28.9 C
Jakarta
Kamis, 11 Agustus, 2022

Crowdfunding adalah: Inilah Jenisnya yang Populer saat Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, crowdfunding adalah sebuah istilah dalam layanan finansial yang berarti skema patungan atau urun dana.

Metoe ini merupakan upaya meminta bantuan dari kerumunan orang untuk melakukan pendanaan atau donasi dari sejumlah uang untuk kebutuhan tertentu, baik dengan imbalan atau tanpa imbalan.

Biasanya, jenis investasi yang menguntungkan ini dilakukan secara online. Nah, seperti apa saja jenis-jenisnya yang populer saat ini di Indonesia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Pengertian Crowdfunding adalah

Konsep crowdfunding adalah sebuah skema pendanaan sebuah proyek bisnis yang dilakukan melalui penggalangan dana/oleh beberapa investor. Metode yang satu ini punya cara kerja yang mudah, murah, dan praktis.

Karena itu, skema patungan atau urun dana ini bisa diandalkan sebagai investasi yang menguntungkan buat investor yang ingin berinvestasi dengan mudah. Metode ini merupakan sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya. Nantinya, pendanaan ini akan terkumpul dari sejumlah orang (investor).

Pendekatannya menggunakan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online dengan memakai sebuah platform atau media sosial metode patungan atau urun dana sebagai alat menjangkaunya.

Baca jugaCrowdfunding Adalah: Cara Kerjanya Simpel dan Menguntungkan 

Untuk diketahui juga, metode urun dana ini juga menjadi salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM yang tengah merintis bisnis.

Crowdfunding adalah

Jenisnya yang Paling Populer di Indonesia

Meski belum terlalu terkenal dan relatif masih baru, tetapi situs crowdfunding di Indonesia punya fungsi yang sangat penting. Adapun website/platform tersebut nantinya akan menawarkan pendanaan untuk pertolongan pada bencana alam, kampanye politik, pendanaan untuk perusahaan startup, dan lain sebagainya.

Di bawah ini merupakan jenis-jenisnya yang paling populer di Indonesia.

1. Equity Crowdfunding

Berbasis kepemilikan saham/ekuitas, jenis yang satu ini bertujuan untuk meminta kerumunan untuk mendonasikan bisnis atau proyeknya dengan cara penukaran kepemilikan salah atau kepemilikan bagian dari bisnis itu.

Jenis yang satu ini memang sangat pas bagi para wirausahawan, pemilik bisnis, dan juga perusahaan baru. Di sini, yang akan masuk ke dalam crowd adalah para investor dan pemilik saham.

2. Donation Crowdfunding

Situs yang satu ini bertujuan untuk meminta kerumunannya untuk mendonasikan bisnis atau proyeknya dengan menukarkan suatu nilai yang lebih berharga daripada uang. Nilai itu bisa sebuah rasa bangga atau produk yang ditawarkan.

Baca jugaSecurities Crowdfunding Adalah: Caranya Mendanai Bisnis

Dengan demikian, jenis yang satu ini sangat pas buat para artis, inventors, pembuat film, bahkan penulis serta perusahaan non profit lainnya.

3. Debt Crowdfunding

Berbasis utang, situs crowdfunding yang berikutnya ini bertujuan untuk meminta kerumunannya untuk mendonasikan bisnis atau proyeknya dengan bunga hutang atau keuntungan finansial. Jenis berikut ini sangat pas bagi wirausaha, penemu, dan juga pemilik bisnis.

4. Securities Crowdfunding

Securities crowdfunding adalah skema pendanaan dengan sistem penggalangan dana (raising fund) atau yang biasa diistilahkan sebagai patungan—lewat pasar modal. Sistem yang satu ini akan mengumpulkan para investor yang ingin berinvestasi secara bersama-sama.

Pada skema urun dana lewat pasar modal ini, dana yang dikumpulkan juga akan memperoleh lindung nilai (hedge) dalam jangka waktu tertentu. Securities ini menjadi versi baru dari equity crowdfunding untuk memudahkan UMKM yang masih kesulitan untuk masuk ke pasar modal karena badan usahanya yang belum memenuhi kriteria pendanaan.

Di lain sisi, pendanaan sebuah bisnis seperti yang diketahui tidak hanya berlandaskan dari modal pribadi, tetapi juga dari modal investor. Nah, salah satu investasi yang menguntungkan untuk melakukan pendanaan bagi bisnis adalah urun dana lewat pasar modal ini.

Manfaatnya

Bukan hanya menawarkan akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar, skema patungan dana ini pun memiliki sejumlah manfaat lainnya yang bisa dirasakan, antara lain:

1. Jangkauan yang lebih luas.

2. Kesempatan untuk melakukan pengenalan bisnis.

3. Melakukan pemasaran.

4. Validasi konsep.

Sekian ulasan tentang crowdfunding yang perlu kamu ketahui, termasuk jenis-jenisnya.

Pada dasarnya, crowdfunding adalah salah satu metode pendanaan yang sangat mudah untuk dilakukan dan bisa menjadi investasi yang menguntungkan dan perlu kamu coba.

Baca jugaCrowdfunding adalah: Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...

Mendag Harapkan Harga Mie Instan Tidak Naik

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Zaini, mengharapkan kenaikan harga gandum tidak membuat harga mie ataupun mie instan menjadi naik. Hal itu disebabkan...

Malacca Trust Insurance: Profil Lengkap hingga Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Insurance merupakan adalah perusahaan asuransi umum yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Malacca Trust...
LANGUAGE