31.1 C
Jakarta
Selasa, 18 Juni, 2024

13 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Pebisnis Pemula, Dijamin Cair!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara mendapatkan modal usaha untuk bisnis sejatinya bisa dari banyak hal. Seperti diketahui, modal kadang kala menjadi kendala bagi mereka yang ingin merintis atau membuka bisnis (usaha) dan memang tidak semua orang dapat memperoleh modal usaha dengan cepat dan mudah.

Hal itu terjadi karena syarat dan ketentuan untuk memperoleh modal usaha acap kali lumayan rumit. Nah, di bawah ini adalah panduan untuk mendapatkan modal bagi pebisnis pemula.

  1. Cara Mendapatkan Modal Usaha: Menggadaikan Aset

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggadaikan aset yang Anda miliki sekarang. Langkah ini cocok bagi mereka yang enggan untuk menjual aset miliknya untuk modal bisnis. Dalam hal ini, menggadaikan barang-barang berharga punya Anda akan membantu untuk memperoleh uang tunai tanpa perlu kehilangan aset yang dimiliki.

Baca juga: Ingin Mengembangkan Bisnis? Begini Cara UMKM Mendapatkan Modal Usaha!

Sebagai informasi, pegadaian biasanya menerima aset pribadi berupa barang elektronik surat tanah, perhiasan emas, BPKB, dan lainnya, sesuai dengan ketentuan dan nilai yang berlaku. Bukan hanya di Pegadaian milik pemerintah, sekarang ini Anda pun bisa menggadaikan aset di banyak lembaga penyedia modal usaha lainnya.

  1. Pinjam Modal dari Bank dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Lembaga penyedia modal usaha yang paling gampang untuk ditemukan adalah bank—dengan beragam pilihan, syarat yang bervariasi, dan skema yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda jika ingin memperoleh modal usaha. Lain dari pegadaian, pinjaman modal usaha pada bank memungkinkan untuk meminjam modal tanpa ada jaminan barang berharga apa pun.

Untuk cara peminjaman modal usaha dari bank, yakni dengan memilih produk Kredit Tanpa Agunan (KTA). Perlu diketahui, modal usaha yang dipinjamkan oleh bank umumnya hanya untuk usaha yang sudah berjalan dan terverifikasi sebagai usaha yang sehat.

  1. Pinjam Modal Usaha dari Fintech

Saat ini ada banyak perusahaan online yang menyediakan jasa pinjaman online berbasis peer to peer lending alias fintech. Gampangnya, modal usaha bisa diperoleh via P2P lending karena ia adalah metode peminjaman uang kepada individu/bisnis dan juga berlaku sebaliknya, yakni orang dapat mengajukan pinjaman untuk keperluan bisnis

Oleh sebab itu, secara tidak langsung perusahaan fintech ini bakal menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam secara online melalui aplikasi. Pada aplikasi ini, setiap orang yang telah membuat akun online bisa memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman untuk berbagai kepentingan tanpa memakai jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara.

  1. Modal Usaha dari Koperasi—Cara Mendapatkan Modal Usaha

Koperasi merupakan lembaga simpan pinjam yang cukup familiar bagi masyarakat tanah air, utamanya di wilayah pedesaan. Adapun pinjaman modal usaha kecil kerap kali dilakukan lewat koperasi, dengan syarat utama, yakni menjadi anggota koperasi terlebih dahulu. 

  1. Modal Usaha dari Pemerintah (KUR [Kredit Usaha Rakyat])

Adapun program yang dicanangkan oleh pemerintah ini disambut baik oleh penggiat Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK) dan juga calon pengusaha yang ingin memperoleh modal usaha tanpa utang.

Baca juga: Cara Mengajukan KUR BRI untuk Modal Usaha UMKM

Terdapat sejumlah bentuk usaha dari KUR ini, yang meliputi bidang pertanian, perikanan, kehutanan, dan usaha lainnya. Tujuan dari program KUR sendiri, yaitu untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memberantas kemiskinan.

  1. Modal Ventura

Mendapatkan modal usaha dengan jenis modal ventura (venture capital) yang diberikan oleh lembaga non bank dengan syarat perjanjian kerja sama, dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin merasa bahwa meminjam lewat bank terasa berat.

Sederhananya, pinjaman modal ventura ini seperti investor yang menanamkan saham pada bisnis atau usaha Anda. Lembaga ini biasanya tidak akan meminta agunan atau syarat yang cukup ketat seperti bank atau KUR.

  1. Pinjam Modal Usaha dari Perusahaan e-Commerce

Peluang program pinjaman online menjadi kebutuhan primer bagi para usahawan, utamanya pengguna marketplace, mulai ditampung oleh pemilik marketplace atau e-commerce. Maka dari itu, sejumlah e-commerce sekarang sudah meluncurkan program pinjaman untuk modal usaha yang berkaitan dengan pengembangan toko atau bisnis online yang tengah dikembangkan oleh pengusaha pemula.

  1. Modal Usaha dari Dompet Elektronik

Perusahaan-perusahaan rintisan atau startup yang bergerak dalam bidang dompet elektronik juga kian memudahkan para penggunanya untuk memperoleh modal usaha. Hal itu terjadi karena hampir seluruh transaksi saat ini serba online dan cashless.

  1. Kampanye di Situs Crowdfunding

Situs-situs penyedia layanan donasi untuk berbagai kebutuhan, bisa Anda jadikan sebagai program modal usaha tanpa utang. Dalam hal ini, jika Anda punya konsep bisnis yang kuat dan sudah menyiapkan perencanaan yang matang, boleh jadi Anda akan memperoleh modal usaha tanpa jaminan dengan mudah.

Baca juga: 16 Solusi Pinjaman Modal Usaha untuk Merintis Bisnis

Di luar negeri, saat ini ada beberapa perusahaan berjenis crowdfunding, seperti Launchgood atau kickstarter, yang bisa Anda manfaatkan, sedangkan di Indonesia ada Kitabisa.com atau kolase.com. Yang terpenting adalah Anda bisa meyakinkan donatur soal bisnis yang akan Anda  jalankan dengan menggunakan uang mereka.

  1. Mendatangi Seminar Investasi

Jangan salah kira bahwa hanya Anda yang akan mencari pendana sebab bisa saja yang terjadi malah sebaliknya. Pasalnya, ada banyak pendana yang juga akan mencari wirausaha muda dengan ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Oleh sebab itu, carilah informasi tentang seminar-seminar investasi atau funding yang bakal mempertemukan Anda dengan para investor.

  1. Mencari Rekan Bisnis

Anda pun bisa mencari rekan bisnis untuk mendapatkan modal usaha yang diperlukan. Akan tetapi, penting diingat bahwa Anda harus mengajak orang yang dapat dipercaya dan punya visi dan minat yang sesuai dengan ide bisnis Anda sebagai rekan bisnis.

  1. Mencoba Program Kredit Multiguna (KMG)

Untuk mengatasi masalah kekurangan modal usaha, Anda pun bisa mencoba program kredit multiguna (KMG) yang relatif mudah, aman, dan dengan proses yang cepat. Cara ini pun sebenarnya adalah langkah menggadaikan aset. Namun, bedanya, Anda tidak menggadaikan aset lewat Pegadaian.

  1. Mencari Suntikan Dana dari Investor

Terakhir, Anda bisa mencoba mendapatkan modal usaha dengan mencari investor. Pasalnya, investor biasanya dapat memberikan suntikan dana demi pengembangan usaha dengan jumlah yang cukup besar. Dalam hal ini, carilah investor modal yang berinvestasi sesuai dengan bisnis milik Anda supaya dana berikutnya bisa terus diputar dalam memenuhi kebutuhan bisnis.

Demikianlah 13 cara mendapatkan modal usaha yang perlu Anda ketahui alih-alih bisa diterapkan. Meski beberapa di antaranya terkesan sangat konvensional, tetapi cara lainnya memang bisa dilakukan di era teknologi informasi yang canggih seperti sekarang ini. Yuk, mulai usaha sekarang!

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Iklan

ARTIKEL TERBARU