26.9 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Danamon Catat Pertumbuhan Laba Bersih Rp860 Miliar di Kuartal I-2022

JAKARTA, duniafintech.com – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mencatatkan kinerja positif di kuartal I-2022. Laba bersih setelah pajak (NPAT) Danamon meningkat sebesar 65% (yoy), menjadi Rp860 miliar, disusul laba operasional yang tumbuh 49%.

“Dengan senang hati saya menyampaikan bahwa kinerja positif Danamon di kuartal I-2022 didukung oleh peningkatan sinergi dan kolaborasi dengan Adira Finance dan MUFG, serta peningkatan kapabilitas dan kemitraan digital yang kami lakukan secara berkelanjutan,” kata Presiden Direktur PT Bank Danamon Indonesia Tbk Yasushi Itagaki, Kamis (28/4).

Baca juga: Kartu Kredit Danamon: Syarat, Cara Pengajuan hingga Keuntungannya

Dia menerangkan, Danamon terus bertumbuh di tengah pembatasan sosial (PPKM) akibat munculnya varian Omicron pada kuartal pertama tahun ini. 

Dengan menerapkan strategi pemilihan kredit yang berhati-hati, kredit pada segmen enterprise banking (EB) Danamon mencapai Rp61 triliun, meningkat 10% yoy. 

Pertumbuhan ini didukung oleh kolaborasi Danamon dengan jaringan MUFG dan fokusnya pada nasabah blue-chip dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Pada periode yang sama dan seiring dengan pulihnya sektor pembiayaan kendaraan bermotor, Adira Finance, anak perusahaan Danamon, mengalami peningkatan pada pembiayaan baru sebesar 33% dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Juga pada kuartal I 2022, fokus Danamon pada pertumbuhan granular funding berhasil meningkatkan Giro dan Tabungan (CASA) sebesar 12% dengan rasio CASA mencapai 60,5%, naik dari 54,7% yang tercatat pada periode yang sama tahun lalu.

Kualitas aset Danamon juga terus menunjukkan peningkatan. Rasio Non-Performing Loan (NPL) coverage mencapai 209% pada kuartal I 2022, dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 177%. 

Baca juga: Menyusul BRI dan BNI, Bank Danamon Juga Bersiap Masuk Metaverse

Di kuartal I 2022, rasio NPL gross juga membaik 50 bps menjadi 2,8% sementara persentase Loan at Risk (LAR), yang mencakup covid-19 restructured loans under forbearance sebesar 15,4%, membaik 60 bps dibandingkan tahun sebelumnya.

Indikator keuangan ini berkontribusi pada profitabilitas Danamon yang ditandai dengan tren quarterly yang stabil dari Net Interest Margin (NIM) sebesar 7,9% sementara laba operasional tumbuh 49% yoy. 

Baca juga: Mau Tukar Uang Baru Online di Bank Indonesia? Begini Syarat dan Caranya

Pada akhir kuartal I 2022, Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) Danamon mencapai Rp860 miliar, meningkat sebesar 65% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Penulis: Nanda Aria

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE