33.9 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Kolaborasi dengan Bank Mandiri, Kementerian BUMN Gelar FDN 2021

JAKARTA, duniafintech.com – Festival Diskon Nasional 2021 (FDN 2021) akan digelar pada 1—31 Desember 2021. Dengan tema “Jakarta Punya Diskon”, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong minat masyarakat untuk berbelanja produk lokal serta mempromosikan berbagai produk lokal ternama serta hasil kreasi Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) di DKI Jakarta.

“Acara yang akan terselenggara mulai 1—31 Desember 2021 secara hybrid ini akan menjadi salah satu ajang promosi terbesar yang dilaksanakan di berbagai merchant, baik konvensional maupun online, serta menitikberatkan pada titik ikonik DKI Jakarta yang menjadi titik pusat sentral, di mana kolaborasi, kegembiraan, bisnis lokal, dan pembeli bersatu untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat,” kata Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN sekaligus Ketua Tim Pengarah Festival Diskon Nasional 2021, Loto Srinaita Ginting, seperti dilangsir dari Bisnis.com, Kamis (2/12).

Adapun sebagai rangkaian dari kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diusung oleh pemerintah,  FDN 2021 menjadi program penutup akhir tahun pada rangkaian kegiatan BBI yang dijalankan oleh Kementerian BUMN selaku Campaign Manager Gernas BBI dan merupakan hasil sinergi berbagai kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Pada kesempatan ini, Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Bank Mandiri dalam pelaksanaan kegiatannya, dengan harapan dapat memberikan kontribusi nyata untuk membawa ekonomi Indonesia bisa keluar dari tekanan pandemi Covid-19.

“Kegiatan FDN 2021 dilaksanakan selaras dengan Misi #BanggaBuatanIndonesia yang merupakan gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM dengan memaksimalkan penjualan produk-produk lokal yang dilakukan dengan kegiatan kurasi dan digitalisasi UMKM, mengutamakan produk UMKM dalam pengadaan yang dilaksanakan oleh pemerintah, serta mendorong rasa cinta produk lokal oleh masyarakat yang diharapkan mampu mendorong percepatan kebangkitan ekonomi,” ucap Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri sekaligus Koordinator Festival Diskon Nasional 2021, Aquarius Rudianto.

Diketahui, FDN 2021 berkolaborasi dengan idEA atau Indonesia E-Commerce Association lewat penyelenggaraan “Hari Belanja Online Nasional” (Harbolnas) pada 11—12 Desember 2021. Bukan hanya produk yang dijual secara online, kegiatan ini pun menggandeng Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) dengan mensinergikan program “Hari Belanja Diskon Indonesia” (HBDI), utamanya pada Anggota HIPPINDO yang berada di DKI Jakarta.

Sejumlah mitra kolaborasi yang ikut mendukung FDN 2021 adalah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemenparekraf, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dekranas, iDEA, Sarinah, Munik, Hippindo, Jakarta Creative City Forum (JCCF), dan Bank Mandiri.

Diketahui, FDN 2021 pun mengikutsertakan 12 BUMN, lebih dari 50 e-Commerce, lebih dari 1.000 pengusaha lokal, lebih dari 50 ribu UMKM, dan 4 penyelenggara Uang Elektronik.

Adapun dalam seluruh rangkaian program ini, masyarakat bakal menikmati beragam program dan penawaran menarik, baik dalam bentuk program diskon khusus maupun cashback yang akan dikemas secara online dalam bentuk Flash Sale, Live Shopping, Virtual Expo, dan Webinar. Untuk kegiatan offline acara ini berupa FDN Market, Pop Up Store, serta in store promotion, yang tentu saja tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Masyarakat juga bisa mengakses website www.festivaldiskonnasional.com untuk mengetahui rangkaian kegiatan FDN 2021 ini. Dalam perhelatan ini, akan juga disajikan pengalaman yang unik dalam menjelajah kota DKI Jakarta secara virtual, berinteraksi menggunakan avatar yang dapat dikustomisasikan, mengunjungi landmark isometric DKI Jakarta, serta mengikuti aneka permainan serta kegiatan virtual yang telah dipersiapkan, mulai dari workshop, live shopping, sampai kunjungan kepada virtual booth UMKM yang bakal menyajikan produk UMKM kebanggaan DKI Jakarta.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE