27.2 C
Jakarta
Sabtu, 9 Desember, 2023

Daftar Saham Blue Chip Syariah, Investasi Berharap Untung dan Berkah

JAKARTA, duniafintech.com – Daftar saham blue chip syariah juga memiliki kesamaan dengan saham konvensional, salah satunya yakni selalu menjadi incaran para investor. Mengapa bisa begitu? karena kapasitas saham blue chip syariah juga memiliki kapitalisasi pasar yang sangat besar, hampir memiliki minimal 10 hingga 40 triliun Rupiah.

Saham blue chip rata-rata berasal dari perusahaan yang sehat secara fundamental. Tidak hanya itu saja, perusahaan juga memiliki stabilitas yang baik dari sisi finansial. Laporan keuangan pun akan disampaikan secara berkala baik kala kondisi sedang baik ataupun buruk sekalipun.

Saham blue chip sempat mendapat alias mengalami tekanan nilai, dampak dari sentimen pandemi COVID-19. Namun akhirnya kembali menguat kembali sejak bulan Maret 2020 hingga awal tahun 2023.

Meski begitu, saham blue chip mulai mengalami kenaikan seiring berjalannya tahun 2023, walau lemah atau cenderung stagnan, terkait dengan isu resesi ekonomi global.

Apakah Saham Blue Itu?

Pendorong utama IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) adalah saham blue chip. Pasalnya seperti dikatakan di awal bahwa blue chip merupakan saham yang berasal dari perusahaan dengan reputasi baik.

Banyak pihak menilai bahwa dengan membeli saham blue chip untuk jangka panjang maka akan mendatangkan keuntungan yang stabil.

Nah, tim DuniaFintech telah merangkum khusus untuk Anda, saham blue chip syariah yang berada pada indeks LQ45.

Baca jugaCara Beli Saham Online Blue Chip: Simak Tips dan Rekomendasinya, Cuan!

daftar saham blue chip syariah

Baca jugaYuk Cek Perbedaan Antara Saham LQ45 dengan Saham Blue Chip

Ini Dia 5 Daftar Saham Blue Chip Syariah

Berikut adalah rekomendasi daftar nama-nama saham dengan prinsip syariah yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi, namun pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu ya sebelum memilihnya.

  1. ADRO

Saham blue chip syariah yakni salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia bernama ADRO (PT Adaro Energy Tbk), dengan cadangan batu bara yang melimpah sehingga memungkinkan saham ini memiliki potensi pertumbungan yang juga akan kuat.

Seperti diketahui aset batubara metalurgu yang beragam mulai dari batubara kokas semi lunak hingga keras premium merupakan mayoritas milik Adaro Energy.

  1. ANTM

Saham blue chip syariah selanjutnya yaitu ANTM (PT Aneka Tambang Tbk) adalah perusahaan pertambangan terkemuka di Indonesia, fokus pada nikel, emas, tembaga, dan mineral lainnya. ANTM memiliki potensi pertumbuhan kuat dengan sumber daya alam yang melimpah. Eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas yang menjadi fokus kegiatan perusahaan ANTAM, dan wilayah operasinya pun tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan mineral.

  1. BRPT

Saham blue chip lainnya yakni perusahaan yang bergerak di sektor industri dan investasi dengan bisnis  yang beragam termasuk petrokimia, perkebunan dan kertas yang diketahui bernama PT Barito Pacific Tbk (BRPT).

Potensi pertumbuhan BRPT didukung oleh diversifikasi bisnisnya. Pengembangan proyek di Jawa 9 dan 10 dengan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) kapasitas 2×1.000 MW dan berencana akan dipasang bersama teknologi guna mengurangi emisi yang belum pernah ada sebelumnya, menjadi salah satu bisnisnya.

  1. BRIS

PT Bank Rakyat Indonesia (BRIS) juga masuk kandidat daftar saham blue chip syariah selanjutnya, karena merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia.

Dengan kepemilikan jariangan yang luas serta menyediakan berbagai layanan perbankan sehingga cocok menjadi saham blue chip.

Saham ini dinilai cocok bagi investor yang tengah mencari saham blue chip perbankan dengan prinsip syariah, karena kinerja BRIS dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan stabilitas sektor perbankan.

  1. CPIN

Status dari salah satu daftar nama saham blue chip dengan prinsip syariah juga melekat pada PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), yakni perusahaan agribisnis terkemuka di Tanah Air.

CPIN memiliki bisnis dalam peternakan, pakan ternak, makanan olahan, dan distribusi makanan. Potensi pertumbuhan CPIN didukung oleh konsumsi masyarakat yang terus meningkat. Pabrik pakan ternak PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk terletak di Banten, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Jawa Tengah.

Demikian ulasan lengkap mengenai daftar nama-nama saham blue chip syariah. Semoga bermanfaat.

Baca jugaCiri Saham Blue Chip yang Patut Diketahui Investor!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Link Pinjol Ilegal Mudah Cair yang Perlu Diwaspadai, Teliti sebelum Meminjam!

JAKARTA, duniafintech.com – Link pinjol ilegal mudah cair tentunya perlu diwaspadai. Pinjaman online ilegal masih menjadi masalah yang serius di Indonesia.  Banyak aplikasi pinjaman online...

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk dengan Baik dan Benar

JAKAARTA, duniafintech.com - Perkara hutang ini tidak bisa dihindari pada suatu kondisi, mau tidak mau, Anda harus siap untuk melunasi tepat waktu agar tidak...

Kualitas Layanan Fintech di Indonesia: Bagaimana Peluang dan Tantangannya?

JAKARTA, duniafintech.com – Kualitas layanan fintech di Indonesia adalah hal penting yang perlu diketahui terkait perkembangan financial technology di tanah air. Pada zaman sekarang, peran...

Produk Investasi Syariah yang Halal dan Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com - Produk investasi syariah merupakan pilihan investasi yang mengacu pada prinsip-prinsip ekonomi dan bisnis yang sesuai dengan syariat Islam. Di Indonesia, terdapat beberapa...

Sah! OJK Pastikan Pinjol Jembatan Emas Tutup, Ini Alasannya

JAKARTA, duniafintech.com – Penyelenggara fintech peer to peer (P2P) lending alias pinjaman online (pinjol) PT Akur Dana Abadi atau Jembatan Emas resmi tutup.  Hal ini...
LANGUAGE