25.8 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Crowdfunding adalah: Inilah Contoh-contoh dan Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, crowdfunding adalah sebuah metode patungan dana dan bisa menjadi investasi yang menguntungkan.

Jenis investasi yang satu ini juga mulai diminati oleh banyak investor di Indonesia. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu ikut mencobanya, tetapi harus di platform resmi yang sudah berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut ini ulasan selengkapnya yang perlu kamu simak.

Crowdfunding adalah

Crowdfunding adalah suatu usaha dalam menciptakan peluang bagi seorang pelaku bisnis dengan jalan mengumpulkan dana yang cukup besar. Di sini, siapa saja dapat menginvestasikan dana di bisnis tersebut.

Secara umum, skema ini adalah pendanaan dengan metode penggalangan dana yang dilakukan untuk membiayai sebuah proyek bisnis.

Adapun teknik penggalangan dana dengan melibatkan banyak orang ini juga sudah mulai ramai diterapkan di sektor atau dunia investasi properti.

Sebagai informasi, investasi yang selama ini diketahui adalah penanaman modal yang bersifat perseorangan, tetapi metode urun dana ini sebaliknya.

Hal itu karena sumber dana yang terkumpul di sini berasal dari beberapa orang. Artinya, modal investasi akan terpenuhi dengan cara patungan bersama investor lainnya.

Beberapa Contoh Crowdfunding di Indonesia

Ada banyak crowdfunding yang ada di Indonesia saat ini, tetapi demi keamanan investasi kamu, sebaiknya perhatikan kembali apakah crowdfunding itu telah berada di bawah pengawasan OJK atau belum.

Baca jugaCrowdfunding Adalah: Cara Kerjanya Simpel dan Menguntungkan 

Nah, inilah beberapa contoh dari jenis metode urun dana yang secara langsung telah berada di bawah pengawasan OJK.

1. PT Santara Daya Inspiratama (Santara)

Santara telah mengantongi surat izin dari OJK sebagai sebuah lembaga penyedia layanan crowdfunding sejak 6 September 2019. Santara adalah produk layanan dari PT Santara Daya Inspiratama ini merupakan crowdfunding yang termasuk ke dalam jenis Equity Crowdfunding.

Layanan crowdfunding yang satu ini dapat diakses via website mereka, yakni santara.co.id. Di sini, kamu dapat mendaftarkan bisnis milik kamu di website itu. 

2. PT Investasi Digital Nusantara (Bizhare)

Berikutnya ada PT Investasi Digital Nusantara, yang memiliki layanan bernama Bizhare, yakni sebuah layanan urun dana yang menyediakan berbagai pilihan franchise terpercaya. Menjadi pemberi dana/pemodal di sini, nantinya kamu dapat secara bebas memilih ingin berinvestasi di bisnis franchise mana yang disukai.

3. PT Crowddana Teknologi Indonusa (Crowddana)

Crowddana menjadi jenis skema patungan/urun dana yang fokus pada investasi bersama di aset dan juga properti untuk memperoleh keuntungan secara berkala contohnya seperti berbagai residence dan juga prestashop.

Layanan yang satu ini berada ada bawah perusahaan Crowddana Teknologi Indonusa. Di sini, ada banyak keunggulan ditawarkan saat kamu berinvestasi di dalamnya, di antaranya tawaran keuntungan dalam bentuk dividen yield dan capital gain sebesar 15%—25% per tahun. 

Baca jugaSecurities Crowdfunding Adalah: Caranya Mendanai Bisnis

Di samping itu, kamu pund dapat memperjualbelikan kepemilikan bisnis kamu kepada orang lain karena berbentuk lembar saham. Uniknya lagi, di sini, kamu hanya membutuhkan modal yang kecil untuk memulai berinvestasi sehingga sangat terjangkau bagi masyarakat luas. Bukan hanya itu, biaya setiap transaksi yang terjadi di sini juga relatif rendah.

4. PT Numex Teknologi Indonesia (LandX)

LandX berada di bawah naungan PT Numex Teknologi Indonesia. Platform ini adalah contoh layanan crowdfunding yang fokus mendukung program pemerintah di bidang perumahan.  LandX berupaya untuk mengembangkan bisnis layanan urun dana bersama dengan cara mempertemukan antara pemodal dengan pihak pengembang properti atau penerbit. 

Kamu dapat mengakses platform ini via aplikasi Android maupun iOS. Di samping itu, juga ada versi website yang dapat diakses dengab berbagai device dengan sangat mudah.

Crowdfunding adalah

Manfaat Crowdfunding adalah

 Sejatinya, manfaat utama dari crowdfunding terletak pada akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas ketimbang di platform online lainnya. Pendanaan digital tentunya juga punya sejumlah manfaat yang banyak dan sangat membantu bagi bisnis kamu. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Jangkauan Lebih Luas

Platform dari metode urun dana dapat memudahkan pemilik usaha untuk mencari investor yang memang tertarik untuk melakukan pengembangan dana. Dengan penggalangan dana jenis ini, kamu pun akan lebih gampang untuk berinteraksi dan ikut dalam berbagai kampanye penggalangan dana.

Dengan demikian, pihak investor yang ikut serta dan tertarik dengan konsep bisnis kamu akan akan secara otomatis terkoneksi dengan mudah.

2. Kesempatan Melakukan Pengenalan Bisnis

Jenis penanaman modal yang satu ini dapat membantu pengenalan bisnis kamu menjadi lebih luas ketimbang kampanye penggalangan dana yang dilakukan dengan memberikan informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang kamu bangun.

Misalnya saja terkait daya tarik, penawaran produk, target pasar, dan juga nilai dari perusahaan kamu. Tujuannya adalah supaya calon investor bisa tahu lebih jauh soal usaha/bisnis kamu dan langkah-langkah perkembangannya ke depan.

3. Pemasaran

Di samping itu, kampanye dari penggalangan dana ini bisa juga kamu bagikan dari berbagai macam channel maupun platform, mulai dari media sosial hingga strategi pemasaran lainnya. Hal itu dilakukan supaya penggalangan dana yang kamu lakukan dapat terpenuhi sesuai dengan target.

Bukan hanya itu, saat kamu memantau kampanye urun dana ini, kamu pun bisa memasarkan website bisnis kamu kepada pihak calon investornya.

4. Validasi Konsep

Adapun manfaat lainnya adalah kamu bisa melakukan pengenalan konsep dari usaha atau bisnis yang kamu buat. Dengan menjalankan konsep bisnis kepada banyak orang, hal itu akan memberikan peluang besar dalam meningkatkan perbaikan konsep penawaran bisnis kamu ke depannya.

Nantinya, ketika calon investor tertarik untuk mendanai perusahaan, kamu bisa meyakinkan investor itu untuk ikut membantu bisnis kamu. Dengan demikian, crowdfunding adalah salah satu alternatif dalam memperoleh modal bagi bisnis kamu.

Pasalnya, pendanaan digital ini dapat menciptakan peluang bagi seorang pebisnis untuk mengumpulkan dana yang cukup besar dari siapa saja yang ingin menginvestasikan dana pada bisnis yang ditawarkan itu.

Baca jugaCrowdfunding adalah: Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Indihome Pakai Shopee PayLater, Gampang Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Indihome pakai Shopee PayLater dalam ulasan di bawah ini penting untuk diketahui. Caranya pun gampang loh! Tentunya, sebagai pelanggan Shopee,...

Berita Kripto Hari Ini: Harga Kripto Ngegas, Pasar Kembali Pulih? 

JAKARTA, duniafintech.com - Berita kripto hari ini mengulas kondisi pasar kripto yang merangkak naik. Harga kripto jajaran teratas tampak terus menguat. Bitcoin, Ethereum hingga Dogecoin...

Berita Fintech Indonesia: Pinjaman Uang Bisa Dicicil Bulanan

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru akan membahas tentang pinjaman uang secara online yang bisa kamu cicil secara bulanan. Seperti diketahui, keperluan yang mendesak...

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...
LANGUAGE