26.2 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Program Free Ongkir Artinya Pengiriman Gratis, Ketahui Strategi dan Cara Menerapkannya Yuk!

JAKARTA, duniafintech.com – Free ongkir artinya adalah bebas ongkos kirim. Pengiriman gratis atau free ongkir merujuk pada kebijakan di mana penjual menawarkan pengiriman tanpa biaya kepada pembeli saat berbelanja di online shop atau e-commerce.

Ini adalah strategi promosi yang bertujuan untuk menarik minat pembeli sehingga mereka melanjutkan proses pembelian tanpa ragu.

Program pengiriman gratis sangat membantu pembeli, terutama jika produk yang mereka beli memiliki harga tinggi. Namun, meskipun memberikan banyak manfaat, beberapa penjual enggan mengadopsi kebijakan pengiriman gratis karena khawatir harus menanggung biayanya. Padahal, kebijakan ini dapat memberikan keuntungan jangka panjang kepada penjual.

Nah, untuk lebih memahami tentang free ongkir, simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Plugin Ongkos Kirim.

Free Ongkir Artinya adalah

Free ongkir artinya adalah program yang disediakan oleh marketplace kepada penjual, yang kemudian ditawarkan kepada pembeli tanpa biaya tambahan.

Dalam konteks ini, biaya pengiriman gratis sepenuhnya ditanggung oleh marketplace sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, bukan oleh penjual. Meskipun disebut ‘gratis ongkir’, pembeli tidak selalu mendapatkan pengiriman 100% gratis karena besarnya tergantung pada jarak pengiriman dan batas nominal yang ditetapkan oleh marketplace.

Baca juga: Cara Aktifkan Bebas Ongkir Tokopedia, Seller Wajib Tahu Nih!

ISFF 2023 INDODAX

Sebagai contoh, ketika berbelanja di Tokopedia dengan promo bebas ongkir senilai 20 ribu rupiah, namun biaya pengiriman sebenarnya dari Jakarta ke alamat pembeli adalah 23.000 rupiah, pembeli hanya perlu membayar selisihnya sebesar 3.000 rupiah.

Penggunaan pengiriman gratis ini memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan penjualan penjual online. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak toko online di Indonesia saat ini menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan mereka setiap hari sebagai strategi pemasaran yang efektif.

Manfaat Program Free Ongkir

Program bebas ongkir memiliki sejumlah manfaat bagi bisnis dan pembeli, membuat keduanya merasakan keuntungan dari kebijakan ini.

Dalam perspektif bisnis, manfaat free ongkir melibatkan peningkatan penjualan dan pemesanan oleh pembeli, yang pada gilirannya dapat mengurangi biaya iklan atau promosi lainnya. Untuk pembeli, free ongkir mengurangi total pembelian saat berbelanja online di marketplace.

Meskipun memberikan banyak keuntungan, memberikan gratis ongkir tanpa strategi bisnis yang matang bisa berisiko. Sebagian besar penjual yang menawarkan promo bebas ongkir biasanya menetapkan persyaratan tertentu bagi pembeli. Sebagai contoh, penjual di Tokopedia mungkin mengaktifkan promo bebas ongkir hanya jika pembeli melakukan checkout dengan pembelian minimal Rp50.000.

Oleh karena itu, sambil memberikan keuntungan kepada pembeli, penjual juga perlu mempertimbangkan persyaratan yang diberlakukan agar kebijakan pengiriman gratis ini tetap menguntungkan dan berkelanjutan bagi bisnis mereka.

Strategi dan Cara Menerapkan Promo Free Ongkir — Free Ongkir Artinya

Jika Anda berencana menerapkan promo ongkir sebagai strategi untuk meningkatkan omzet penjualan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Tetapkan Kriteria Produk dengan Bijak

Sebaiknya pilih produk terlaris untuk diberi promo ongkir gratis. Hindari memberikan promo ongkir pada produk dengan harga di bawah batas promo, misalnya 50 ribu rupiah. Hal ini dapat mengurangi minat pembeli pada produk lain dengan harga lebih tinggi.

  1. Gunakan Promo Ongkir pada Momen Spesial

Terapkan promo ongkir gratis pada momen-momen besar seperti Lebaran, Harbolnas, atau saat hari-hari khusus lainnya. Manfaatkan juga pesan broadcast untuk memberitahu pembeli tentang cara mendapatkan ongkir gratis, meningkatkan minat mereka untuk berbelanja.

3. Batasan Kedaluwarsa

Beri batasan waktu penggunaan promo ongkir agar pembeli merasa tertekan untuk segera melakukan pembelian. Masa berlaku promo ini biasanya berkisar antara dua minggu hingga satu bulan, memberi dorongan agar pembeli segera checkout.

Baca juga: Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir dan Cashback Shopee

Free Ongkir Artinya

  1. Pelayanan yang Konsisten

Pastikan memberikan pelayanan yang konsisten kepada semua pembeli, tanpa memandang apakah mereka menggunakan promo ongkir atau tidak. Kemas produk dengan baik dan pastikan pesanan sesuai dengan harapan pembeli.

  1. Atur Syarat dan Ketentuan dengan Bijak

Pertimbangkan syarat dan ketentuan promo ongkir sesuai dengan produk yang paling diminati pembeli. Misalnya, berikan promo ongkir gratis untuk pembelian di atas sejumlah tertentu atau tanpa minimal pembelian, tergantung pada statistik penjualan produk Anda.

  1. Hindari Kenaikan Harga Sembarangan

Jangan menaikkan harga produk secara sembarangan sebelum memberikan promo ongkir. Harga yang terlalu tinggi dapat membuat pembeli mencari toko lain dengan harga lebih rendah, merugikan Anda sebagai penjual.

  1. Gunakan Broadcast untuk Promosi

Manfaatkan pesan broadcast untuk menyebarkan promo ongkir kepada pelanggan dan pengunjung profil Anda. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan minat belanja pembeli saat mereka membuka platform marketplace.

Jangan ragu untuk membagikan promo ongkir di berbagai platform seperti marketplace dan media sosial. Dengan strategi yang tepat, promo ongkir bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan omzet penjualan toko online Anda.

Baca juga: Gratis Ongkir di Lazada, Mau? Simak Yuk Cara Mendapatkannya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE