30 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Dapat Pendanaan Seri C, KoinWorks Siap Jadi Neobank bagi UKM

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan startup fintech lending KoinWorks mengumumkan raihan pendanaan seri C senilai $108 juta atau setara dengan Rp1,6 Triliun. Putaran pendanaan ini dipimpin oleh MDI Ventures, perusahaan ventura Telkom Indonesia.

Pendanaan ini juga didukung partisipasi dari investor sebelumnya seperti Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, ACV dan East Ventures.

Pendanaan yang terbagi dalam ekuitas senilai $43 juta dan debt capital senilai $65 juta ini rencananya akan digunakan untuk mengembangkan solusi keuangan yang ditawarkan dan menambah karyawan KoinWorks sebanyak 400 karyawan baru secara global untuk memenuhi kebutuhannya saat ini.

Chairman dan Co-founder KoinWorks Willy Arifin mengatakan, Indonesia adalah salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia, dengan jumlah usaha kecil menengah (UKM) yang saat ini mencapai lebih dari 62 juta.

Indonesia pun memiliki proyeksi nilai barang dagangan bruto sebesar $70 miliar tahun ini, dan jumlah itu diperkirakan akan tumbuh lebih dari dua kali lipat pada tahun 2025.

Namun, akses ke keuangan adalah kendala kedua yang paling sering dihadapi UKM ketika mencoba mengembangkan bisnis mereka di pasar negara berkembang.

Karena itu, sambungnya, KoinWorks akan terus memberdayakan UKM yang memiliki appetite dengan produk keuangan digital dengan sejumlah besar ekosistem produk yang mendukung pertumbuhan bisnis dan literasi keuangan untuk scale up bisnis mereka.

“Pemberdayaan UKM telah menjadi visi kami sejak pertama didirikan dan KoinWorks hadir untuk mendemokratisasi akses keuangan, serta menyingkirkan mitos bahwa akses keuangan hanya untuk kelas pengusaha tertentu,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (12/1).

Sementara itu menurut CEO dan Co-Founder KoinWorks, Benedicto Haryono, KoinWorks telah membuktikan bahwa membuka pintu untuk akses modal dan menyediakan sarana edukasi membantu UKM dalam meningkatkan penjualan mereka.

‘Selain itu, jika para UKM dapat memanfaatkan sepenuhnya semua solusi keuangan KoinWorks, potensi pertumbuhan UKM bisa jadi tidak terbatas,” ujarnya.

Sebagai platform solusi keuangan KoinWorks berfokus pada pasar yang underserved dan underbanked. Mereka menyediakan sarana bagi UKM dan freelancer untuk memulai perjalanan kewirausahaan dan mengembangkan bisnis dengan berbagai layanannya.

Konsep itu disebut mirip dengan Neobank untuk UKM. KoinWorks pun menyediakan layanan seperti NEO Account dan NEO Card, serta akses pinjaman.

Di platform KoinWorks, pengguna akan menemukan marketplace aplikasi terintegrasi seperti Software Akuntansi, POS, e-Commerce, HRMS untuk UKM, aplikasi Budgeting bersama produk-produk utama KoinWorks, seperti penyediaan modal kerja, anjak piutang, EWA (Early Wage Access), dan pengelolaan dana.

“Kami bangga dapat bersatu dengan tim yang memahami pentingnya setiap langkah dalam perjalanan kewirausahaan dan pertumbuhan UKM,” ucap Donald Wihardja, CEO MDI Ventures.

Sementara itu, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan, pihaknya sangat senang dapat mendukung KoinWorks dalam memperluas akses keuangan untuk lebih banyak lagi UKM di Indonesia.

Menurutnya, kerjasama dengan BUMN untuk KoinWorks NEO juga akan semakin memperkuat solusi keuangan bagi para UKM. Upaya ini sejalan dengan target presiden untuk memperkuat ekonomi digital bangsa dalam dua tahun melalui inklusi digital dan kolaborasi.

Adapun, selama pandemi Covid-19 KoinWorks berhasil melipatgandakan pengguna dalam 1 tahun menjadi 1,5 juta pengguna di seluruh Indonesia. Produk terbaru KoinWorks juga telah mendatangkan lebih dari 100.000 UKM pelanggan pada daftar tunggu yang dibuka sejak April 2021, yang saat ini mulai bisa menikmati produk tersebut secara bertahap.

Penulis: Nanda Aria

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Jadi UMKM Binaan Pertamina, Berpeluang Dapat Pinjaman hingga Rp 250 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmen mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.  Pelaku usaha kecil yang masih kebingungan mendapatkan modal...

Bujuk Elon Musk, Luhut Sodorkan Kawasan Industri Hijau Kaltara Buat Investasi Tesla

JAKARTA, duniafintech.com - Tesla bakal segera masuk ke ekosistem kendaraan dan baterai listrik Indonesia. Negosiasi investasi dari perusahaan milik miliarder Elon Musk itu dipimpin...

Waspada! Perusahaan Jual Beli Kripto Ini Ilegal, Binance Juga Tak Berizin 

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat mesti waspada, terbaru, ada perusahaan jual beli Kripto di Indonesia yang ilegal alias tak berizin.  Investasi uang kripto saat ini menjadi...

Kasusnya Diusut, Polisi Sebut Ada Karyawan Terraform yang Diduga Gelapkan Dana Perusahaan

JAKARTA, duniafintech.com - Unit Investigasi Kejahatan Dunia Maya Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan pada Senin, bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan penggelapan oleh...

Nilai Kripto Sedang Lesu, Ukraina Putar Otak Cari Dana Perang

JAKARTA, duniafintech.com - Ukraina berencana terus memanfaatkan investor kripto untuk membantu mengumpulkan dana. Meskipun kondisi anjloknya mata uang virtual ini sempat mengganggu upaya penggalangan...
LANGUAGE