29.5 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Daftar Marketplace NFT Buatan Indonesia dan Internasional

JAKARTA, duniafintech.com – Seiring berkembangnya aset digital Non-fungible Token (NFT), semakin bermunculan pula platform marketplace NFT yang bisa digunakan. Marketplace NFT menjadi wadah bagi para seniman dan kolektor untuk bisa diperjualbelikan koleksi aset digital milik mereka. 

Perkembangan NFT di Indonesia juga begitu pesat, apalagi dengan munculnya seorang pemuda bernama Ghozali yang bisa meraup cuan hingga miliaran berkat menjual koleksi foto selfienya melalui platform marketplace OpenSea. 

OpenSea kini semakin menarik perhatian karena banyak orang yang mendadak kaya dari platform tersebut termasuk Ghozali. Namun selain OpenSea, ada beberapa penyedia marketplace lain untuk jual beli NFT termasuk berasal dari Indonesia. 

Oleh sebab itu, Dunia Fintech telah menghimpun sejumlah informasi mengenai marketplace NFT buatan Indonesia dan Internasional yang mungkin dapat anda coba. Apa saja marketplace tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Daftar marketplace NFT asli buatan Indonesia

Berikut ini adalah marketplace NFT buatan asli dan dikembangkan langsung oleh orang Indonesia: 

  1. Enevti 

Pasar Enevti dibangun untuk membantu para penggunanya agar dapat  berhubungan nyata dengan para influencer mereka. Dengan Platform ini, hubungan antara fans dengan creator favorit mereka menjadi lebih nyata.  

Misalnya, pengguna NFT ini mendapatkan manfaat seperti dapat melakukan video call eksklusif, mendapatkan hadiah eksklusif hingga mendapatkan layanan eksklusif dari kreator NFT. 

Enevti juga memungkinkan para penggemar dapat terhubung dengan para influencer mereka. Nah, penggemar dapat melakukan pembayaran sesuai dengan protokol pembiayaan kreator. 

  1. Paras.id 

Marketplace Paras.id dirancang melalui teknologi blockchain serta didukung oleh cryptocurrency NEAR sebagai media tukar antara kolektor dan pencipta atau seniman untuk mendukung transaksi lintas batas. 

Marketplace ini juga menawarkan kepemilikan sepenuhnya dan kelangkaan aset digital. Platform NFT ini dikembangkan sepenuhnya

oleh tim Indonesia dan menjadi salah satu tempat bagi para seniman menjajakan karyanya. 

  1. TokoMall 

Selanjutnya ada TokoMall, marketplace NFT ini memiliki konsep sebagai sarana penghubung antara dunia nyata dan dunia digital.  TokoMall juga berperan untuk mendukung para seniman, 

kreator, merek lokal hingga artis untuk bantu menduniakan produk mereka  menggunakan NFT. 

  1. Baliola 

Pasar NFT satu ini merupakan hasil kerja dari kepeng.io cryptocurrency dengan sistem berbasis teknologi blockchain yang memungkinkan pengguna dapat menjual berbagai jenis produk seniman Bali dengan menggunakan konsep NFT. Hal tersebut sesuai dengan namanya, Baliola. 

Baliola juga telah diinkubasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Denpasar dan merupakan salah satu pencetus agar dapat menghargai karya-karya seniman dengan mengapresiasinya melalui NFT. 

  1. Kolektibel 

Pasar NFT Kolektibel dibuat di atas jaringan publoc blockchain Vexanium untuk mencatat kepemilikan NFT dan didesain untuk membawa NFT agar diadopsi oleh orang Indonesia seoptimal mungkin. 

Vexanium satu-satunya public blockchain asli milik Indonesia dengan entitas legal berbentuk yayasan, yakni Yayasan Vexanium Teknologi Nusantara.

Internasional 

Setelah menyebutkan daftar marketplace NFT asal Indonesia, berikut ini adalah beberapa marketplace NFT yang dapat digunakan secara internasional. 

  1. OpenSea 

OpenSea merupakan platform peer-to-peer marketplace NFT pertama dan terbesar di dunia. 

Adapun Asset digital yang ditawarkan oleh OpenSea  meliputi foto, video, musik, kartu perdagangan olahraga, aset dalam game, dan nama domain. Tak hanya itu, platform NFT ini juga mendukung penggunaan token ERC-1155 dan ERC-721. 

  1. Axie Infinity 

Axie Infinity merupakan salah satu platform game berbasis blockchain dan NFT. Game di Axie Infinity memiliki total trading volume lebih dari 2,1 miliar USD atau sekitar Rp 28,7 triliun pada Dappradar dan berhasil mendapatkan lebih dari 15 ribu pengguna aktif bulanan. 

  1. Rarible 

Rarible merupakan platform Pasar NFT yang dimiliki oleh komunitas. Platform ini memberikan manfaat kepada penggunanya dengan menampilkan beragam karya seni berbentuk asset digital dan collectible item. 

Jika anda ingin jual beli melalui marketplace Rarible, bisa dilakukan dengan menggunakan jenis wallet crypto, seperti  MyEtherWallet, Coinbase Wallet, dan MetaMask. 

  1. SuperRare 

Marketplace NFT  satu ini dibangun di atas blockchain Ethereum. SuperRare memberikan manfaat kepada para kreator untuk bisa menampilkan karya eksklusifnya dengan menggunakan realitas virtual serta lengkap dengan fitur interaksi lainnya. 

  1. Nifty Gateway 

NFT Nifty Gateway merupakan salah satu platform yang populer untuk pembelian game crypto, seperti permainan crypto-kitties dan Gods Unchained. Marketplace Nifty Gateway juga dilengkapi dengan fasilitas transaksi dengan kartu kredit. 

  1. Mintable 

Marketplace NFT Mintable dapat membantu para penggunanya  membeli aset digital berupa karya seni, musik, foto, dan asset dalam bentuk game. 

Platform ini hanya bisa menerima pembayaran dalam bentuk ETH dan memberikan fasilitas berupa royalti sebesar 5% untuk sang kreator pada semua penjualan sekunder. 

  1. NBA Top Shot 

NBA Top Shot merupakan satu set kartu digital yang menampilkan potongan video para pemain NBA. Apabila anda sudah melakukan pembelian, maka video tersebut akan tersimpan melalui wallet terverifikasi blockchain yang aman dan terenkripsi. 

Nah, itu dia beberapa marketplace NFT yang asli dikembangkan oleh Indonesia dan sejumlah marketplace NFT yang dapat digunakan secara global. Yuk! pilih platform NFT terbaik versi kamu.

 

Penulis: Kontributor / Achmad Ghifari

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pembatalan Polis Asuransi Mobil: Prosedur dan Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, pembatalan polis asuransi mobil merupakan cara menyelesaikan polis asuransi mobil yang masih dalam masa pertanggungan. Dalam arti, belum satu...

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...
LANGUAGE