25.8 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

PayPal Tidak Bisa, Platform Kripto Bakal Kebanjiran Transfer Luar Negeri

JAKARTA, duniafintech.com – Transfer luar negeri menggunakan kripto bisa menjadi solusi konkret dalam persoalan keuangan. Baru-baru ini, platform PayPal yang biasanya bisa digunakan untuk transfer uang ke luar negeri kini menghadapi sejumlah kendala. 

Kominfo memblokir akses PayPal akibat tidak mendaftarkan PSE. Kekinian, blokir itu kembali dibuka namun para pengguna disarankan dan diberi waktu 5 hari untuk memindahkan saldonya. Apakah PayPal akan berlanjut diblokir? 

Nah, untuk menghadapi persoalan transfer luar negeri, Anda bisa menggunakan aset kripto sebagai solusinya. Caranya gampang, tidak serumit yang Anda bayangkan. Berikut ini ulasannya. 

Transfer Luar Negeri

Transfer Luar Negeri Bisa Pakai Aset Kripto

Tahukah kamu mengirim uang ke luar negeri bisa lebih murah dan mudah dengan menggunakan aset kripto? 

Indodax menghadirkan aset kripto sebagai komoditas untuk trading. Kamu bisa membeli Bitcoin dan aset kripto lain dan menjualnya kembali saat harganya sudah tinggi. 

Tapi, tahukah kamu bahwa aset kripto juga bisa menjadi alternatif pengiriman uang ke luar negeri. Salah satu keunggulannya adalah lebih murah dan mudah.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Sri Mulyani Terima Pajak Rp48 M, Awalnya Ogah

Kelebihannya yang lebih murah karena kamu tidak perlu menukarkan mata uang Rupiah ke dolar AS (USD) atau ke mata uang negara tujuan. Karena ada kamu bisa dikenakan sejenis pajak dan selisih kurs. Dengan aset kripto kamu tidak perlu pergi ke bank atau money changer. Anda cukup menggunakan aplikasi atau website Indodax dari smartphone. 

Transfer Luar Negeri pakai Kripto Lebih Mudah

Metode ini sebenarnya sudah banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar negeri. Dari sisi hukum, tenang saja, tidak ada permasalahan dalam menukarkan uang ke luar negeri menggunakan aset kripto. 

Baca juga: Jenis Kripto Populer 2022, Cocok buat Investasi Masa Depan 

Jadi, kamu tidak perlu khawatir bisa kena pelanggaran hukum.

Lalu bagaimana caranya? Melansir Indodax Academy, berikut ini caranya. 

1. Menjadi member Indodax dan deposit

Anda harus menjadi member Indodax terlebih dahulu. Setelah itu, kamu deposit atau menempatkan saldo di crypto exchange Indodax. 

Setelah itu, kamu bisa memilih aset kripto yang gampang dan mudah untuk ditukarkan. Misalnya seperti Bitcoin (BTC) atau yang lebih murah seperti USDT yang merupakan aset kripto 1:1 dengan dolar AS atau USD. 

Kamu juga bisa menggunakan aset kripto IDK yang merupakan 1:1000 dengan Rupiah. Salah satu keunggulan menggunakan aset kripto IDK adalah kamu tidak dikenakan biaya saat deposit (pengisian) dan withdraw (penarikan). 

Jadi, tentu bisa lebih murah kan saat menukarkan uang ke luar negeri maupun ke platfotrm kripto lain?

Selanjutnya, kita akan mempelajari bagaimana deposit dan withdraw menggunakan aset kripto IDK. 

2. Cara Mengirim Uang ke Aset Kripto IDK

Setelah kamu mengisi saldomu di Indodax, kamu pilih aset kripto IDK. Simak cara berikut untuk kirim uang ke aset kripto IDK:

– Cari market IDK/IDR di marketplace di website indodax.com

– Kemudian di halaman kirim IDK, kamu isi jumlah IDK

– Masukkan alamat IDK dari wallet luar dan masukkan PIN Google Auth

– Kirim IDK

– Setelah itu, saldo IDK kamu akan otomatis terkirim ke wallet di luar Indodax. 

Itulah cara mudahnya. Gampang bukan? 

Berikut ini ada 5 aset Kripto dengan biaya transfer termurah di Indodax. 

5 Aset Kripto dengan Biaya Transfer Termurah di Indodax

Ada banyak aset kripto yang memberikan biaya murah dalam transaksi. Berikut 5 aset kripto dengan biaya transfer termurah di platform Indodax. 

Kamu perlu mengetahui aset kripto yang paling murah. Karena setiap transaksi antar platform, setiap aset kripto menetapkan biaya yang berbeda-beda. Selain itu, juga waktu yang berbeda-beda. 

Mengetahui mana biaya transfer yang paling murah juga membuat kamu tidak mengalami kerugian atau mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Berikut 5 aset kripto yang menerapkan biaya transfer yaitu withdraw dan deposit yang paling murah.

1. IDK

IDK merupakan aset kripto atau stablecoin ERC20 yang dikeluarkan oleh IDK Foundation Ltd., sebuah perusahaan amal terpercaya dari BVI. Digital aset ini di back-up oleh Indonesia Rupiah (IDR) dengan perbandingan 1:1.000. Dengan IDK (IDK IDR), Anda dapat men-transfer IDR secara global dengan cepat, stabil, dan biaya rendah/gratis.

2. Stellar Lumens (XLM)

XLM merupakan aset kripto asli (native) yang beroperasi di atas teknologi perangkat lunak Stellar yang diluncurkan pada 2014. oleh Stellar Developments. Meski bukan merupakan stablecoin, XLM sering dipakai untuk aset kripto yang ditukarkan dan untuk pembayaran. Bahkan platform ini menjanjikan kemampuan menyelesaikan transaksi yang sangat singkat, yaitu hanya 5 detik. Ini lebih cepat dibanding Etheruem yang butuh waktu 3,5 menit.

3. Tadpole.Finance (TAD)

Tadpole.Finance (TAD) merupakan projek aset kripto open source berbasis DeFi yang diinisiasi oleh Indodax. TAD hanya mengenakan biaya transfer yaitu 0,09 TAD. 

Berapapun total TAD yang kamu kirimkan, biayanya hanya 0,09 TAD. Ini juga bisa mempermudah kamu untuk menukarkan TAD dari hasil staking dan langsung menukarkannya ke Rupiah. 

Langkah ini jelas lebih mudah dan efisien dari pada kamu harus menukarkan TAD di platform lain yang menggunakan stablecoin USD sebagai acuannya. 

4. Tron (TRX)

Tron (TRX) adalah aset kripto yang menerapkan transfer yang lebih murah. Yaitu hanya dengan 1 TRX (TRX IDR) saja untuk transfer berapapun TRX. 

Aset kripto ini merupakan aset kripto yang mewadahi lahirnya aset kripto lian, seperti Ethereum. 

Meskipun tidak sepopuler Ethereum, Tron menghadirkan banyak keunggulan diantaranya memberikan dukungan kepada pembuat konten seperti creator, seniman atau artis di seluruh negara untuk mendapatkan kepemilikan sepenuhnya atas konten yang telah mereka ciptakan. Serta biaya transaksi yang murah dan memiliki waktu yang lebih efisien.

5. Ripple (XRP)

Ripple (XRP) hanya menerapkan 1 XRP untuk berapapun transaksinya. XRP juga populer digunakan oleh para traders dalam trading arbitrase. Sama seperti Stellar, XRP juga mengandalkan waktu transfer yang cepat. Hanya membutuhkan 1 konfirmasi saja untuk transfer. 

Itulah 5 aset kripto yang menetapkan biaya transfer termurah di Indodax. Ini bisa kamu manfaatkan untuk transfer uang luar negeri atau trading yang lebih optimal dengan potongan yang lebih mudah. 

Keuntungan Transfer Luar Negeri Menggunakan Aset Kripto

Transfer luar negeri dengan aset kripto mengatasi masalah utama yang dihadapi pengiriman uang tradisional: harga dan kecepatan. 

Tidak hanya jauh lebih cepat, tapi juga jauh lebih murah. Hampir tidak ada perantara, biaya tambahan, dan perantara pembayaran yang menggerogoti uang hasil jerih payah dengan biaya. 

Fakta bahwa ini lebih murah juga memungkinkan Anda mendapatkan laba. Misalnya, nilai tukar bisa lebih rendah di beberapa negara. Artinya, Anda bisa membeli BTC dengan harga lebih rendah daripada negara lain, lalu menjualnya dengan harga yang lebih tinggi di negara lainnya.

Selanjutnya: aspek Bitcoin yang terdesentralisasi. Karena Bitcoin tidak terikat dengan pemerintah atau institusi tertentu, Anda bisa mengirim sebanyak mungkin, ke mana saja, dan kapan saja. 

Jangan lupa bahwa bank tutup pada hari libur dan akhir pekan. Pada hari kerja, bank tutup di sore hari, yang menghalangi Anda untuk melakukan transaksi tengah malam. Pembayaran lintas batas juga jauh lebih mudah karena aspek terdesentralisasi, membebaskan uang Anda dari belenggu proses yang lambat dan mahal.

Menggunakan Kripto seperti Bitcoin untuk transfer uang ke luar negeri juga lebih fleksibel dan sangat bermanfaat—baik dalam opsi pembayaran dan jumlahnya. 

Poin terakhir yang tidak kalah penting adalah kripto memberikan kendali atas keuangan Anda. Ketika Anda menyerahkan uang cara tradisional, uang itu akan diproses secara tertutup dan Anda hanya bisa berharap uang tersebut bisa sampai ke penerima. 

Dengan kripto, Anda dapat melihat uang sepanjang prosesnya dan memastikan uang itu sampai ke tujuan. Meskipun tidak selalu menjadi sesuatu yang dicari orang, kami percaya bahwa ini adalah aspek yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat ini.

Baca jugaRupiah Digital Segera Diluncurkan, Pelaku Industri Kripto Respon Baik

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Menteri Bahlil: Siap-Siap Untuk Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memberikan sinyal akan terjadi kenaikan harga BBM subsidi, lantaran harga minyak dunia sudah melampaui harga minyak di APBN sekitar US$63...

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...

Cara Mengaktifkan Rekening Pasif Mandiri, Gampang Kok!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mengaktifkan rekening pasif Mandiri berikut ini tentu penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank Mandiri. Pasalnya, hal ini diperlukan, terutama ketika...
LANGUAGE