33.6 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Pemerintah El Salvador Wajibkan Toko Terima Pembayaran Bitcoin

Pemerintah El Salvador mewajibkan toko-toko di negaranya harus menerima pembayaran dengan Bitcoin. Sebelumnya, negara ini tidak memiliki mata uang sendiri dan hanya menerima US Dollar.

Dalam sebuah wawancara dengan media lokal, Javier Argueta, penasihat hukum untuk Rumah Kepresidenan El Salvador, mengklasifikasi kewajiban bisnis sehari sebelum Undang-Undang Bitcoin kontroversial negara yang mengakui BTC sebagai alat pembayaran yang sah mulai berlaku.

Penasihat hukum Presiden El Salvador telah menyatakan bahwa bisnis diberi mandat untuk menerima Bitcoin dari pelanggan. Tetapi mereka dapat memilih apakah mereka akan menerima BTC atau dolar AS setelah transaksi diselesaikan.

Pemerintah El Salvador menekankan bahwa wajib bagi bisnis atau pertokoan dan seluruh bentuk jasa dan transaksi  “memiliki dompet elektronik” untuk menerima Bitcoin, namun “Dalam transaksi. Anda memiliki keinginan untuk menerima Bitcoin atau dolar, itulah sebabnya mengapa sukarela.” katanya dikutip dari coindesk, Rabu (8 September 2021).

Baca juga:

El Salvador Membeli 200 Bitcoin Pertama

Majelis Legislatif El Salvador menyetujui $150M Bitcoin Trust

Jika Tidak Mau Terima Pembayaran Bitcoin akan Dihukum

Pejabat itu menambahkan bahwa bisnis yang menolak menerima Bitcoin akan beroperasi dengan melanggar peraturan setempat.

Dompet Chivo pemerintah memungkinkan pengguna untuk memproses transfer dalam Bitcoin dan dolar AS. Dompet tersebut dikelola dalam kemitraan dengan pertukaran kripto Meksiko Bitso.

Aplikasi ini juga memungkinkan pedagang untuk secara otomatis mengubah Bitcoin yang mereka terima menjadi dolar.

Klarifikasi muncul ketika bisnis lokal menentang bahasa yang terkandung dalam Undang-Undang Bitcoin yang menyatakan pedagang “harus” menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran, dengan perwakilan dari sektor swasta mendorong undang-undang tersebut untuk ditulis ulang.

McDonald Sudah Terima Pembayaran Bitcoin di El Salvador

Bitcoin sebagai pembayaran menjadi kenyataan di El Salvador setelah negara tersebut secara resmi mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran yang sah.

Pengakuan El Salvador atas Bitcoin (BTC) sebagai alat pembayaran yang sah telah membuka opsi pembayaran baru bagi warganya. Restoran makanan cepat saji McDonald dilaporkan menerima pembayaran dalam cryptocurrency melalui Lightning Network.

Wartawan Aaron van Wirdum menyampaikan berita itu Selasa setelah dia mengunjungi restoran McDonald’s di El Salvador, di mana dia disajikan dengan kode QR tercetak yang mengarahkannya ke halaman faktur di Lightning Network. McDonald’s memiliki 19 lokasi di seluruh negara Amerika Latin pada 2019.

Baru saja masuk ke McDonald’s di San Salvador untuk melihat apakah saya bisa membayar sarapan saya dengan bitcoin, tbh sepenuhnya berharap untuk diberitahu tidak.

Tapi lihatlah, mereka mencetak tiket dengan QR yang membawa saya ke halaman web dengan faktur Lightning, dan sekarang saya menikmati tradisional desayuno saya!

Lightning Network kemungkinan akan terbukti sangat berharga jika El Salvador berharap untuk mencapai adopsi massal pembayaran Bitcoin. Di luar transaksi langsung, bagaimanapun, langkah Bitcoin El Salvador dapat terbukti berhasil dengan merampingkan pengiriman uang global, meningkatkan kekayaan warganya dan menarik pengusaha yang berfokus pada kripto ke negara tersebut.

Presiden Nayib Bukele mengkonfirmasi pada hari Senin bahwa pemerintahnya telah membeli Bitcoin pertamanya. Pada hari Selasa, negara tersebut memiliki 550 BTC dalam cadangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE