32 C
Jakarta
Sabtu, 13 Agustus, 2022

Crowdfunding adalah—Apa Itu Equity Crowdfunding OJK?

JAKARTA, duniafintech.com – Sejatinya, crowdfunding adalah sebuah peluang bagi seorang pebisnis untuk menghimpun dana yang lumayan besar.

Adapun cara yang satu ini demikian populer sebagai metode untuk memperoleh modal bagi berbagai kreativitas yang ada.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu bisa menggunakan salah satu jenisnya yang cukup terkenal, yakni equity crowdfunding.

Berikut ini ulasannya. Simak yuk!

Crowdfunding adalah: Equity Crowdfunding OJK

Pada dasaarnya, crowdfunding merupakan sebuah metode untuk meningkatkan modal lewat usaha kolektif yang berasal dari teman, hingga investor.

Baca jugaSecurities Crowdfunding Adalah: Caranya Mendanai Bisnis

Metodenya memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu dengan basis internet dalam jaringan platform/media sosial urun dana.

Crowdfunding adalah

Apa Itu Equity Crowdfunding?

Pada dasarnya, equity crowdfunding adalah proses pengumpulan dana untuk sebuah proyek atau usaha yang dilakukan oleh sejumlah orang. Biasanya, kegiatan yang satu ini sering kali dilakukan lewat platform online.

Sistem yang dimaksud di sini, yakni membeli saham sehingga jenis investasi yang menguntungkan ini berbeda dengan sistem P2P lending yang hanya meminjamkan dana. Secara umum, equity crowdfudning nyaris mirip dengan investasi modal yang ada di pasar modal.

Pasalnya, akan ada penerbit atau perusahaan yang nantinya menawarkan saham perusahaannya, penyelenggara layanan urun dana, dan pemodal atau investor di sini.  Sementara itu, perbedaannya adalah penawaran dari saham dengan sistem ini terlaksana oleh penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada pemodal via sistem elektronik online.

Dalam hal ini, penerima dana merupakan pihak penerbit, perusahaan rintisan, atau juga UKM dengan jumlah modal yang tidak lebih dari Rp30 miliar dan bukan merupakan perusahaan yang terbuka.

Baca jugaCrowdfunding adalah: Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Penting juga diketahui, pihak penerbit harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dan bukanlah perusahaan yang dikendalikan, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh sebuah kelompok usaha atau konglomerasi. Nantinya, pihak penerbit pun akan melakukan penawaran saham atas perusahaannya lewat penyelenggara layanan urun dana ini.

Jenis-jenisnya

Dalam beberapa tahun belakangan, istilah crowdfunding ini memang lumayan populer dalam dunia bisnis. Proyek bisnis pun cukup berlimpah dan tren bisnis startup juga kian meningkat.

Secara umum, ada beberapa jenisnya yang bisa dicoba di Indonesia, di antaranya crowdfunding berbasis donasi, berbasis hadiah, dan berbasis ekuitas (equity) atau investasi.

Manfaat Crowdfunding adalah

Selain mampu menawarkan akses kemudahan untuk memasuki jaringan para pemberi dana yang lebih luas dan lebih besar, skema patungan dana ini pun memiliki sejumlah manfaat lainnya yang bisa dirasakan, antara lain sebagai berikut.

1. Jangkauan yang lebih luas

Platform metode patungan atau urun dana ini dapat mempermudah untuk mencari orang-orang yang tertarik melakukan pengembangan dana di seluruh penjuru daerah. Dengan crowdfunding, interaksi dan berbagi kampanye penggalangan dana satu dengan yang lain juga bisa dilakukan dengan mudah.

2. Kesempatan untuk melakukan pengenalan bisnis

Manfaat berikutnya dari metode patungan atau urun dana ini adalah di sini, kamu bisa mengenalkan bisnis atau kampanye penggalangan dana, yang dilakukan dengan memberikan informasi yang menonjolkan bisnis yang sedang dibangun. Misalnya saja terkait daya tarik, penawaran, pasar yang dituju hingga nilai perusahaan itu. Hal itu perlu dilakukan supaya para calon pemberi dana ini mengetahui lebih dalam soal usaha maupun bisnis itu serta langkah perkembangannya ke depan.

3. Melakukan pemasaran

Dengan metode patungan atau urun dana ini, kamu pun bisa mulai melakukan pemasaran dari penggalangan dana itu lewat berbagai macam channel, mulai dari media sosial, email, hingga strategi pemasaran lainnya. Hal tersebut berguna supaya penggalangan yang dilakukan via platform metode patungan atau urun dana ini bisa terpenuhi dalam waktu yang lebih cepat.

4. Validasi konsep

Selain bermanfaat untuk pengembangan usaha bagi yang membutuhkan dana, crowdfunding pun bisa menjadi solusi bagi mereka yang ingin mengembangkan dananya lewat bantuan yang diberikan kepada usaha maupun bisnis yang membutuhkan dana itu.

Sekian ulasan tentang crowdfunding yang perlu kamu ketahui. Crowdfunding adalah salah satu metode pendanaan yang sangat mudah untuk dilakukan.

Baca jugaCrowdfunding Adalah: Cara Kerjanya Simpel dan Menguntungkan 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Boy Riza Utama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Rekening BCA Online, tidak Perlu Repot ke Bank!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka rekening BCA Online tentunya penting untuk diketahui oleh kamu yang tertarik dengan layanan terbaik Bank BCA. Saat ini, perkembangan zaman...

Cara Bayar Deposit Indihome Lewat Mandiri, Gratis Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar deposit Indihome lewat Mandiri dalam ulasan di bawah ini perlu kamu coba sebagai pengguna kedua layanan ini. Tentunya, kamu pun...

Trader Pemula Wajib Catat! 10 Istilah dalam Dunia Kripto Ini Penting

JAKARTA, duniafintech.com - Trader pemula pastinya belum paham dan tahu semua istilah dalam dunia kripto, cryptocurrency, ataupun aset kripto. Inilah 10 istilah dalam dunia kripto...

Cara Bayar Tagihan Akulaku via LinkAja, Ada Cashback Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tagihan akulaku via LinkAja menyediakan cashback yang bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna setianya. Tentunya, sebagai pengguna Akulaku, kamu pun...

Dompet Ethereum Terbaik yang Dijamin Aman, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com - Dompet Ethereum terbaik atau juga Ethereum wallet pada dasarnya merupakan tempat menyimpan aset kripto tersebut. Melansir ethereum.org, dompet Ethereum adalah aplikasi yang...
LANGUAGE