29.5 C
Jakarta
Minggu, 29 Mei, 2022

Berdasarkan Jenisnya, Inilah Perkiraan 12 Gaji Freelancer yang Perlu Diketahui 

JAKARTA, duniafintech.com – Berapa gaji freelancer di Indonesia? Seperti diketahui, pekerjaan freelance memang membuat seseorang bisa bekerja secara bebas tanpa terikat oleh jam kerja dan lokasi. Hal itu juga yang membuat profesi ini banyak diincar oleh anak muda sekarang ini.

Lalu, berapa ya kisaran pendapatannya berdasarkan masing-masing profesi? Intip yuk di sini.

  1. Perkiraan Gaji Freelancer Penulis Konten (Content Writer)

Penulis konten atau content writer merupakan pekerjaan freelancer yang paling banyak diminati oleh anak muda saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang ini banyak media yang menyediakan platform digital untuk berbagi informasi, berita, foto, video serta sarana komunikasi dan interaksi satu sama lain. Platform itu disebut sebagai media sosial.

Nah, menurut sejumlah sumber, gaji seorang penulis freelance sekitar Rp2—Rp4 juta per bulan. Hal itu akan bergantung kepada lokasi kerjanya dan kesepakatan yang dibuat dengan perusahaan.

  1. Gaji Freelancer Seorang Fotografer

Pekerjaan fotografer freelancer pun lumayan diminati. Kehadiran media sosial sebagai media untuk berbagi foto dan video membuat banyak orang ingin mengabadikan momennya dalam sebuah foto ciamik yang bisa diunggah ke media sosial.

Kabarnya, seorang freelancer fotografer akan dibayar Rp300 ribu—Rp500 ribu untuk sebuah foto pribadi dan Rp5 juta untuk kebutuhan acara, misalnya pernikahan, syukuran, dan sebagainya.

  1. Videografer dan Editor

Sama dengan fotografer, videografer dan editor freelance pun biasanya dibayar per proyek. Pada umumnya, gaji freelance videographer pada rentang Rp1 juta—Rp5 juta untuk setiap proyeknya.

Kian banyak proyek yang ditangani, penghasilan yang dapat diraih pun kian besar.

  1. Java Programmer

Kalau Anda sudah bekerja di suatu perusahaan, tetapi ingin mencari tambahan penghasilan maka Anda bisa mencoba untuk mengambil job freelance, baik sebagai programmer atau seorang web developer.

Berapakah gaji freelance web developer dan programmer? Adapun Java programmer junior freelance bisa menghasilkan Rp4 juta per bulan. Besaran gaji ini bergantung pada proyek yang sedang ditangani, tempat kerja, dan kesepakatan dengan klien.

  1. Digital Marketer

Anda punya keahlian di bidang digital marketing dan ingin coba terjun kedunia freelance marketing? Bisa dong. Terkait sistem gaji freelance marketing, kabarnya gaji seorang digital marketing freelance ini biasanya berkisar antara Rp2,5 juta—Rp10 juta, yang bergantung dari skill dan hasil pekerjaan.

Baca juga: Lengkap! Begini Panduan Cara Peminjaman Uang di Bank Tahun 2022

  1. Desainer Grafis dan Illustrator

Pekerjaan freelance lain yang juga banyak diminati adalah desainer grafis. Gaji freelance desain grafis maupun illustrator juga dibayarkan berdasarkan proyek. Besarnya komisi atau bayaran freelance desain grafis dan ilustrator bervariasi, mulai dari Rp3 juta hingga Rp5juta. Selain skill, faktor tingkat kesulitan desain atau ilustrasi, hingga seberapa besar klien atau nama brand yang ditangani juga akan berpengaruh.

  1. Data Entry

Terdapat sejumlah pekerjaan freelance yang bakal membayar Anda dengan gaji dolar, salah satunnya data entry. Pekerjaan freelance yang satu ini sangat pas buat Anda yang terampil dalam menggunakan Microsoft Excel dan aplikasi lainnya yang biasa digunakan untuk menginput data.

Adapun kerja freelance online untuk pekerjaan data entry di Indonesia ini bisa menghasilkan 10—30 dolar AS, bergantung dari banyaknya data yang harus dimasukkan.

  1. Analis dan Konsultan Bisnis

Buat Anda yang punya pengalaman di bidang analisis dan konsultasi bisnis serta memiliki kemampuan bisnis yang mumpuni, Anda mungkin bisa mengambil pekerjaan ini secara freelance dengan gaji yang lumayan.

Penghasilannya sendiri tergantung dari kesepakatan dengan klien. Akan tetapi, biasanya gaji yang diterima dapat mencapai ratusan juta per tahun.

