30.5 C
Jakarta
Sabtu, 24 Oktober, 2020

Dan Larimer, Programmer Perangkat Lunak yang Jadi Pengusaha Kripto

DuniaFintech.com – Dan Larimer atau Daniel Larimer merupakan salah satu figure yang populer di ranah Blockchain. Awalnya menggeluti bidang pengembangan perangkat lunak, ia kemudian banting setir menjadi seorang pengusaha di bidang kripto. Ia ikut membantu mendirikan berbagai perusahaan seperti Bitshares, Steem, EOS hingga DPOS dan Graphene Technology.

Ayah Larimer pernah bekerja dengan Boeing. Dari pengalamannya itu, ia bersama Larimer kemudian mendirikan Cryptonomex, Inc bersama-sama. Cryptonomex, Inc sendiri merupakan perusahaan konsultan bisnis yang berbasis Blockchain. Awalnya, Larimer sangat miskin sampai ia harus tinggal bersama orang tuanya.

Perceraiannya pada tahun 2009 kemudian membawanya berkenalan dengan Bitcoin. Dengan uang 20 dolar yang ia miliki, Larimer kemudian membeli 400 keping Bitcoin.

Pendidikan dan Sepak Terjangnya dalam Karir

Larimer merupakan seorang sarjana jurusan ilmu komputer dari Virginia Polytechnic Institute and State University. Ia menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2003. Cryptonomex, perusahaan yang dibangunnya bersama sang ayah juga cukup sukses. Cryptonomex memiliki komunitas di seluruh dunia yang terdiri dari beberapa ribu pendukung.

Cryptonomex telah bermitra dengan sepuluh perusahaan wirausaha lainnya untuk mengembangkan ekosistem mereka dan berbagi aliran pendapatan serta menggabungkan efek jaringan. Mereka memiliki lima aset digital baru utama yang sedang dikembangkan.

Baca Juga:

Ketertarikannya untuk terjun lebih jauh pada bidang aset kripto dimulai pada tahun 2010 kita ia menyampaikan ada masalah mengenai kecepatan transaksi Bitcoin. Karena Satoshi Nakamoto tidak memberikan tanggapan apa-apa, Larimer kemudian memutuskan untuk membuat proyek sendiri dan mengatasi masalah tersebut.

Pada tahun 2013, Larimer mendirikan BitShares. BitShares awalnya bernama PhotoShares yang dibuat untuk saham perusahaan virtual. Bitshares adalah pertukaran cryptocurrency terdesentralisasi yang merupakan bagian dari blockchain Microsoft Azure.

Tahun 2016, Larimer meninggalkan BitShares dan ikut mendirikan Steem. Sreem merupakan jejaring sosial yang dibuat dengan menggunakan sistem Blockchain di mana para pengguna akan mendapatkan imbalan atas konten yang mereka buat.

Di tahun yang sama, Larimer bertemu dengan Brendan Blumer. Mereka kemudian bersama-sama mendirikan Block.one, sebuah perusahaan penerbit perangkat lunak yang berbasis open source. Pada 2017 Dan memulai proyek EOS dan menjadi CTO-nya. EOS dikembangkan oleh Block.one, yang merupakan blockchain yang memungkinkan pengembangan dApps komersial. 

Tidak ada biaya transaksi. Protokol EOS memungkinkan penggunaan bahasa pemrograman yang berbeda untuk membuat kode dApps. Menurut Dan, aplikasi yang ditulis dalam C ++ dan menjalankan perakitan Web EOS akan memproses transaksi 16 kali lebih cepat daripada aplikasi yang dijalankan dengan menggunakan Solidity.

Menurut Forbes Dan Larimer termasuk dalam 20 Orang Terkaya di Cryptocurrency. Kekayaan bersihnya sekitar $ 600 juta. Ia sempat meminta untuk dikeluarkan dari daftar Forbes, karena alasan keamanan dan privasi.

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

UMKM Bisa Ajukan Pinjaman dengan Bunga Rendah di Fintech Ini, Di Cek Yuk!

Duniafintech.com - Pinjaman dengan bunga rendah untuk Modal Usaha ditawarkan Fintech P2P Lending untuk pengusaha kecil yang menghadapi kesulitan modal dan tidak...

Mau Beli Mobil Tanpa Keuangan Terganggu? Ikuti Cara Ini

DuniaFintech.com - Beberapa orang mungkin berpikir, bahwa membeli mobil dapat membantu mengurangi biaya transportasi. Namun ternyata belum tentu loh, bisa saja justru...

Pilihan Pekerjaan Online Tanpa Menggunakan Modal dengan Penghasilan Fantastis

Duniafintech.com - Ketika penghasilan tetap masih tidak bisa mencukup kebutuhan utama, tentu kerja sampingan adalah solusinya. Tetapi, Anda pasti lebih memilih pekerjaan...

Harga Emas Digital per Jumat 23 Oktober 2020 Masih Murah!

DuniaFintech.com - Harga emas di layanan digital per Jumat 23 Oktober terpantau masih berada di angka yang rendah. Jika melihat dari layanan...

Pembiayaan 30 Miliar untuk Pembudidaya Ikan di Indonesia, Kolaborasi P2P Lending dan Agritech

DuniaFintech.com – Pionir marketplace lending, Investree, menandatangani perjanjian kerja  sama dengan perusahaan rintisan agriculture technology (agritech), eFishery, untuk mendistribusikan pembiayaan 30 miliar...
LANGUAGE