25.6 C
Jakarta
Minggu, 26 Juni, 2022

Danamart, Bantu Pembiayaan UMKM di Indonesia

duniafintech.com – Danamart (PT Dana Aguna Nusantara), platform peer to peer lending ini dapat menjadi solusi pembiayan para UMKM. Adapun sektor yang dilayani oleh platform ini adalah sektor pertambangan, perdagangan, jasa perawaran, konstruksi, dan lainnya.

Baca juga : LinkAja Memperkenalkan Jajaran Top Management

Danamart juga telah bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk menyediakan pembiayaan kepada anggotanya yang jumlahnya mencapai 3.000 pengusaha.

Sebagai peminjam, Anda dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp100 juta sampai Rp2 miliar. Tenornya minimal 1 bulan sampai 6 bulan. Apabila terlambat mengembalikan pinjaman, setiap harinya akan dikenakan bunga harian 0,2% yang berlaku sampai 60 hari ke depan.

Bunga berjalan akan berhenti setelah memasuki hari ke 61, sesuai dengan dorongan dari Asosiasi Fintech Pembiayaan Bersama Indonesia (AFPI) kepada seluruh anggotanya. Adapun sebagai pendana, Anda bisa berinvestasi dengan nominal dari Rp1 juta sampai Rp2 miliar, sehingga cocok untuk peminjam individu dan korporasi.

Untuk menjamin keamanan pendana dan peminjam, Danamart bekerja sama dengan berbagai pihak pendukung seperti asuransi kredit, perbankan, dan lembaga lainnya. Apabila terjadi gagal bayar, asuransi kredit akan menjamin 80% dari total kredit untuk mengembalikan dana ke pendana.

Danamart yang berbasis marketplace, untuk itu platform ini penting menjaga keamanan dari sisi kanan dan kiri. Seluruh pinjaman yang terbit melalui Danamart pada dasarnya sudah di-coveroleh asuransi bahkan perketat dari sisi credit scoring-nya..

Credit scoring di Danamart cukup ketat. Selain harus melengkapi dokumen yang diminta, ada tim lapangan yang akan mengunjungi lokasi peminjam untuk memastikan keaslian usaha. Tim perlu bertemu tatap muka dengan perwakilan direktur dan pemegang saham, untuk mengukur peminjam berdasarkan kemampuan dan kemauan mengembalikan pinjaman.

Setelah itu, setiap peminjam akan mendapat grade apakah ada di grade A sampai E untuk menentukan bunga yang harus dibayarkan. Seluruh proses mulai dari pengajuan sampai penggalangan dana kurang lebih memakan waktu sampai 14 hari. Apabila dana sudah 100% terkumpul, peminjam baru bisa mencairkannya.

Tidak hanya menyalurkan pembiayaan, platform ini juga menghimpun pendanaan dari individu. Jumlah lender yang telah dihimpun saat ini hampir 100 entitas. Danamart pun telah mengantongi bukti terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 November 2018.

Baca juga : Kunjungi Manado, Home Credit Indonesia Dorong Generasi Muda Mengelola Keuangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Investasi Jangka Pendek, Pengertian dan Jenisnya

JAKARTA, duniafintech.com - Mengenal investasi jangka pendek, tampaknya masih banyak yang bertanya-tanya terkait hal tersebut. Pasalnya jika bicara mengenai investasi selalu identik dengan jangka waktu yang...

Daftar Aplikasi P2P Lending Syariah yang Patut Kamu Catat, ini Dia!

JAKARTA, duniafintech.com - Daftar Aplikasi P2P Lending syariah apa saja? Pasti banyak dari kamu yang belum mengetahuinya. Sebagai pendatang baru, P2P lending Indonesia kini menjadi...

Manfaat Pembukuan Keuangan dalam Dunia Bisnis

JAKARTA, duniafintech.com - Manfaat pembukuan keuangan merupakan hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Pembukuan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Dengan pembukuan keuangan...

Mobil Transmisi Manual: Harga & Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil transmisi manual sejatinya masih masih banyak diminati di tengah gempuran mobil transmisi matic saat ini. Alasannya adalah mobil transmisi jenis ini...

Tipe Mobil Avanza: Perbandingan & Harganya, Pilih yang Mana?

JAKARTA, duniafintech.com – Sebenarnya, ada banyak tipe mobil Avanza di pasaran alias bahwa semua mobil Toyota Avanza tidak sama. Di antara tipe itu adalah tipe...
LANGUAGE