  1. Voice Over

Banyak bidang pekerjaan saat ini membutuhkan jasa voice over untuk iklan, film kartun, atau anime, dan sebagainya. Nah, gaji pekerja lepas di bidang voice over ini akan dibayar berdasarkan jumlah kata yang diucapkan.

Biasanya, freelance voice over mampu menghasilkan 10—100 dolar per 100 kata.

  1. Data Scientist

Jenis pekerjaan yang semakin berkembang dan banyak dibutuhkan saat ini adalah pekerjaan sebagai seorang data scientist, yakni profesi di bidang pengolahan data yang berbasis digital.

Maka dari itu, ada banyak sekali pekerjaan data scientist yang dikerjakan secara freelance. Besaran gajinya pun cukup tinggi sebab dalam sebuah proyek Anda bisa mendapatkan income hingga Rp12 juta.

  1. Perencana Keuangan

Adapun job desk perencana keuangan, yakni menentukan arah keuangan klien dengan cara mengevaluasi seluruh keuangan klien seperti besar utang piutang klien, besar pendapatan, jumlah aset serta memberikan saran yang baik dalam hal financial planning.

Dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang cukup besar, pekerjaan ini tentunya cukup menjanjikan dengan gaji freelance financial planner yang juga mampu mengurus accounting bisa mencapai hingga Rp1 miliar per tahun.

Kabar baiknya, profesi perencana keuangan ini bisa dikerjaan secara freelance.

  1. Penerjemah

Kalau Anda punya keahlian bahasa tertentu maka Anda bisa mencoba peluang menjadi freelance penerjemah. Adapun penghasilan dari seorang freelance penerjemah cukup lumayan untuk menambah penghasilan.

Untuk setiap proyeknya, penerjemah akan digaji mulai dari Rp6 juta—Rp10 juta.

  1. Admin Sosial Media

Pada era teknologi yang berkembang saat ini, sosial media pun menjadi salah satu ranah yang digunakan sebagai media marketing hingga promosi. Oleh sebab itu, pekerjaan lepas sebagai admin sosial media pun sekarang ini ikut menjamur.

Untuk besaran gaji freelance admin social media pun beragam, yakni ada yang kisarannya Rp700 ribu dan juga ada yang Rp2.500.000 per bulannya.

Baca juga: Dear Investor Pemula, Begini Cara Beli Bitcoin Melalui Pedagang Aset Kripto Resmi di Indonesia

Tips Menjadi Freelancer

  1. Kerjakaan lebih dari satu proyek
  2. Pilih proyek jangka panjang
  3. Tawarkan berbagai macam jasa
  4. Promosikan diri ke orang-orang terdekat
  5. Buat deadline setiap proyek
  6. Mulai investasi dan jangan lupa miliki perlindungan finansial
  7. Ikut komunitas freelancer untuk perluas networking

Keuntungan Menjadi Freelancer

  • Bebas menentukan waktu dan jam kerja
  • Bebas menentukan lokasi bekerja
  • Bebas menentukan penghasilan
  • Bebas menjadi bos untuk diri sendiri

Kekurangan Menjadi Freelancer

  • Frekuensi pekerjaan tidak dapat diprediksi
  • Penghasilan tidak stabil
  • Tidak mendapatkan fasilitas dari perusahaan
  • Harus memiliki manajemen diri yang baik

Nah, demikianlah ulasan soal perkiraan gaji freelancer di Indonesia saat ini. Tertarik untuk menjadi freelancer? Yuk, coba sekarang!

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Deretan Bisnis dan Kekayaan Hotman Paris

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pembatalan Polis Asuransi Mobil: Prosedur dan Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, pembatalan polis asuransi mobil merupakan cara menyelesaikan polis asuransi mobil yang masih dalam masa pertanggungan. Dalam arti, belum satu...

Baik Online Maupun Offline, Begini Cara Bayar Mandiri Virtual Account

JAKARTA, duniafintech.com – Pengertian Mandiri virtual account adalah metode pembayaran dari Bank Mandiri untuk bertransaksi di e-commerce atau aplikasi belanja online dengan menggunakan nomor...

2.290 Calon Jemaah Haji Riau Siap Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Sebanyak 2.290 orang calon jemaah haji dari Provinsi Riau siap berangkat ke Tanah Suci. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Riau...

Investasi Bodong Minyak Goreng, Emak Asal Ponorogo ini Masuk Penjara 4 Tahun

JAKARTA, duniafintech.com - EV (30) warga Desa Munggung, Kecamatan Pulung, Ponorogo, diamankan Satreskrim Polres Ponorogo usai melakukan penipuan investasi bodong, dengan kedok jual minyak...

Indonesia Masuk Jebakan Utang dari China?, Ini Jawaban Luhut..

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait anggapan bahwa Indonesia telah terperangkap jebakan utang...
LANGUAGE