Data Facebook Diretas, Begini Cara Tingkatkan Keamanan di Media Sosial

0
167
tingkatkan keamanan di media sosial
Ilustrasi

Duniafintech.com – Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa adanya transaksi penjualan nomer handphone di telegram. Pasalnya menurut laporan salah satu staff di perusahaan keamanan siber Hudson Rock, jutaan nomer para pengguna facebook telah di hack oknum tidak bertanggung jawab. Meski perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut sudah mengambil sejumlah langkah, seperti menerapkan “Scrypt” dan kunci kriptografi, tetap saja tingkatkan keamanan di media sosial secara mandiri perlu dilakukan.

Penggunaan media sosial sudah menjadi gaya hidup yang hampir dilakukan oleh semua orang. Adanya media sosial memudahkan untuk berkomunikasi dengan keluarga, saudara dan teman tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Namun dengan kemudahan yang didapatkan dari media sosial, tidak lantas menjadikan platform ini aman dari ancaman hecker. Untuk meminimalisir kejahatan siber, tingkatkan keamanan di media sosial dengan cara ini.

Buat Password yang Sulit Ditebak

Membuat password seringkali diabaikan oleh para pengguna media sosial. Banyak orang membuat password yang mudah ditebak berdasarkan tanggal lahir, nama, ataupun nomor hp karna alasan mudah diingat. Padahal membuat password yang sulit ditebak akan meminimalisir akun media sosial Anda di ambil alih pihak lain.Gunakan password yang terdiri dari variasi huruf dan angka. Semakin banyak variasi semakin tinggi kekuatannya.

Baca Juga:

Hindari Menyimpan Password di Device Lain

Jika Anda mengakses media sosial melalui device lain seperti laptop kantor atau warnet pastikan tidak menyimpan password secara otomatis di browser. Melakukan penyimpanan password tentu akan memudahkan ketika login secara otomatis, namun hal ini tentu berbahaya bagi keamanan akun media sosial jika komputer atau laptop Anda digunakan oleh orang lain.

Sertakan Nomor Hp untuk Tambahan Keamanan

Menyertakan nomor hp dihalaman konfigurasi medsos adalah salah satu agar akun Anda aman dari hecker. Jika ada pihak ketiga ingin mengambil alih akun medsos Anda, akan terdeteksi melalui konfirmasi via sms. Jangan berikan kode verifikasi kepada siapapun serta pastikan opsi yang dipilih untuk nomor hP Anda adalah privat.

Ganti Password Secara Berkala

Sebaiknya Anda sering mengganti password secara berkala. Ganti password baru jika sudah digunakan bertahun-tahun. Biasanya akun medsos akan memberikan notifikasi untuk mengganti password jika ada permasalahan keamanan. Segera ganti sebelum ada pihak ke tiga mengambil alih akun medsos Anda.

Perlakukan akun media sosial Anda layaknya barang berharga. Jangan sampai terjerat penipuan akibat tidak tingkatkan keamanan di media sosial.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here