26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate, Begini Cara Mengisinya

JAKARTA, duniafintech.com – Formulir pendaftaran Shopee Affiliate perlu diketahui oleh mereka yang sudah memahami apa itu Shopee Affiliate.

Seperti diketahui, saat ini ada banyak orang yang berbondong-bondong daftar Shopee Affiliate sejak minimal followers daftar Shopee affiliate dihapuskan.

Nah, untuk mengetahui seperti apa form Shopee affiliate, cara mengisinya, dan cara mendaftar Shopee affiliate dengan benar, simak ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dinukil dari Plugin Ongkos Kirim.

Baca juga: Cara Menggunakan Shopee Affiliate dengan 3 Tahapan Mudah

Apa Itu Shopee Affiliate?

Adapun Shopee affiliate program adalah sebuah program pemasaran produk-produk di Shopee lewat berbagai platform media sosial, mulai dari Facebook, Youtube, Instagram, hingga TikTok.

Sebetulnya, metode affiliate ini juga sudah jamak digunakan dalam dunia pemasaran dengan sebutan affiliate marketing. Oleh sebab itu, istilah ini pun muncul sebagai salah satu program pemasaran di beberapa marketplace.

Diketahui, program dari Shopee ini bisa dapat diikuti oleh penjual (seller) dan juga non-penjual di Shopee. Kalau sebelumnya ada ketentuan minimum jumlah followers maka saat ini Shopee tidak mengharuskan adanya minimal followers.

Saat ini, siapa saja yang menjadi content creator di sosial media dan memenuhi persyaratan minimumnya, ia akan berkesempatan untuk ikut program affiliate ini.

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate

Adapun cara untuk mendaftar Shopee affiliate yang pertama, yakni dengan terlebih dahulu mengisi formulir pendaftarannya. Dalam hal ini, ada 3 langkah untuk mengisi formulir pendaftarannya, dengan penjelasan sebagai berikut.

Langkah 1: Daftar Melalui Link Shopee Affiliate

Langkah pendaftarannya dimulai dengan mengunjungi link pendaftarannya. Untuk pendaftarannya bisa dilakukan oleh penjual dan juga non-penjual. Inilah langkahnya:

  • Kunjungi halaman pendaftaran resmi link Shopee affiliate pada laman https://affiliate.shopee.co.id/
  • Klik “Gabung Sekarang”;
  • Masukkan data login dan klik “Login” ke akun Shopee kamu. Kamu bisa memasukkan nomor HP/username/email yang kamu gunakan untuk membuat akun Shopee;
  • Selesai, kamu sudah login ke akun Shopee. Langkah pertama sudah berhasil.

Pendaftarannya dilakukan via browser. Caranya, buka lewat aplikasi Shopee yang biasa kamu gunakan. Kalau sudah masuk ke link pendaftaran maka selanjutnya kamu bisa mengisi formnya.

Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate

Langkah 2: Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate Tahap 1

Selanjutnya, kamu harus mengisi formulir yang tersedia di tahap 1. Di sini, yang diisi adalah Informasi Akun. Inilah cara mengisi formulir pendaftarannya:

  1. Pilih Tipe Akun: Enterprise atau Individual. Enterprise adalah perusahaan, sedangkan individual adalah akun untuk perorangan. Kamu bebas memilih salah satu.
  2. Isi Nama Depan dan Nama Belakang: kalau nama kamu terdiri dari tiga kata atau lebih maka kamu bisa memasukkan semuanya dengan memberi spasi.
  3. Pilih Sapaan: Tn – Ny – Nn. Di sini, kamu bisa memilih salah satu. Kalau laki-laki maka silakan pilih Tn yang berarti Tuan. Jika perempuan sudah menikah maka bisa pilih Ny atau Nyonya. Jika perempuan belum menikah maka pilih Nn atau Nona.
  4. Masukkan Tanggal Lahir: silakan pilih tanggal lahir yang sesuai dengan kartu identitas kamu seperti pada umumnya.
  5. Pilih Negara dan Wilayah: pastikan bahwa kamu memilih negara Indonesia. Pasalnya, Shopee ada di beberapa negara sehingga kamu harus memilih di negara mana kamu saat ini berada.
  6. Isikan Kota: masukkan kota di mana kamu tinggal sekarang.
  7. Isikan Alamat: masukkan alamat tempat tinggal kamu saat ini. Pastikan bahwa alamat yang kamu isikan spesifik.
  8. Isikan Kode Pos: kode pos yang kamu masukkan pun harus benar. Pasalnya, hal itu akan berpengaruh terhadap proses penerimaan Shopee affiliate.
  9. Masukkan Nomor Telepon: pastikan bahwa nomor telepon yang kamu masukkan adalah nomor yang aktif dan belum terdaftar Shopee affiliate. Soalnya, kalau sudah terdaftar Shopee affiliate maka tidak bisa digunakan pendaftaran lagi.
  10. Masukkan Alamat Email: masukkan alamat email yang kamu gunakan untuk membuat akun Shopee.

Baca juga: Berapa Keuntungan Shopee Affiliate? Ini Review Selengkapnya

Penting digarisbawahi, pastikan bahwa pengisian formulir pada tahap 1 ini benar sebab kalau tidak sesuai maka boleh jadi pendaftaran kamu akan ditolak. Setelah mengisi semuanya dengan benar, kamu bisa lanjut klik tombol “Selanjutnya” lalu kamu masuk ke tahap ke 2 pengisian formulir.

Langkah 3: Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Affiliate Tahap 2

Pada tahap ini, kamu harus mengisikan Informasi Sosial Media. Berikut ini panduannya:

  1. Masukkan Link Media Sosial

Pertama, silakan salin link sosial media yang akan kamu gunakan untuk promosi produk Shopee affiliate. Sosial medianya meliputi:

  • TikTok
  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
  • Dan lain-lain

Di sini, kamu bisa menambahkan sosial media lebih dari satu. Misalnya, kalau kamu aktif Instagram, TikTok, Facebook, dan YouTube maka kamu bisa memasukkan semuanya. Semakin aktif sosial media kamu, semakin besar pula kesempatan untuk diterima dalam program Shopee affiliate.

  1. Pilih Spesifikasi Kategori

Tersedia beberapa pilihan kategori affiliasi yang bisa dipilih:

  • Fashion
  • Elektronik
  • Dan lain-lain

Di sini, kamu juga bisa memilih lebih dari satu.

  1. Pilih Tipe Kemitraan

Berikut ini jenis-jenis tipe kemitraan yang bisa dipilih:

  • Situs cashback/kupon
  • Perbandingan harga
  • Network
  • Blogger/Media Sosial
  • Brand/Seller
  • Lainnya

Kalau kamu kesulitan memilih maka kamu bisa pilih Blogger/Media Sosial.

  1. Pilih opsi Bagaimana kamu mengetahui Shopee Affiliate Program?

Di sini, kamu hanya perlu mengisi dari mana kamu memperoleh informasi terkait dengan Shopee affiliate program. Kalau kamu diajak oleh Affiliates Team Leader maka kamu bisa mengisi kodenya di kolom yang tersedia. Kalau tidak maka silakan kosongkan saja.

  1. Terakhir, jangan lupa centang persetujuan syarat layanan dan kebijakan privasi Shopee.

Kalau sudah selesai mengisi semuanya maka kamu tinggal klik “Kirim” dan selesai sudah tahap pendaftarannya.

Adapun lamanya proses pendaftaran Shopee affiliate ini sekitar 3 hari. Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu informasi diterima atau tidaknya lewat email yang kamu gunakan untuk daftar.

Sekian ulasan tentang formulir pendaftaran Shopee Affiliate yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Membuat Link Shopee Affiliate hingga Share Custom Link

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE