26.7 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Financial Freedom di Usia Muda? Inilah Tips untuk Mencapainya

JAKARTA, duniafintech.com – Financial freedom di usia muda adalah keinginan banyak orang. Namun, apa tips atau kiat untuk mencapainya?

Keinginan untuk mencapai kebebasan finansial ini pun pada akhirnya telah menandakan bahwa kamu berkesempatan untuk pensiun lebih cepat atau mencoba pekerjaan baru tanpa mesti takut untuk mendapatkan jumlah tertentu setiap tahunnya.

Nah, untuk mengetahui cara mewujudkannya, simak ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Apa Itu Financial Freedom? Kenali Manfaat hingga Ciri-cirinya!

Financial Freedom di Usia Muda: Apa Itu Financial Freedom?

Sebagai pengingat kembali, kebebasan finansial merupakan kondisi saat seseorang telah mampu atau sanggup secara finansial untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan tanpa khawatir lagi akan kekurangan.

Adapun kebebasan secara finansial ini juga dapat ditandai dengan kondisi di kala kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk bekerja sejak pagi hingga petang, tetapi penghasilan yang melimpah tetap datang dengan lancar.

Dengan mencapai kebebasan finansial ini, tentunya kamu akan punya lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukai. Kamu pun sudah tidak perlu pusing lagi dengan keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup karena telah memiliki penghasilan yang mengalir terus tanpa harus bekerja keras.

Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara disiplin jika kamu ingin segera mencapai kebebasan finansial. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Tujuan Hidup dan Kebutuhan

Pertama, kamu perlu menentukan secara spesifik seberapa banyak uang yang perlu kamu kumpulkan dan kamu pun mesti menetapkan deadline. Untuk menentukan hal ini, kamu bisa melakukannya dengan memilih gaya hidup yang akan kamu jalani, seberapa banyak uang yang kamu perlukan untuk menjalani gaya hidup tersebut, dan pada usia berapa sekiranya kamu bisa mendapatkan uang sebanyak itu.

2. Kenali Kondisi Keuangan Saat Ini sebagai Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Berikutnya, kamu harus mengenali kondisi keuangan yang dimiliki. Dalam hal ini, pahami kondisi keuangan pribadi dan pastikan bahwa pendapatan yang dimiliki dapat sepenuhnya mencukupi kebutuhan.

3. Buat Rencana Keuangan dengan Detail

Selanjutnya, kamu harus melakukan perencanaan keuangan jangka panjang yang matang. Pentingnya menerapkan cara mengatur keuangan yang tepat ini akan menentukan seberapa lama financial freedom dapat tercapai. Dalam hal ini, kamu mesti bisa mengalokasikan setiap pos-pos pengeluaran dengan bijak.

4. Atur dan Jaga Cashflow dengan Baik sebagai Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Perencanaan keuangan bisa kamu gunakan untuk menghitung cash flow, menyusun strategi dan financial goals, hingga mengukur net worth yang dimiliki. Dalam hal ini, kamu pun bisa membagi perencanaan keuangan ke dalam rencana jangka pendek, jangka sedang, dan jangka panjang. Dengan perencanaan keuangan yang matang, kamu juga dapat membagi pemasukan ke dalam beberapa kategori untuk digunakan.

Baca juga: Ayo! Upgrade Finansial Tahun 2022 dengan Beberapa Tips Berikut Ini

5. Segera Lunasi Utang

Adapun langkah paling signifikan untuk mencapai kebebasan finansial, yaitu dengan terbebas dari utang. Financial freedom di usia muda sendiri pada dasarnya bisa dicapai di kala seseorang sudah memiliki pendapatan yang stabil dan terbebas dari utang. Maka dari itu, kamu perlu memprioritaskan untuk melakukan pelunasan atas utang-utang yang dimiliki dengan menekan pengeluaran tidak perlu atau menambah pendapatan.

Financial Freedom di Usia Muda

6. Bedakan antara Tabungan dan Dana Darurat

Di samping tabungan wajib per bulan yang telah disisihkan, kamu juga perlu menyediakan pos dana darurat. Memisahkan kedua saving ini akan membuat kondisi finansial kamu lebih stabil. Dana darurat ini bisa kamu ambil sewaktu-waktu saat kondisi tertentu terjadi di luar dugaan. Sementara itu, tabungan sebaiknya tidak diambil karena untuk keperluan di masa depan yang sudah kamu rencanakan di awal.

7. Tambah Sumber Penghasilan sebagai Tips Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Kamu juga bisa mencoba mencari alternatif pemasukan lain atau sumber penghasilan lainnya untuk meraih kebebasan finansial di usia mudah. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba menjadi freelancer atau pekerja lepas, mengajar kursus, bergabung internship, atau mengerjakan side-hustle dengan buka bisnis kecil-kecilan. Di samping akan menambah pengalaman dan portfolio kamu kegiatan tersebut juga akan menambah pundi-pundi keuanganmu.

8. Proteksi Diri dan Keluarga dengan Asuransi

Berikutnya, kamu perlu melindungi dirimu dan keluarga terdekat, termasuk seluruh harta dan aset yang kamu punya dengan kepemilikan asuransi. Tanpa adanya perlindungan asuransi, kamu akan menghadapi hidup yang serba tidak pasti dan masa depanmu bergantung sepenuhnya pada fakta apakah kamu akan terus sehat dan produktif ataukah tidak.

9. Berinvestasi di Aset Riil

Penting juga bagi kamu untuk berinvestasi di aset riil dan salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan membeli properti untuk kemudian disewakan dan menjadi penghasilan pasif yang datang tanpa perlu kerja keras.

10. Mulai Berinvestasi di Aset Keuangan

Terdapat beberapa aset finansial yang bisa dikembangkan di dunia investasi, misalnya saham, obligasi, emas, dan P2P lending. Nah, sebelum memilih instrumen investasi yang tepat, pastikan bahwa kamu telah mengetahui tingkat risiko dan keuntungan masing-masing instrumen.

Sekian ulasan tentang financial freedom di usia muda yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: AXA Financial Indonesia: Produk dan Pilihan Polisnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE