30.9 C
Jakarta
Minggu, 25 Februari, 2024

Rekomendasi 6 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi pendidikan anak merupakan produk yang menawarkan perlindungan jiwa plus tabungan dana pendidikan.

Selayaknya asuransi kesehatan, jenis asuransi yang satu ini ini pun sangat penting untuk dipersiapkan, utamanya bagi mereka yang sudah punya anak.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari pilihan terbaik untuk jenis asuransi pendidikan, berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dikutip dari Lifepal.

Jenis-jenis Asuransi Pendidikan

Ada dua jenis asuransi pendidikan di Indonesia, yakni asuransi dwiguna dan unit link. Keduanya punya perbedaan meski tujuannya sama-sama untuk memberikan kepastian masa depan. Berikut ini penjelasannya.

1. Dwiguna

Produk yang satu ini akan menjamin biaya pendidikan anak jika nantinya orang tua tidak bisa lagi mencari nafkah lantaran meninggal dunia atau cacat total. Manfaat lainnya, sang anak akan memperoleh uang tabungan yang bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu.

Baca jugaWajib Baca! Inilah Perbedaan Asuransi Jiwa Berjangka dan Seumur Hidup

Adapun besaran jumlahnya sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati antara nasabah dan penyedia asuransi. Bisa juga diibaratkan, manfaat yang satu ini lebih mirip dengan tabungan berjangka.

2. Unit link

Merupakan gabungan dari layanan asuransi dan juga investasi. Itu berarti, premi yang dibayarkan orang tua nantinya tidak cuma untuk masa depan pendidikan anak, tetapi juga bakal dikelola untuk produk investasi seperti reksa dana.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan

Di bawah ini adalah perbedaan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan yang perlu diketahui.

1. Asuransi Pendidikan

– Santunan meninggal dunia: Besar

– Biaya: Besar

– Durasi menabung: Jangka panjang

– Tempat mendapatkan: Agen/broker asuransi

2. Tabungan Pendidikan

– Santunan meninggal dunia: Kecil

– Biaya: Kecil

– Durasi menabung: Jangka pendek

– Tempat mendapatkan: Bank

Asuransi Pendidikan Anak

Daftar Rekomendasi Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Berikut ini merupakan rekomendasi produk asuransi pendidikan terbaik di Indonesia saat ini yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Asuransi Pendidikan Manulife

Manulife Education Protector, dengan produk berjenis unit link, menjadi salah satu contoh asuransi pendidikan Manulife. Dengan produk ini, kamu nantinya bukan hanya memastikan masa depan anak, melainkan juga berinvestasi di produk-produk investasinya, misalnya Manulife Dana Pasar Uang, Manulife Dana Ekuitas, Manulife Dana Ekuitas Syariah, dan seterusnya.

Adapun pemegang produk asuransi ini bisa melalui orangtua atau anak. Syaratnya, kalau orangtua maka usia minimal adalah 18 tahun dan maksimal 50 tahun, sedangkan untuk anak minimal 30 hari maksimal 10 tahun.

Baca jugaUang Pertanggungan Asuransi Jiwa, Begini Cara Menghitungnya

Sebagai informasi, masa pertanggungannya berlaku hingga tertanggung berusia 70 tahun. Masa pembayaran preminya juga fleksibel, bisa 5 tahun dan 10 tahun, yang disesuaikan dengan rencana pendidikan dan usia masuk anak.

2. Asuransi Pendidikan BCA AIA

Bank BCA juga ikut mengeluarkan polis bernama Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan), sebagai hasil kerja sama dengan AIA, perusahaan asuransi asal Hong Kong. EduPlan adalah produk asuransi dwiguna yang dapat membantu para orang tua dalammempersiapkan kebutuhan dana pendidikan sang buah hati.

Adapun pembayaran preminya dapat dilakukan 3, 10, dan juga 15 tahun. Manfaat asuransi pendidikan yang dijamin sebesar 200 % dari uang pertanggungan saat anak berusia 18 sampai 21 tahun. Selain itu, keuntungan yang akan didapat adalah kamu akan memperoleh bonus tahunan dan bonus akhir polis.

3. Asuransi Pendidikan BRI

Asuransi pendidikan dari BRI bekerja sama dengan Sequis dan siap memberikan jaminan dana pendidikan dan keselamatan jiwa. Di sini, pihak tertanggung cukup membayar premi selama 8 tahun dan bisa menikmati asuransi hingga 18 tahun.

Jika tertanggung mengalami kematian dan kecelakaan maka ia akan memperoleh uang sebesar 150% dari uang pertanggungan, sedangkan dana pendidikan yang didapat sebesar 150% dari uang pertanggungan.

4. Mandiri

Salah satu produk asuransi andalan Bank Mandiri di sektor pendidikan adalah Mandiri Sejahtera Cerdas. Selayaknya produk lainnya, penentuan premi dan uang pertanggungannya pun fleksibel, yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Keunggulannya terletak pada pemberian loyalti bonus sebesar 1,5% pada akhir tahun kelima dan juga pilihan dana investasi yang beragam, sesuai dengan profil risiko yang diinginkan.

Untuk menjadi nasabahnya, persyaratannya adalah pihak tertanggung harus berusia 17 tahun sampai 59 tahun dan anaknya harus berusia 0 sampai 15 tahun. Untuk minimum preminya sebesar Rp2.500.000 per tahun.

5. BNI 

BNI pun menawarkan produk Solusi Pintar untuk persiapan dana pendidikan. Untuk dana pendidikannya sendiri diberikan bertahap, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Adapun besarannya, untuk SD 20% dari uang pertanggungan, SMP 3%, SMA 4%, dan perguruan tinggi 100%. Jumlah uang pertanggungannya disepakati antara nasabah dengan Bank BNI.

Masa pembayaran preminya sekitar 9 tahun—17 tahun dan maksimum hingga pihak tertanggung berusia 65 tahun

6. Prudential

Asuransi andalan dari perusahaan asuransi Prudential adalah PRUlink edu protection, dengan minimum premi sebesar Rp500.000 per bulan. Asuransi ini dapat memberikan perlindungan untuk orangtua dan anak sekaligus dalam satu polis.

Keuntungannya juga bisa didapatkan hingga anak berusia 18—25 tahun. Masa perlindungannya, yakni hingga pihak tertanggung meninggal dunia dengan batas usia 99 tahun dan cacat total sebelum berusia 70 tahun.  

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak

Inilah beberapa manfaat asuransi pendidikan anak yang diperoleh dengan memiliki produk di atas.

1. Menjamin biaya pendidikan anak di masa depan

Produk asuransi ini akan menjamin dana pendidikan anak ke depannya. Misalkan, ada hal-hal yang tidak diinginkan, yang membuat orangtua tidak dapat membiayai kebutuhan buah hati, asuransi akan siap menambal tanggungan itu, bahkan sampai perguruan tinggi. Dengan demikian, orang tua pun akan lebih fokus untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan penting lainnya.

2. Digunakan sebagai asuransi jiwa

Peran utama dari asuransi ini, salah satunya, yaitu jika pemegang polis mengalami risiko meninggal dunia maka ahli waris tidak perlu risau dengan biaya pendidikan. Pasalnya, asuransi akan membayarkan uang pertanggungan dan biaya pendidikan sesuai dengan perjanjian.

3. Memberikan manfaat investasi di masa depan

Adapun keuntungan berikutnya yang dapat diperoleh adalah dana dari premi yang dibayarkan per bulan. Lantaran dikelola sebagai investasi, dana ini pun nantinya akan berkembang dan hasilnya dapat dinikmati ketika masa asuransi itu nantinya berakhir.

4. Memberikan rasa tenang buat orang tua

Asuransi yang satu ini pun mamu memberikan rasa tenang bagi para orang tua. Dengan demikian, pikiran soal adanya kemungkinan-kemungkinan terburuk terkait masa depan pendidikan anak bakal sirna dengan sendirinya saat memiliki produk pertanggungan yang satu ini.

Sekian ulasan tentang asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia dan rekomendasi produknya yang bisa kamu pertimbangkan. Beli yuk sekarang juga!

Baca juga: Risiko yang Ditanggung Asuransi Jiwa, Inilah Daftarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE