25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Dear Investor Pemula, Begini Cara Beli Bitcoin Melalui Pedagang Aset Kripto Resmi di Indonesia   

JAKARTA, duniafintech.com – Bagi para investor, terutama pemula wajib tau cara beli bitcoin untuk berinvestasi. Bitcoin (BTC) adalah jenis mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. 

Bagi Anda investor yang berminat untuk membeli bitcoin, barangkali muncul pertanyaan di mana beli bitcoin dan bagaimana cara beli bitcoin secara legal di Indonesia.

Peluang mata uang dan aset kripto di Indonesia

Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan, transaksi aset kripto diprediksi bakal mengalami percepatan pertumbuhan, bahkan dapat mengalahkan transaksi kartu kredit.

Volume transaksi kartu kredit sepanjang tahun 2020 berdasarkan data Bank Indonesia (BI) mencapai 274,7 juta transaksi, dengan nilai sebesar Rp 238,9 triliun. 

Baca juga: Siap-siap, Elon Musk Terapkan Twitter Berbayar Untuk Akun Pemerintah dan Perusahaan

“Aplikasi blockchain sudah cukup progresif. Saya melihat dalam mungkin 2-3 tahun ke depan, transaksi di blockchain untuk kripto ini akan melebihi apa yang kita saksikan di katu kredit. It’s only a matter of time,” tutur dia, dalam gelaran Indonesia Knowledge Forum X 2021, dikutip dari Kompas.com.

Gita menyebutkan, pertumbuhan adopsi teknologi blockchain dalam kurun waktu 15 tahun terakhir mencapai sekitar 120 persen per tahunnya.

Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi dibanding adopsi internet sendiri, sejak tahun 1990 hingga 2020 yang hanya mencapai 60 persen per tahunnya.

“Keniscayaannya di tahun 2024-2025 jumlah penggunanya akan melebihi 1 miliar. Dan ini sangat eksplosif sekali,” ujarnya.

Bahkan Gita menyebutkan, transaksi digital di China telah mencapai sekitar dua kali lipat produk domestik bruto (PDB) negara tersebut.

Tren pertumbuhan transaksi digital ini terjadi di berbagai negara, walaupun di Indonesia sendiri baru mencapai sekitar 10 persen dari PDB nasional.

“Itu mencerminkan prospek pertumbuhan yang luar biasa ke depan untuk Indonesia, apabila kita bisa menyamai apa yang kita lihat di Tiongkok,” ucapnya.

Cara beli Bitcoin

Sebelum Anda membeli bitcoin, para investor harus memahami terlebih dahulu bitcoin bukanlah benda dengan bentuk fisik.

Bitcoin benar-benar merupakan angka yang terdapat pada sebuah sistem pengelola data yang terhubung dalam sistem yang disebut dengan blockchain.\

Baca jugaBocoran Isi Pertemuan Elon Musk dan Luhut, Ternyata Bahas ‘Masa Depan’ RI

Tentu saja, sebelum Anda membeli bitcoin, Anda juga harus menyiapkan dana. Besaran pembelian bitcoin akan tergantung pada jumlah dana yang Anda siapkan.

Untuk diketahui, jumlah bitcoin yang beredar saat ini adalah sebanyak lebih dari 18 juta keping dari total 21 juta keping yang dicetak.

Untuk pembelian bitcoin, bisa dilakukan hingga delapan angka di depan koma, atau bisa dikatakan, 0,00000001 BTC adalah angka terkecil bagi Anda yang berminat membeli bitcoin.

Rinciannya sebagai berikut:

  • Buat akun di bursa trading atau pedagang aset kripto yang terdaftar Bappebti. Proses pembuatan akun biasanya memerlukan informasi seperti rincian rekening bank serta kartu identitas.
  • Pilih metode pembayaran yang tersedia di platform.
  • Pihak pedagang aset kripto akan melakukan verifikasi data
  • Beli bitcoin
  • Lakukan pembayaran
  • Transfer bitcoin ke dompet virtual yang Anda miliki
  • Baiknya Anda secara rutin memantau pergerakan harga bitcoin agar pembelian bitcoin Anda tak merugi. 
  • Baca juga: Vladimir Putin Bicara Soal Kripto, Harga Bitcoin Terus Menguat

Dompet bitcoin

Cara membeli bitcoin juga memerlukan wallet atau dompet bitcoin. Dompet itulah yang nantinya akan menjadi wadah dari mata uang yang dibeli.

Seperti layaknya dompet, dompet bitcoin juga merupakan wadah untuk menyimpan uang. Hanya saja untuk kasus bitcoin, wadah tersebut berbentuk virtual.

Baca jugaTips Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan

Beberapa wallet yang popular yakni Blockhain.com, Exodus, Electrum, serta Mycelium.

Beragam wallet tersebut bisa digunakan dengan mengaksesnya melalui kompoter maupun handphone.

Membeli lewat INDODAX 

Bila sudah mengetahui cara beli, pertanyaan selanjutnya yakni di mana beli bitcoin? Anda bisa membeli bitcoin lewat pedagang aset kripto yang telah terdaftar di Bappebti.

Hingga saat ini, terdapat 13 pedagang aset kripto terdaftar di Bappebti, salah satunya adalah PT Indodax Nasional Indonesia atau INDODAX

INDODAX menjadi salah satu aplikasi populer dalam jual beli Kripto. Perusahaan besutan Oscar Dermawan ini juga punya INDODAX Academy, di sana para trader bisa belajar dan memahami lebih dalam dunia Kripto. 

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE