32.9 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

Jenis Kripto Populer 2022, Cocok buat Investasi Masa Depan 

JAKARTA, duniafintech.com – Jenis kripto populer 2022 penting untuk diketahui. Ada beragam jenis mata uang Kripto atau cryptocurrency di dunia. Namun yang populer  itu penting untuk Anda ketahui.

Mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin untuk dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusat pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Sederhananya, mata uang kripto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga. Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut. Sistem perlindungan mata uang kripto adalah menggunakan kriptografi sebagai jaminan.

Jenis Kripto Populer 2022

Jenis Kripto Populer 2022, Bitcoin Tak Ketinggalan

Jenis Kripto populer 2022 yang bagus untuk investasi kripto ada beragam. Jika membahas tentang jenis mata uang cryptocurrency, pasti membutuhkan waktu yang panjang untuk menjelaskannya. 

Hal ini karena ada lebih dari 2000 rekomendasi jenis mata uang kripto atau crypto hari ini yang tersebar di seluruh dunia. Akan tetapi, tidak semua jenis mata uang kripto bisa diperdagangkan dengan bebas.

Di Indonesia sendiri, saat ini ada 229 jenis mata uang crypto yang telah terdaftar di Bappebti dan bisa diperdagangkan secara bebas. Semua jenis mata uang crypto tersebut tertulis dengan jelas dalam Peraturan Bappebti nomor 7 tahun 2020 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang dapat diperdagangkan di pasar fisik asset crypto.

Meskipun jenisnya cukup banyak, akan tetapi hanya beberapa jenis mata uang crypto yang populer di kalangan para investor. Melansir dari Qoala.com, berikut ini beberapa jenis mata uang yang populer menjadi jenis Kripto populer 2022 yang bagus untuk investasi kripto. Melansir Qoala, inilah daftarnya. 

1. Jenis Kripto Populer 2022: Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang crypto yang paling populer di dunia termasuk di Indonesia. Bitcoin sendiri merupakan jenis mata uang crypto pertama dan sekaligus menjadi yang terbesar saat ini atau bisa dibilang menjadi coin crypto yang menjanjikan di 2022 hingga tahun-tahun mendatang.

Bitcoin pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 oleh tokoh pseudonim yang bernama Satoshi Nakamoto. Saat ini kapitalisasi pasar Bitcoin merupakan yang terbesar di dunia yaitu US$ 752 miliar. Tidak hanya itu, saat ini nilai Bitcoin juga sudah jauh melejit jika dibandingkan satu decade sebelumnya.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Intip Kerja Kripto Teratas Sepanjang Kuartal II

Dari tahun ke tahun, nilai Bitcoin juga terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada tahun 2012, harga Bitcoin masih berkisar di US$ 5-7 atau setara dengan Rp 45.000-Rp 63.000 per keping. Akan tetapi pada awal April 2021, harga Bitcoin sudah menyentuh titik tertinggi yaitu di angka US$ 64.800 atau setara dengan lebih dari Rp 930 juta per keping.

Untuk ranking mata uang kripto saat ini per Oktober 2021 berdasarkan informasi dari bisnis.com, Bitcoin (BTC) pun masih memegang peringkat pertama dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$821 miliar.

Dengan pertumbuhan nilai Bitcoin yang cenderung terus meningkat, tidak heran jika semakin banyak orang tertarik untuk menjadikan coin yang bagus untuk trading harian sebagai instrumen investasi jangka panjang. Menurut beberapa analis, tren positif Bitcoin juga diprediksi akan terus positif hingga beberapa tahun ke depan.

Untuk pilihan short token turunan dari Bitcoin yang bisa dimanfaatkan investor, prediksi coin BEAR dan HEDGE di tahun 2022 juga cukup menjanjikan bahkan hingga ke depannya. Kedua token turunan dari Bitcoin ini memiliki perbedaan pada token BEAR (3x short Bitcoin token) yang bisa memberikan keuntungan hingga tiga kali lipat dibandingkan HEDGE (1x short Bitcoin token) saat harga Bitcoin turun.

2. Jenis Kripto Populer 2022: Ethereum (ETH)

Ethereum merupakan jenis mata uang crypto yang memiliki kapitalisasi pasar selanjutnya setelah Bitcoin. Ethereum atau biasa disingkat dengan ETH saat ini memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 520 miliar Dollar AS. Bisa dibilang, ETH merupakan salah satu pilihan coin crypto yang menjanjikan di tahun 2022 atau tahun-tahun mendatang.

ETH juga terbilang sebagai salah satu platform mata uang digital terpercaya karena mempunyai founder yang jelas dan kini juga tengah dikembangkan oleh banyak developer.

Tidak hanya dikenal sebagai platform cryptocurrency dan blockchain, Ethereum juga merupakan pengembang program karena aplikasi potensialnya. Salah satunya disebut kontrak pintar yang dijalankan otomatis ketika kondisi terpenuhi dan token non fungible (NFT).

Mata uang Ethereum juga mengalami pertumbuhan yang luar biasa seperti Bitcoin. Dalam kurun waktu satu tahun, harga coin Ethereum telah mengalami peningkatan sekitar 10 kali lipat. Pada April 2021, harga ethereum telah menyentuh angka Rp 40 juta per keping padahal di tahun 2020 harganya masih Rp 3.2 juta. Peningkatan nilai Ethereum yang cukup sangat positif ini membuatnya menjadi mata uang crypto terbaik untuk investasi setelah Bitcoin.

3. Jenis Kripto Populer 2022: Binance Coin (BNB)

Binance coin atau sering disingkat dengan BNB merupakan jenis mata uang crypto dengan kapitalisasi terbesar nomor tiga di dunia. Saat ini kapitalisasi pasar Binance coin telah lebih dari 88 miliar dollar AS.

Binance coin merupakan bentuk cryptocurrency yang bisa digunakan untuk berdagang dan membayar biaya di Binance yang menjadi salah satu pertukaran crypto terbesar di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2017, Binance coin telah berkembang hanya dengan memfasilitasi perdagangan di platform pertukaran Binance.

Saat ini Binance coin juga bisa digunakan untuk perdagangan, pemrosesan pembayaran atau bahkan pemesanan pengaturan perjalanan. Mata uang digital jenis ini dapat diperdagangkan atau ditukar dengan bentuk cryptocurrency lainnya seperti Bitcoin dan Ethereum.

Baca jugaRupiah Digital Segera Diluncurkan, Pelaku Industri Kripto Respon Baik

Pada awal tahun 2017, harga Binance coin hanya berkisar 0.10 dollar AS saja. Akan tetapi pada Oktober 2021, harganya telah meningkat menjadi lebih dari 530 dollar AS. Hal ini sama artinya dengan nilai keuntungan BNC telah lebih dari 530.000 persen. Dengan peningkatan nilai yang signifikan tersebut, tidak heran jika BNC menjadi salah satu jenis coin atau koin crypto yang bagus untuk investasi jangka panjang.

4. Tether (USDT)

Tether merupakan jenis mata uang crypto dengan kapitalisasi nomor empat terbesar di dunia. Saat ini tether memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 70 miliar. Berbeda dengan bentuk cryptocurrency lainnya, tether merupakan stablecoin yang didukung oleh mata uang fiat seperti dollar AS dan Euro.

Dengan sifatnya yang merupakan stablecoin, nilai tether lebih konsisten jika dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. Hal ini membuat tether digemari oleh investor yang waspada dengan volatilitas ekstrim dari jenis koin lainnya.

5. Solana (SOL)

Solana merupakan jenis mata uang crypto yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 60 miliar dollar AS. Hal ini membuat Solana berhasil menempati posisi kelima sebagai kapitalisasi pasar terbesar di dunia untuk sekarang.

Mata uang Solana dikembangkan untuk membantu mendukung penggunaan keuangan terdesentralisasi (DeFi), aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan kontrak pintar. Mata uang ini berjalan pada mekanisme bukti kepemilikan dan bukti riwayat hibrida unik yang membantu proses transaksi dengan lebih cepat dan aman.

Mata uang digital Solana diluncurkan pertama kali pada tahun 2020 dengan harga berkisar 0.77 dollar AS. Namun sekarang, harga coin Solana sudah mencapai 201.91 dollar AS atau naik lebih dari 26.000 persen.

6. Cardano (ADA)

Cardano (ADA) merupakan jenis mata uang crypto lainnya yang juga populer untuk dijadikan sebagai instrumen investasi. Saat ini cardona telah memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 66 miliar dollar AS. Fakta ini membuat cardano bisa menjadi salah satu coin crypto yang menjanjikan 2022.

Mata uang Cardano terkena karena merangkul validasi bukti kepemilikan. Metode ini mempercepat waktu transaksi dan mengurangi penggunaan energi dan dampak lingkungan dengan menghilangkan aspek kompetitif. Hal ini sekaligus menjadi pemecahan masalah dari verifikasi transaksi yang ada di platform seperti Bitcoin.

Cardano juga bekerja seperti Ethereum untuk mengaktifkan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi yang didukung oleh ADA. Token ADA Cardano memiliki pertumbuhan yang relatif sederhana dibandingkan dengan koin crypto utama lainnya. Tahun 2017, harga mata uang digital ADA berkisar 0.02 dollar AS. Akan tetapi saat ini, harga ADA telah mencapai 2.01 dollar AS. Itu artinya nilai koin ADA telah mengalami peningkatan sebesar 10.000 persen.

7. XRP (XRP)

Untuk opsi selanjutnya, jenis mata uang crypto yang populer saat ini adalah XRP. Mata uang digital ini memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 50 miliar dollar AS. Saat ini, XRP bisa digunakan di jaringan pada perusahaan pemrosesan pembayaran untuk memfasilitasi pertukaran berbagai jenis mata uang, termasuk mata uang fiat dan mata uang kripto utama lainnya.

Mata uang crypto XRP juga menunjukkan tren yang positif. Pada awal tahun 2007, harga XRP masih berada di kisaran 0.006 dollar AS. Sekarang harga XRP sudah naik menjadi 1.08 dollar AS. Dengan pertumbuhan yang cukup signifikan ini, diprediksi XRP bisa menjadi salah satu coin yang bagus untuk investasi 2021 dan 2022 maupun tahun-tahun mendatang. Namun, coin satu ini lebih cocok untuk investasi jangka pendek ketimbang jangka panjang.

Ripple sendiri adalah perusahaan teknologi yang bekerja sebagai jaringan transfer uang lintas batas dan melayani kebutuhan transaksi industri jasa keuangan, dan tersentralisasi. Koin XRP dibentuk khusus untuk dapat melakukan transfer nilai. Sehingga, Ripple sebagai perusahaan layanan pembayaran di industri keuangan ini dapat memanfaatkan blockchain XRP ini untuk proses transfer yang cepat dan aman dengan menghemat biaya maupun waktu transaksi.

8. Polkadot (DOT)

Polkadot atau biasa disebut dengan DOT merupakan jenis mata uang crypto yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar lebih dari 43 miliar Dollar AS. Peluncuran mata uang polkadot pada awalnya bertujuan untuk mengintegrasikan jaringan cryptocurrency yang menghubungkan berbagai blockchain sehingga bisa saling bekerja sama.

Integrasi ini membuat XRP bisa mengubah cara cryptocurrency dikelola dan telah mendorong pertumbuhan yang mengesankan sejak peluncuran koin Polkadot pada tahun 2020 kemarin. Selama satu tahun terakhir ini harga mata uang polkadot telah mengalami pertumbuhan dari 2.93 dollar AS menjadi 4.19 dollar AS. Dengan pertumbuhan ini, mata uang Polkadot juga berpotensi untuk menjadi coin crypto yang akan naik 2022 mendatang. Jadi tidak heran jika transaksi mata uang polkadot terus meningkat setiap harinya.

9. USD Coin (USDC)

USD Coin atau biasa disebut dengan USDC merupakan koin yang dimasukkan ke dalam kategori stablecoin yang diluncurkan oleh Coinbase. USDC disebut juga dollar digital karena nilai 1 USDC selalu setara dengan 1 dollar AS. Hal ini menjadi jaminan kepada pemegangnya bahwa koin ini akan selalu stabil dari segi harga.

USDC bisa digunakan untuk pembayaran, investasi dan perdagangan. Ekosistem USDC akan tumbuh seiring dengan ditambahkannya token fiat lain. Framework yang transparan dan open source dapat digunakan fiat untuk berinteraksi dengan smart contract. Saat ini USDC menempati peringkat ke 22 pada Coinmarketcap.com dengan total 253.787.737 USDC.

10. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin merupakan salah satu jenis mata uang crypto yang tengah populer saat ini. Meskipun termasuk coin baru dalam cryptocurrency, akan tetapi Dogecoin telah mampu bersaing dengan nama besar lainnya di pasar crypto seperti Bitcoin dan Ethereum. Dengan perkembangan ini, kamu harus tahu cara memilih crypto yang bagus untuk investasi masa depan.

Pada tahun 2021, popularitas Dogecoin telah memperoleh lebih dari 5.000 persen. Salah satu faktor yang membuat mata uang crypto jenis ini terus menguat adalah adanya dukungan dari CEO Tesla, Elon Musk. Beberapa waktu lalu, Elon Musk sempat menuliskan di akun twitternya bahwa Dogecoin merupakan mata uang crypto favoritnya sehingga menjadi coin crypto terbaik Agustus 2021.

Cara kerja Dogecoin juga tidak jauh berbeda dengan mata uang crypto lainnya seperti Bitcoin dan Ethereum. Dogecoin berjalan pada teknologi blockchain seperti cryptocurrency lainnya dan menggunakan kriptografi untuk menjaga semua transaksi tetap aman. Menurut beberapa analis, Dogecoin akan terus menunjukkan tren positif pada tahun-tahun mendatang.

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, instrumen investasi lebih bervariasi dan bisa mendatangkan keuntungan lebih besar. Cryptocurrency menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan besar. Hal ini karena nilai mata uang crypto cenderung mengalami peningkatan terus menerus dari tahun ke tahun. Tidak heran jika semakin banyak investor tertarik untuk membeli mata uang crypto.

Meski menjanjikan keuntungan besar, akan tetapi berinvestasi crypto juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus tahu strategi terbaik dalam transaksi crypto agar bisa mendapatkan keuntungan. Pasalnya jika sampai salah strategi, bukan keuntungan yang anda dapatkan akan tetapi justru bisa mendatangkan kerugian besar.

Demikianlah ulasan mengenai jenis Kripto populer 2022 yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat ya. 

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Sri Mulyani Terima Pajak Rp48 M, Awalnya Ogah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dukung UMKM, Fintech Gelontorkan Rp52,92 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan UKM terkait peluncuran program Solusi dan Konsultasi Pembiayaan...

Bappebti Tetapkan 383 Aset Kripto Dapat Diperdagangkan

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian  Perdagangan  melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) terus berinovasi mengikuti perkembangan  perdagangan pasar fisik aset kripto. Hal ini ditandai dengan...

Terbaru! Indra Kenz Didakwa Judi Online di Kasus Binomo

JAKARTA, duniafintech.com - Indra Kesuma alias Indra Kenz, bekas Afiliator Binomo dan tersangka kasus penipuan investasi, didakwa melakukan pidana judi online. Selain itu, ia juga...

Pasar Kripto Bangkit, Begini Tips Trading di Indodax Biar Cuan

JAKARTA, duniafintech.com - Pasar kripto mulai kembali bergairah pada Agustus ini sehingga tips trading di Indodax perlu dipahami para trader pemula. Pada dasarnya, tips trading...

Hanya Afiliator, Doni Salmanan tidak Kelola Transaksi Quotex

JAKARTA, duniafintech.com – Pada sidang eksepsi kasus penipuan investasi opsi biner dengan terdakwa Doni Salmanan, kuasa hukumnya mengungkap fakta baru. Menurut tim pengacara terdakwa Salmanan,...
LANGUAGE