atau ketika jam perkuliahan sudah selesai.

4. Bisnis Jasa Penerjemah

Bisnis jasa penerjemah adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa dengan potensi keuntungan yang lumayan besar. 

Bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa dengan jurusan bahasa asing karena selain dapat menjadi ladang cuan, juga dapat digunakan sebagai media untuk mengasah keterampilan yang diperoleh selama duduk di bangku perkuliahan, sekaligus untuk menambah ilmu.

Baca juga: Ide Usaha Makanan Online Terbaru, Bikin Ngiler!

Bisnis jasa penerjemah telah banyak dilakukan oleh mahasiswa karena termasuk bisnis yang simpel dan tidak membutuhkan banyak modal serta peralatan. Cukup menyediakan perangkat untuk mengetik, seperti gadget, laptop, atau komputer, yang biasanya memang dimiliki oleh mahasiswa.

5. Membuka Jasa Desain

Ide bisnis mahasiswa yang dapat dijalankan di tengah-tengah kesibukan waktu kuliah selanjutnya adalah jasa desain. Desain banyak dibutuhkan untuk berbagai usaha dan event sehingga membuka peluang untuk dijadikan sebagai sumber uang saku tambahan.

Jenis usaha satu ini dapat dijalankan secara online dan dapat menghasilkan banyak uang, tergantung dengan besar kecilnya skala desain yang dikerjakan. Namun jangan lupa, jika Anda berminat menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengoperasikan software untuk desain seperti Photoshop.

6. Jasa Fotografi dan Videografi

Untuk Anda yang ingin mendapat uang sekaligus melakoni hobi, bisnis satu ini dapat menjadi pilihan. Peluang untuk bisnis jasa fotografi dan videografi kian terbuka lebar karena saat ini banyak dibutuhkan, baik untuk acara-acara resmi seperti pernikahan dan wisuda, maupun untuk kebutuhan bisnis seperti foto produk dan video promosi.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini adalah kamera dan laptop untuk kebutuhan editing. Jika Anda belum memiliki keduanya, Anda bisa mencoba dulu dengan menggunakan handphone karena saat ini banyak tersedia handphone dengan kamera yang tidak kalah bagusnya dengan kamera digital. Untuk kebutuhan editing, Anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi editing yang tersedia.

7. Bisnis Jasa Les Privat

Perkembangan di dunia pendidikan membuat peluang jenis usaha ini semakin meningkat. Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda sebagai mahasiswa untuk mengajarkan pelajaran-pelajaran umum seperti Matematika, Fisika, Kimia, hingga bahasa asing, untuk siswa SD hingga SMA, termasuk materi UN dan UTBK.

Itulah beberapa rekomendasi usaha modal kecil yang bisa digeluti sambil berkuliah. Membuka bisnis saat masih kuliah dapat membuat Anda lebih mandiri, bertanggung jawab, serta berani mengambil resiko, sekaligus dapat membantu kebutuhan finansial. Semoga bermanfaat ya. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil Pemula, Jamin Menggiurkan Guys!

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE