25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Ketahuilah! Meski Canggih, Tapi Inilah Dampak Negatif Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Meskipun teknologi Metaverse terbilang canggih, namun tetap ada dampak negatif Metaverse tersebut. Bagi para pengguna, mesti tetap memperhatikan dampak-dampak tersebut. 

Sebelumnya telah kita ulas dampak positif dari Metaverse tersebut. Pada ulasan kali ini, mari kita bahas dampak negatifnya. 

Namun sebelum itu, bagi yang belum paham yuk kita ulas terlebih dahulu apa itu Metaverse. Baca sampai tuntas ya. 

Apa Itu Metaverse? 

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun untuk saling terhubung antara satu dengan lain. Dalam komunitas virtual ini, orang dapat bertemu, bermain, bekerja bahkan bertransaksi jual beli seperti pada dunia nyata dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). 

Transaksi dalam komunitas virtual ini biasanya menggunakan mata uang kripto sehingga banyak diartikan sebagai pengertian metaverse kripto.

Menurut Bahasa

Secara bahasa metaverse berasal dari kata ‘meta’ dan ‘verse’. Meta berarti ‘melampaui’ dan verse yang bermakna ‘alam semesta’. Secara bahasa ini, metaverse juga bisa diartikan sebagai ruang yang berisi materi yang melampaui semua hal yang terlihat pada dunia nyata. 

Sebenarnya, konsep Metaverse sendiri pertama kali dikenalkan pada novel Snow Crash tahun 1992 yang merupakan karya Neal Stephenson. 

Menurut para ahli

Sementara itu pengertian Metaverse menurut para ahli, seperti dari penulis esai Matthew Ball memprediksi bahwa Metaverse merupakan gerbang yang membawa manusia untuk bisa merasakan berbagai pengalaman digital dan bahkan akan menjadi platform yang bisa menyerap tenaga kerja baru.

CEO sekaligus pendiri Epic Games, Tim Sweeney juga mengemukakan pendapat mengenai pengertian Metaverse menurut para ahli yaitu sebagai media sosial 3D yang dapat diakses secara realtime. Melalui teknologi tersebut, orang-orang akan dapat membuat konten di dunia virtual dan saling berbagi konten tersebut.

Baca jugaAsyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

Selain itu Victoria Petrock, seorang analis yang mengikuti teknologi baru berpendapat mengenai bahwa Metaverse ialah evolusi konektivitas di mana semua hal bisa mulai menyatu dalam alam semesta doppelganger yang sangat real. Hal ini akan membuat manusia bisa menjalani kehidupan virtual dengan cara yang sama seperti menjalani kehidupan fisik di dunia nyata. 

Untuk bisa masuk ke dunia Metaverse, pengguna harus menggunakan teknologi yang khusus. Teknologi tersebut juga mencakup headset virtual reality, kacamata augmented reality, serta aplikasi dari smartphone atau dari perangkat lainnya yang bisa digunakan untuk menjangkau dunia metaverse tersebut.

Dampak Negatif Metaverse

Dampak Negatif Metaverse bagi Kehidupan 

Berikut ini adalah dampak negatif dari menggunakan metaverse bagi kehidupan, di antaranya:

1. Dampak negatif Metaverse: Kurang baik untuk kesehatan fisik dan psikologis

Metaverse merupakan dunia digital yang bisa bisa dimasuki dari mana saja. Orang yang terbiasa masuk ke dalam metaverse maka akan lebih banyak berdiam diri dan menyendiri dalam ruangan. 

Baca juga: Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

Hal ini bisa saja membuat kamu akan melupakan dunia nyata termasuk lupa akan kebutuhan pangan dan tidur. Jika berlangsung dalam waktu lama, kondisi ini pastinya akan tidak bagus untuk kesehatan fisik dan juga psikologis karena jarang bersosialisasi dengan manusia di dunia nyata.

2. Dampak negatif Metaverse: Meningkatkan risiko pelecehan seksual

Dalam metaverse, antara satu pengguna dengan pengguna lainnya tidak ada batasan. Hal ini memungkinkan terjadinya risiko pelecehan seksual secara online terhadap avatar. Sampai saat ini banyak kasus yang menyatakan bahwa pengguna VR merasa dilecehkan akibat perbuatan tak senonoh yang dilakukan oleh avatar lain. Karena menggunakan teknologi canggih, sentuhan tersebut akan terasa nyata dengan adanya pengalaman sensorik.

3. Kecanduan dan lupa waktu

Dalam metaverse, pengguna bisa melakukan apapun yang disukai tanpa batasan. Hal ini biasanya akan membuat orang lebih nyaman berada di dunia virtual tersebut dibandingkan dengan dunia nyata. Jika sudah kecanduan, orang tersebut bisa lupa waktu dan melupakan semua kewajibannya di dunia nyata karena terlalu asik dengan dunia metaverse.

Terlepas dari dampak positif dan negatifnya, tidak bisa dipungkiri jika metaverse saat semakin diminati oleh masyarakat. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat batasan dan jarak menjadi semakin kabur. 

Metaverse mewujudkan impian banyak orang dimana bisa berinteraksi dengan siapapun dan dimanapun tanpa adanya jarak. Metaverse juga menawarkan banyak kemudahan dan pengalaman merasakan dunia tanpa batas secara virtual. Meskipun begitu, pengguna platform ini tetap harus bijak agar terhindar dari dampak negatif Metaverse.

Baca jugaTrader Pemula Wajib Catat! 10 Istilah dalam Dunia Kripto Ini Penting

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE