33.8 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Gaya Hidup Praktis ala Generasi Cashless di Masa Pandemi, Apa Sih Manfaatnya?

Duniafintech.com – Menggunakan pembayaran secara elektronik atau non tunai memberikan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi. Tidak hanya itu, hidup praktis ala generasi cashless ini juga jauh lebih cepat tanpa harus menunggu menghitung uang atau menunggu uang kembalian. Anda juga tidak perlu melakukan pengecekan uang palsu.

Istilah cashless society merujuk pada kondisi masyarakat yang lebih memilih menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi barang dan jasa dibandingkan dengan uang fisik. Di tahun 2020, gerakan cashless society juga dicanangkan oleh pemerintah agar membatasi interaksi secara langsung untuk mencegah penyebaran Covid-19.

pembahasan mengenai cashless society semakin hangat dibicarakan. Terlebih lagi sebelumnya juga sudah banyak lembaga riset dan non-riset yang melakukan survei untuk melihat fenomena cashless society ini. Hasilnya, banyak muncul pro dan kontra terhadap topik cashless society. Sebagian ada yang percaya bahwa gerakan ini membawa lebih banyak manfaat, sementara sebagian yang lain berpikiran sebaliknya.

Baca Juga:

Manfaat Budaya Cashless

Manfaat lainnya dari hidup praktis ala generasi cashless adalah layanan yang Anda dapatkan lebih cepat karena uang yang digunakan akan langsung masuk ke sistem. Namun, untuk manfaat ini harus ada catatan tidak terjadi kerusakan atau gangguan sistem. Biasanya gangguan terjadi karena ketidaksiapan outlet tempat Anda berbelanja.

Anda juga bisa merasakan kenyamanan ketika bepergian karena risiko uang hilang sangat minim. Anda hanya cukup membawa uang seperlunya untuk transaksi yang tidak bisa digantikan dengan metode ini. Misalnya, sediakan uang receh untuk parkir, putar balik mobil, dan berbagai kepentingan serupa.

Dengan mengikuti gaya hidup praktis ala generasi cashless, Anda bisa merasakan pembayaran non tunai melalui berbagai perantara. Nantinya, hal ini mungkin akan lebih dipermudah lagi seiring dengan kemajuan teknologi. Untuk Anda yang takut membawa uang tunai dalam jumlah banyak, hal ini bisa jadi solusi yang tepat. Banyak hal yang bisa didapatkan dari pembayaran elektronik untuk segala bidang.

Jenis-Jenis Pembayaran Non Tunai

Pembayaran elektronik tidak hanya mengacu pada satu jenis pembayaran. Ada banyak macam pembayaran yang bisa digunakan di antaranya e-money, e-wallet, M-Banking, dan Mobile Money Transfer.

Banyaknya manfaat yang ditawarkan dari sistem cashless, telah mendorong generasi milenial untuk menjadi cashless. Hal ini juga berpengaruh terhadap pola konsumsi dan perilaku milenial dalam bertransaksi. Mengetahui hal ini, sebagai pelaku bisnis Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat strategi. Dengan begitu bisnis Anda akan tetap bertahan dalam menghadapi fenomena cashless society ini.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU