25 C
Jakarta
Sabtu, 28 Januari, 2023

Cryptocurrency Hari Ini: Selama 2022, Transaksi Aset Kripto di Indonesia Rp296,66 T

JAKARTA, duniafintech.com – Cryptocurrency hari ini akan mengulas terkait nilai transaksi aset kripto di Indonesia selama tahun 2022 lalu.

Menurut catatan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), lebih dari Rp 22 ribu triliun transaksi di perdagangan berjangka komoditi sepanjang 2022.

Disampaikan Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko, dari total nilai transaksi tersebut sebesar Rp 22.181,75 triliun untuk perdagangan berjangka komoditi dan Rp 296,66 triliun aset kripto. 

Baca juga: Apa Itu Crypto Winter? Inilah Perbedaannya dengan Bearish Market

“Selain kedua jenis perdagangan tersebut Bappebti juga melakukan pengawasan terhadap perdagangan fisik emas digital senilai Rp 1.976,88 miliar, serta timah murni batangan senilai US$ 2,36 miliar,” kata Didid, dinukil dari Tempo.co, Jumat (20/1/2023).

Cryptocurrency Hari Ini: Berpengaruh terhadap Peningkatan Perekonomian

Dikatakan Didid, besarnya nilai transaksi perdagangan tersebut tentunya juga berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian negara maupun pada penerimaan pajak.  

Di samping itu, imbuhnya, Bappebti pun melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan sistem resi gudang dan pasar lelang komoditas.  

“Sepanjang tahun 2022 nilai transaksi SRG sebesar Rp 1,275 triliun dengan sekitar 20 jenis komoditi dan 165 gudang yang tersebar di 144 kabupaten di 29 provinsi,” jelasnya.

Terkait pasar lelang, kata dia lagi, nilai transaksi yang tercatat di Bappebti mencapai Rp 52,5 miliar.

“Memang belum terlalu signifikan,” tuturnya.

cryptocurrency hari ini

Cryptocurrency Hari Ini: Sebelum Juni 2023, Bappebti Diminta sudah Rampungkan Bursa Kripto

Di lain sisi, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, meminta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) segera merampungkan pembentukan bursa kripto sebelum Juni 2023. Pasalnya, kehadiran bursa kripto sudah banyak dinantikan masyarakat.

“Bursa kripto juga mudah-mudahan sebelum Juni launching, bagaimana pun itu diperlukan,” ucapnya, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Peluncuran bursa kripto ini sebelumnya terus mundur dari target yang telah dijadwalkan.

Baca juga: Dollar Cost Averaging, Metode Ciamik untuk Hadapi Crypto Winter

Pada awalnya, Bappebti menargetkan peluncuran bursa kripto pada akhir 2022. Namun, target itu tak terealisasikan.

Sebelum Pengawasan Beralih ke OJK

Plt Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko, beberapa waktu lalu mengatakan bahwa pihaknya sedang mengupayakan realisasi bursa kripto sebelum pengawasan beralih ke OJK.

Ditegaskan Didid, absennya bursa kripto membuat Bappebti harus bekerja dua hingga tiga kali lebih keras.

Maka dari itu, kehadiran bursa kripto sangat diharapkan. Akan tetapi, pihaknya masih harus melihat situasi dan kondisi saat ini.

“Gak ada bursa, kami kerjanya jadi 2-3 kali lebih keras. Dengan adanya bursa itu sudah setengah kerjaan kami sudah akan (selesai). Artinya kami berkeinginan keras tapi harus bisa melihat situasi kondisi ini harus diperhitungkan,” jelasnya.

Menurut Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Senjaya, untuk mewujudkan bursa kripto, diperlukan revisi atas Peraturan Bappebti (Perba) 8 tahun 2021 Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka.

“Kesiapan sistem kemarin harusnya kita cek lagi karena ada beberapa perubahan, terutama dari revisi Perba 8/2021 harus menyesuaikan lagi,” paparnya.

Baca juga: Apa Itu Crypto Winter? Ini Perbedaan Crash Tahun 2018 dengan 2022

Sekian ulasan tentang cryptocurrency hari ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...

Masa PPKM Dicabut, Pemerintah Rumuskan Kebijakan Pasca Pandemi

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terkendalinya laju kasus pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah mendorong perbaikan kondisi perekonomian nasional yang...

Apa Itu Crypto Winter dan Bagaimana Dampaknya terhadap Investor?

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu crypto winter? Istilah ini kian santer terdengar belakangan ini, utamanya di kalangan peminat kripto. Sebagai informasi, saat ini di dunia...

AFPI Salurkan Pendanaan Mencapai Rp495,51 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat sejak 2018 hingga November 2022, agregat penyaluran pendanaan mencapai Rp495,51 triliun yang disalurkan oleh...

Berita Ekonomi Hari Ini: Mulai Juni, RI Setop Ekspor Timah dan Tembaga

JAKARTA, duniafintech.com – Berita ekonomi hari ini mengulas terkait larangan ekspor timah dan konsentrat tembaga dan mineral lainnya. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipastikan bahwa...
LANGUAGE