33.4 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Crowdfunding Adalah: Kegunaannya Untuk Solusi Modal Usaha

JAKARTA, duniafintech.com – Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan untuk orang yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya. Dimana pendanaan ini terkumpul dari beberapa orang. Modal melalui usaha kolektif ini bisa berasal dari teman, keluarga, bahkan investor sekalipun. 

Crowdfunding ini sebenarnya sudah cukup terkenal di dunia internasional dan diperkirakan akan berhasil mengumpulkan $16,2 miliar dollar di tahun 2014 lalu. 

Di Indonesia sendiri sebenarnya skema ini masih belum terlalu populer, namun memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi instrumen pengumpulan dana investasi.

Memahami Apa Itu Crowdfunding

Konsep crowdfunding adalah sebuah skema pendanaan sebuah proyek bisnis yang dilakukan melalui penggalangan dana/oleh beberapa investor. Metode yang satu ini punya cara kerja yang mudah, murah, dan praktis.

Karena itu, skema patungan atau urun dana ini bisa diandalkan sebagai investasi yang menguntungkan buat investor yang ingin berinvestasi dengan mudah. Metode ini merupakan sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya. Nantinya, pendanaan ini akan terkumpul dari sejumlah orang (investor).

Baca jugaSecurities Crowdfunding Adalah: Caranya Mendanai Bisnis

Pendekatannya menggunakan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online dengan memakai sebuah platform atau media sosial metode patungan atau urun dana sebagai alat menjangkaunya.

Baca jugaCrowfunding Adalah: Cara Kerjanya Simpel dan Menguntungkan 

Untuk diketahui juga, metode urun dana ini juga menjadi salah satu bentuk dari crowdsourcing dan keuangan alternatif yang mulai kembali muncul dan banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM yang tengah merintis bisnis.

Crowdfunding Adalah

Crowdfunding Jadi Solusi Modal Usaha

Crowdfunding memiliki sebuah pilar, yakni website atau situs untuk diakses. Usaha yang dimiliki ini nantinya akan didaftarkan ke dalam sebuah website dan nantinya akan ditampilkan agar para pemberi dana bisa menanamkan dananya sekaligus membantu pengembangan usaha UMKM. Lantas, bagaimana cara mendapatkan dana dari crowdfunding?

1. Cara Mendapatkan Dana dari Crowdfunding

Proses awal yang harus Anda jalani apabila ingin mendapatkan permodalan dari crowdfunding adalah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

– Pertama, silahkan Anda mendaftarkan profil usaha yang akan Anda jalankan ke dalam website penyedia terlebih dahulu.

– Apabila sudah ditampilkan di website tersebut, maka selanjutnya siapa pun yang tertarik dengan usaha Anda tersebut dan setuju dengan syarat maupun ketentuan yang Anda lampirkan, maka bisa langsung menanamkan modal pada bisnis Anda tersebut.

– Di sisi lain, pihak yang mengajukan permohonan modal pun tinggal menunggu beberapa hari sampai kerjasama diproses.

– Apabila sudah selesai, maka dana dari pemilik modalnya pun akan cair ke rekening pelaku usahanya.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa platform crowdfunding ini bekerja secara online untuk membantu siapa saja untuk mendapatkan peluang yang lebih baik. 

Terutama dalam mendapatkan investor yang tertarik dengan bisnis yang akan Anda jalankan, sehingga bisa membantu mengembangkannya.

Melalui skema ini, maka Anda sudah tidak perlu lagi menghabiskan waktu berbulan-bulan hanya untuk mencari investor yang cocok dalam membantu modal usaha Anda.

2. Langkah Memaksimalkannya

Setidaknya ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan agar dana yang Anda dapatkan dari crowdfunding bisa lebih optimal lagi. Berikut penjelasan lengkapnya:

– Pertama, buat proposal usaha dengan tampilan yang menarik dan informatif. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh dalam mendapatkan investor. Semua informasi ini harus disajikan secara detail dan lengkap melalui teks, gambar, maupun video.

– Setelah itu, daftarkan bisnis Anda ke situs crowdfunding. Sangat disarankan untuk Anda memasukkan proposal tersebut ke situs yang terpercaya dan sudah terkenal. Sebab, di situs crowdfunding yang sudah memiliki nama biasanya bisa menjadi tempat berkumpulnya para pemilik modal.

– Jika Anda sudah berhasil menemukan situs crowdfunding yang tepat, maka Anda tinggal mengunggah proposal usaha yang sudah dibuat semenarik mungkin. Setelah proposal diunggah, maka jangan lupa untuk terus memantau perkembangan kampanye dari proposal Anda tersebut.

Dan itulah penjelasan mengenai bagaimana cara mendapatkan crowdfunding dan langkah memaksimalkannya tersebut.

Baca jugaCrowdfunding adalah: Ini Pengertian dan Cara Kerjanya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Shopee PayLater lewat ShopeePay & Metode Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Shopee PayLater lewat ShopeePay dan metode lainnya penting diketahui oleh kamu sebagai pengguna layanan ini. Seperti diketahui, tren belanja online...

Cara Atasi Lupa PIN ATM BCA dengan Gampang & Anti Ribet

JAKARTA, duniafintech.com – Cara atasi lupa PIN ATM BCA tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh para nasabah Bank BCA yang mengalaminya. Adapun lupa nomor...

Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless, Inilah Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan keluarga cashless sejatinya adalah sebuah asuransi yang menyediakan layanan klaim secara non-tunai. Nah, jika kamu sedang mencari asuransi untuk keluarga...

Panduan Lengkap Cara Deposit Indodax lewat Berbagai Metode

JAKARTA, duniafintech.com - Cara deposit Indodax pada dasarnya akan bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam metode sesuai pilihan. Langkah ini merupakan langkah awal untuk para...

Geser Pasar Modal, Investor Kripto Indonesia Tembus 15 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah investor kripto di Indonesia terus meningkat. Bahkan jumlahnya cukup fantastis, melebihi investor pasar modal.  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan...
LANGUAGE