25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Rekomendasi Dompet Bitcoin Terbaik, Ini Daftarnya

Dompet bitcoin adalah tempat terbaik untuk menyimpan mata uang kripto dan memvalidasi transaksi dengan mata uang kripto tersebut. 

Selain itu sejumlah dompet digital yang ada saat ini hampir semuanya sudah terdaftar di Bagian Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Jadi, dengan mempunyai bitcoin wallet ini pemiliknya akan memiliki “kunci pribadi” yang disesuaikan dengan alamat tujuan bitcoin mereka.

Pada dasarnya ada beberapa tipe dari bitcoin wallet, yaitu online, software, atau hardware dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan dari bitcoin wallet tersebut. Namun, jika dilihat menurut jaminan keamanan secara umum memang bitcoin wallet berupa software dan hardware memiliki nilai lebih aman ketimbang bitcoin wallet online.

Jenis e-Wallet Bitcoin

Pada umumnya bitcoin wallet memiliki tiga jenis dompet yang digunakan untuk menyimpan mata uang kripto (cryptocurrency), yaitu:

  1. Bitcoin Wallet Mobile

Bitcoin wallet mobile atau online merupakan aplikasi maupun akun di situs dengan pembayaran yang bisa memanfaatkan QR CODE untuk menyimpan uang kripto ke dalam bitcoin wallet melalui bitcoin address.

  1. Bitcoin Wallet Desktop

Bitcoin wallet desktop merupakan jenis wallet software yang memanfaatkan ekosistem dari sistem operasi komputer.

  1. Bitcoin Wallet Fisik

Bitcoin wallet jenis ini biasa dikenal dengan istilah hardware wallet alias fisik, keamanan yang dijamin oleh jenis bitcoin wallet ini tentunya menjadi nomor satu soal tempat yang paling aman untuk menyimpan bitcoin dalam jumlah besar.

Jenis-jenis bitcoin wallet di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi perlu untuk mengetahui untuk memilih bitcoin wallet untuk dijadikan pilihan dalam menyimpan mata uang kripto.

6 Rekomendasi Pilihan Dompet Bitcoin Indonesia Terbaik

Pasalnya untuk memulai investasi mata uang kripto adalah memenuhi salah satu syarat utamanya, yaitu memilih dompet bitcoin terpercaya dan aman untuk memastikan mata uang kripto tidak hangus atau hilang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk memilih bitcoin wallet yang bisa dijadikan tempat untuk menyimpan mata uang kripto, terutama bitcoin.

  1. Indodax

Pada saat berbicara tentang bitcoin wallet terbaik, Indodax adalah salah satu dompet mata uang kripto yang paling direkomendasikan sebagai pilihan pertama bagi investor aset digital di Indonesia. Indodax yang merupakan salah satu pionir bitcoin wallet Indonesia dengan keamanan yang mumpuni menjadi sebab utama Indodax menjadi pilihan pertama sebagai dompet mata uang kripto bagi para investor aset digital.

Selain itu, Indodax juga menyediakan tempat untuk melakukan transaksi jual-beli bitcoin beserta aset digital lainnya. Indodax juga telah memiliki izin yang sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia.

  1. Electrum

Electrum adalah dompet mata uang kripto terutama bitcoin yang memiliki sistem sederhana dan relatif lebih cepat yang bisa dijadikan pilihan sebagai bitcoin wallet untuk para investor aset digital. Electrum merupakan jenis dompet mata uang digital yang berupa software yang dijalankan di komputer. 

Electrum bisa didapatkan melalui sistem operasi dan perangkat, seperti Windows, Linux, Mac, dan juga Android. Dompet kripto electrum ini adalah salah satu alternatif dompet kripto terbaik yang menggunakan sumber daya yang rendah.

  1. Trezor

Trezor merupakan salah satu dompet digital cryptocurrency yang memiliki keamanan data pribadi terbaik yang mengedepankan keamanan. Sehingga trezor dikenal sebagai bitcoin wallet yang paling aman dan termasuk sebagai jenis dompet fisik.

Trezor yang sifatnya mirip-mirip dengan USB drive yang membuat pemiliknya tetap terhubung ke komputer, smartphone, tablet, atau perangkat lainnya yang digunakan untuk mengakses aset digital yang sudah didapatkan. Trezor juga menyediakan 600 lebih mengenai jenis aset kripto lainnya yang bisa dibeli tanpa perlu khawatir soal keamanannya.

  1. Exodus

Exodus merupakan salah satu pilihan dari dompet digital terbaik untuk menyimpan mata uang kripto bagi para investor aset digital, karena dapat digunakan dengan sangat mudah melalui ponsel maupun desktop dengan bebas tanpa adanya gangguan. Exodus merupakan salah satu dompet kripto yang mengedepankan keamanan sama seperti trezor. 

Exodus ini merupakan dompet kripto software yang bisa berjalan di ponsel atau desktop tanpa hambatan dengan sistem operasi yang sesuai untuk menjalankan software Exodus, antara lain Windows, Mac, dan Linux. Exodus merupakan salah satu dompet kripto yang tidak memerlukan rekening bank, karena di Exodus tidak perlu membagikan informasi personal untuk bertukar aset kripto sehingga bitcoin bisa dibeli dengan mudah menggunakan deposito fiat.

  1. Blockchain

Blockchain merupakan dompet kripto yang bisa diakses secara online. Blockchain termasuk sebagai salah satu dompet kripto terbaik yang mampu menyimpan lebih dari satu jenis mata uang digital, seperti Bitcoin Cash (BCH), Ethereum (ETH), dan juga Stellar.

Blockchain juga menyediakan tempat untuk melakukan jual-beli aset digital yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan Blockchain yang bisa diakses melalui smartphone. Jadi, bagi para pengguna Android maupun iOS bisa bebas untuk mengakses salah satu pilihan bitcoin wallet terbaik ini kapan saja dan di mana saja dengan koneksi internet yang stabil.

  1. Coinbase

Terakhir yang bisa dijadikan pilihan untuk menyimpan mata uang kripto, terutama bitcoin adalah dompet mata uang digital coinbase. Sama seperti Blockchain, Coinbase juga merupakan salah satu dompet digital terbaik yang digunakan oleh segelintir investor aset digital untuk menyimpan hasil perolehan mata uang kripto mereka. Terkait urusan keamanan dari Coinbase, tentunya tidak perlu diragukan lagi karena coinbase merupakan salah satu dompet kripto yang unggul dalam hal itu. Namun, dompet digital ini akan mengutip biaya transaksi.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah sekarang ini investasi aset digital banyak sekali dilakukan oleh para investor di Indonesia yang baru maupun yang sudah terjun ke dunia investasi. Sehingga sangat penting untuk memiliki dompet bitcoin Indonesia terbaik yang dapat menyimpan hasil dari mata uang digital yang sudah dihasilkan oleh para investor aset digital. Seperti yang sudah disebutkan tadi mengenai dompet kripto yang bisa dijadikan pilihan untuk menyimpan semua aset digital yang sudah diperoleh dari para investor aset digital.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE