33.1 C
Jakarta
Minggu, 24 Oktober, 2021

Fintech Pinjaman Mulai Merambah di E-commerce! Siapa Saja Mereka?

DuniaFintech.com – Eksplorasi jasa pinjaman keuangan personal berbasis teknologi, atau fintech P2P Lending, semakin meluas ke berbagai ekosistem ekonomi digital yang ada. Kali ini, fintech pinjaman mulai membuka berbagai layanannya di e-commerce.

Sebagai layanan perniagaan berbasis digital, e-commerce menjadi ‘primadona’ berbagai konsumen yang ingin memenuhi kebutuhannya di masa pandemi saat ini. Layanan yang erat dalam ekosistem dan industri perekonomian digital tersebut dirasa menjadi segmen yang tepat untuk layanan fintech pinjaman bernaung.

Ada pun salah satu e-commerce yang membuka layanan fintech pinjaman yakni Shopee. Bernama Shopee Pinjam, layanan ini memberikan akses pinjaman kepada mitra/merchant Shopee yang telah terkualifikasi untuk mendapatkan layanan.

Cara untuk mengajukan pinjaman juga terbilang praktis. Para merchant terpilih dapat mengisi formulir yang tersedia di banner halaman utama, atau mendapatkan notifikasi dari pihak Shopee. Setelah formulir diserahkan, pihak Shopee akan menghubungi dalam waktu 2 hari setelahnya.

Maksimal pinjaman dari Shopee Pinjam bernilai Rp 10 juta, dengan masa pinjaman mencapai 6 bulan. Bunga yang diterapkan dalam pinjaman mencapai 0,99% perbulan dengan total mencapai Rp 594 ribu.

Baca juga:

Fintech Pinjaman Lirik E-commerce

Selanjutnya, e-commerce yang mulai membuka layanan fintech pinjaman adalah Tokopedia. Didukung oleh salah satu penyelenggara keuangan, Dhanapala, layanan pinjaman personal tersebut membuka pinjaman konsumtif dan produktif.

Sebagai pendukung layanan, Dhanapala terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Agustus 2019. Selain itu, peran Dhanapala dalam layanan fintech pinjaman di Tokopedia juga terletak dalam struktur perusahaan.

Ada pun mereka ialah Nuraini Razak, Vice President of Corporate Communications Tokopedia yang berposisi sebagai komisaris Dhanapala, serta Nadhira Ayuningtyas sebagai COO yang juga berperan sebagai Head of Fintech Product di Tokopedia.

Proses verifikasi layanan fintech di Tokopedia juga terbilang cepat. Dibutuhkan kurang dari 1 jam untuk menyelesaikan proses serta pencairan dana. Secara umum, layanan fintech pinjaman di Tokopedia memiliki sistem dan aturan yang sama seperti penyelenggara pada umumnya.

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Panduan Sukuk Terlengkap untuk Investasi Obligasi Syariah

Investasi obligasi belakangan ini kian diminati sehingga panduan sukuk terlengkap sangat penting untuk diketahui. Istilah sukuk yang menjadi lini investasi ini prospeknya dilirik oleh...

Bunga Bank: Hukum, Faktor yang Mempengaruhi, dan Jenisnya

Bunga bank atau bank interest adalah salah satu istilah perbankan terpopuler, yang meski seringkali didengar, tetapi masih banyak orang yang belum begitu dekat dengan...

Kenali 12 Prinsip Asuransi Syariah sesuai Syariat Islam

Sebagaimana diketahui, prinsip asuransi syariah harus sesuai dengan syariat Islam sebab jenis pertanggungan yang satu ini mendasarkan kriterianya sesuai dengan ajaran Islam. Saat ini,...

Keuntungan dan Cara Menjadikan Perusahaan Go Public

Perusahaan go public berarti perusahaan tersebut telah menawarkan sahamnya kepada masyarakat umum sesuai tata cara yang telah diatur oleh UU Pasar Modal dan Peraturan...

Pinjaman AwanTunai, Layanan Cicilan Online tanpa Kartu Kredit

Awantunai adalah pinjaman online tanpa kartu kredit sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi cicilan tanpa kartu kredit dan...
LANGUAGE