25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

El Salvador Membeli 200 Bitcoin Pertama, Harga Bitcoin Malah Terjun

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan di Twitter bahwa pemerintahnya telah membeli 200 Bitcoin pada hari Senin, 6 September 2021. Namun, pasca pembelian itu, Bitcoin malah terjun dari USD52.000 ke USD43.000.

Momen itu merupakan sehari sebelum Undang-Undang Bitcoin negara itu, yang akan membuat tender legal cryptocurrency di negara Amerika Tengah, mulai berlaku.

“El Salvador baru saja membeli 200 bitcoin pertamanya,” tulisnya. “Broker kami akan membeli lebih banyak saat tenggat waktu mendekat. #BitcoinDay #BTC”

Bitcoin menyentuh $51,883,07, naik 1,84% dalam 24 jam terakhir, menurut CoinDesk. Kenaikan ini membuat harga Bitcoin menembus harga tertingginya dalam tiga bulan terakhir.

Baca Juga : Ernest Prakasa Jual Apartement, Terima Pembayaran Bitcoin dan Ethereum

Baca Juga : Perusahaan Keuangan Jerman, Union Investment akan Tawarkan Bitcoin ke Kliennya

Sebelum tweet Bukele, ada peningkatan jumlah pengguna di platform media sosial termasuk Twitter dan Reddit yang meminta orang untuk membeli sejumlah kecil Bitcoin untuk mendukung rencana El Salvador untuk membuat tender legal bitcoin.

Dari Hasil laporan Bloomberg, banyak investor bertaruh bahwa berita tersebut dapat memberikan peningkatan harga pada Raja Kripto.

Pada bulan Juni, Bukele mengumumkan bahwa Undang-Undang Bitcoin akan mulai berlaku pada 7 September. Pemerintahannya akan menggunakan e-wallet Chivo, yang telah diisi dengan bitcoin senilai US$30 untuk semua orang yang mengunduhnya.

Pemerintah El Salvador juga telah bekerja membangun infrastruktur untuk mendukung Undang-Undang Bitcoin yang baru, termasuk menciptakan kepercayaan bitcoin senilai $150 juta untuk memfasilitasi pertukaran antara bitcoin dan dolar AS di negara tersebut.

Undang-undang tersebut disahkan oleh mayoritas super di legislatif El Salvador, dengan 62 anggota memberikan suara mendukung RUU tersebut, 19 menentang dan tiga abstain.

Namun, berbeda dengan undang-undang aslinya, Bukele pada 23 Agustus menegaskan bahwa penggunaan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah tidak akan diwajibkan.

“Jika seseorang ingin terus membawa uang tunai, tidak menerima bonus masuk, tidak memenangkan pelanggan yang memiliki bitcoin, tidak mengembangkan bisnis mereka dan membayar komisi untuk pengiriman uang, mereka dapat terus melakukannya,” tweet Bukele saat itu.

Bitcoin Sudah Sah di El Salvador

Bitcoin sekarang secara resmi menjadi alat pembayaran yang sah di El Salvador, tiga bulan setelah Undang-Undang Bitcoin disahkan oleh badan legislatif negara tersebut.

Sementara langkah itu menandai yang pertama di dunia, Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan dalam sebuah tweet bahwa “proses bitcoin” di negara itu dilengkapi dengan “kurva pembelajaran.”

“Kita harus mematahkan paradigma masa lalu,” kata Bukele. “El Salvador memiliki hak untuk bergerak menuju dunia pertama.”

Badan legislatif El Salvador mengesahkan undang-undang tersebut pada 9 Juni oleh mayoritas super, dengan 62 anggota memberikan suara mendukung RUU tersebut, sementara 19 menentang dan tiga abstain. Crypto secara resmi menjadi alat pembayaran yang sah pada hari Selasa.

Penggunaan Bitcoin bertepatan dengan dolar AS, yang telah beredar di seluruh negeri sejak 2001.

Barang, jasa, dan bahkan pajak sekarang dapat dibayar menggunakan Bitcoin. “Setiap agen ekonomi” harus menerima penggunaan bitcoin sebagai bentuk pembayaran yang sah menurut hukum.

Undang-undang tersebut bukannya tanpa kontroversi atau pertentangan, dengan beberapa orang menyebutnya sebagai inkonstitusional. Pada bulan Juni, Dana Moneter Internasional mengatakan langkah El Salvador mengangkat sejumlah masalah ekonomi makro, keuangan, dan hukum.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE