26.1 C
Jakarta
Minggu, 19 Mei, 2024

Fitur Kartu Kredit Terbaik 2024 yang Wajib Diketahui

Fitur kartu kredit apa saja ya? Kartu kredit dikenal dengan berbagai promosi menarik dan kemudahan yang ditawarkan. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum akrab dengan fitur kartu kredit yang memfasilitasi transaksi, seperti poin reward, air miles, dan lainnya. 

Terdapat juga fitur kartu kredit yang meningkatkan keamanan dalam bertransaksi. Agar lebih mengenal fitur kartu kredit, berikut adalah penjelasannya, seperti dinukil dari Cermati.com.

Fitur Kartu Kredit 

Berikut ini berbagai macam fitur kartu kredit yang penting untuk diketahui.

Baca juga: 3 Cara Melunasi Tagihan Kartu Kredit Lebih Awal

Fitur Kartu Kredit

1. Promo yang Berlimpah

Tentu, tidak dapat dimungkiri bahwa salah satu aspek yang paling menarik dari menggunakan kartu kredit adalah berbagai promo yang ditawarkan. 

Setiap penerbit kartu kredit berupaya memberikan promo yang paling menarik untuk menarik perhatian pengguna. Promo fitur kartu kredit yang umumnya diberikan oleh penerbit kartu kredit mencakup diskon, cashback, dan penawaran cicilan 0%.

Promo ini biasanya berlaku saat melakukan transaksi menggunakan mesin EDC atau aplikasi belanja. Namun, terkadang promo juga dapat diberikan setelah transaksi selesai. 

Dengan kata lain, bank penerbit kartu kredit memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mengonversi tagihan menjadi cicilan setelah transaksi dilakukan, yang dapat diatur melalui aplikasi m-banking dari bank yang bersangkutan.

2. Point Reward

Salah satu fitur kartu kredit yang sering menjadi daya tarik pada kartu kredit adalah program poin reward. 

Fitur ini dapat diperoleh ketika nasabah menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi. Semakin sering kartu kredit digunakan, semakin banyak poin reward yang dapat dikumpulkan.

Poin reward ini dapat digunakan untuk mengurangi jumlah pembelian atau bahkan membuat transaksi menjadi gratis. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang senang menggunakan kartu kredit untuk mengumpulkan poin reward.

3. Air Miles

Semua pelancong pasti menyadari bahwa perjalanan memerlukan pengeluaran yang signifikan, terutama untuk transportasi dan akomodasi. Hobi bepergian sering dianggap sebagai gaya hidup yang mahal, tetapi sebenarnya perjalanan tidak selalu mengharuskan pengeluaran besar.

Salah satu cara untuk menghemat biaya perjalanan adalah dengan memanfaatkan fitur kartu kredit bernama air miles. Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang suka bepergian, terutama dengan menggunakan pesawat. 

Setiap kali membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit, Anda akan mendapatkan air miles. Sebagaimana halnya dengan poin reward, ini memberi Anda kesempatan untuk mengurangi biaya transaksi atau bahkan mendapatkan perjalanan gratis. 

Dengan air miles, Anda juga dapat meningkatkan kelas penerbangan, misalnya dari ekonomi ke kelas bisnis.

4. Autopay

Tagihan yang muncul pada kartu kredit tidak selalu berasal dari transaksi pembelian, melainkan juga bisa dari tagihan rutin seperti pembayaran asuransi, listrik, air, internet, telepon, dan sebagainya. 

Untuk menghindari kerepotan dalam pembayaran setiap bulan, kamu dapat memanfaatkan fitur kartu kredit bernama autopay. Dengan menggunakan fitur ini, pembayaran tagihan bulanan dapat dilakukan secara otomatis, sehingga kamu tidak perlu selalu mengurusnya secara manual. 

Selain itu, fitur autopay juga membantu kamu untuk lebih pasti mengenai jumlah tagihan bulanan yang akan dibayarkan.

5. Contactless Payment

Penggunaan kartu kredit untuk transaksi offline biasanya melibatkan mesin EDC yang memerlukan proses gesek atau penyetelan kartu. 

Namun, sebagian kartu kredit saat ini telah dilengkapi dengan fitur fitur kartu kredit berupa pembayaran tanpa kontak (contactless payment). 

Dengan fitur ini, Anda hanya perlu melakukan tap atau mendekatkan kartu pada mesin EDC, tanpa perlu memasukkan PIN atau bahkan melakukan tanda tangan.

6. Aplikasi Mobile

Ketika menggunakan kartu kredit, pasti Anda ingin segera mengetahui sejauh mana batas limit yang telah digunakan, detail transaksi yang sudah tercatat, dan informasi lainnya. Menunggu hingga tanggal cetak dapat memakan waktu yang cukup lama.

Untungnya, kini Anda tidak perlu menunggu lama. Hampir semua penyedia kartu kredit telah menyediakan aplikasi mobile sebagai salah satu fitur kartu kredit. 

Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat dengan cepat memperoleh informasi tentang batas limit, transaksi yang sudah dicatat secara real-time, bahkan mengatur pembayaran tagihan menjadi cicilan.

7. QRIS Payment

Salah satu fitur kartu kredit yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi adalah pembayaran menggunakan QRIS (Quick Response Code). Beberapa penyedia kartu kredit telah menyertakan layanan ini dalam aplikasi mobile mereka.

Dengan QRIS Payment, Anda tidak perlu lagi membuka dompet dan mengeluarkan fisik kartu kredit. Fitur ini sangat mudah digunakan. 

Cukup membuka aplikasi mobile dari penyedia kartu kredit, akses fitur QRIS Payment, lalu scan QRIS yang disediakan. Selanjutnya, Anda hanya perlu memilih sumber dana yang diinginkan untuk menyelesaikan transaksi.

Baca juga: 4 Cara Mengaktifkan PIN Kartu Kredit Agar Aman Bertransaksi

Fitur Kartu Kredit

8. Tarik Tunai

Penarikan tunai atau cash advance adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang tunai melalui kartu kredit. Seperti halnya kartu debit, kartu kredit juga dapat digunakan di ATM untuk melakukan penarikan uang.

Namun, sebaiknya fitur kartu kredit ini hanya digunakan dalam keadaan darurat. Hal ini dikarenakan jumlah uang yang ditarik melalui cash advance akan dimasukkan ke dalam tagihan kartu kredit Anda. 

Selain itu, terdapat biaya penarikan tunai yang tidak kecil. Oleh karena itu, sebaiknya digunakan dengan bijak.

9. Pinjaman dari Kartu Kredit

Selain opsi tarik tunai, kamu juga memiliki alternatif untuk mendapatkan uang tunai dari kartu kredit melalui fitur pinjaman. Beberapa penyedia kartu kredit menawarkan opsi pinjaman kepada nasabahnya. 

Umumnya, fitur pinjaman dari kartu kredit ini bersifat undangan, yang berarti pihak penyedia kartu kredit yang akan langsung menawarkan pinjaman kepada nasabah, bukan nasabah yang mengajukan.

Karena bersifat undangan, fitur ini biasanya hanya ditawarkan kepada nasabah yang telah menggunakan kartu kredit secara rutin. Selain itu, nasabah yang mendapatkan tawaran biasanya memiliki riwayat pembayaran kartu kredit yang lancar.

10. Balance Transfer

Fitur kartu kredit bernama balance transfer adalah proses pemindahan saldo atau sisa tagihan dari satu kartu kredit ke kartu kredit lainnya. Dengan melakukan balance transfer, kamu dapat membayar sisa tagihan di kartu kredit yang baru.

Umumnya, fitur ini dimanfaatkan saat kamu melakukan penutupan kartu kredit dan mendapatkan kartu pengganti dari penyedia kartu kredit yang sama. 

Sebagai contoh, jika kartu kreditmu mengalami kebocoran data dan kamu meminta penggantian kartu, pihak penyedia kartu kredit akan mengganti kartu lama dan melakukan pemindahan sisa tagihan ke kartu baru.

Namun, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya kamu mengkonfirmasi terlebih dahulu dengan penyedia kartu kredit apakah fitur balance transfer tersedia untuk kartu kreditmu.

11. Cicilan

Setiap transaksi yang tercatat dalam tagihan kartu kredit dapat diubah menjadi cicilan, memungkinkan kamu untuk meringankan beban tagihan pada bulan berikutnya.

Namun, penting untuk memastikan dengan penyedia kartu kredit mengenai mekanisme sistem cicilan ini. Sebagian besar penyedia kartu kredit menetapkan batas nominal minimum yang dapat dicicil, sehingga perlu untuk mengetahui ketentuan tersebut.

12. Asuransi Kartu Kredit

Seperti asuransi pada umumnya, asuransi kartu kredit memberikan perlindungan kepada nasabah pengguna kartu kredit. 

Perlindungan ini melibatkan pembebasan tanggung jawab untuk membayar tagihan, terutama dalam situasi ketika nasabah mengalami kecelakaan atau sakit yang mengakibatkan ketidakmampuan fisik, bahkan dalam keadaan meninggal dunia. 

Oleh karena itu, asuransi kartu kredit tidak hanya berperan dalam melindungi diri atau barang, tetapi juga melibatkan perlindungan terhadap pembayaran cicilan.

Fitur Kartu Kredit

Penutup

Demikianlah ulasan terkait fitur kartu kredit yang penting untuk diketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca juga: Menutup Kartu Kredit: 7 Langkah Penting yang Perlu Anda Ketahui

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU