26.2 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Viral! Ghozali Jadi Miliarder Berkat Jualan Foto Selfie di NFT 

JAKARTA, duniafintech.com – Seorang pemuda bernama Ghozali menjadi viral  berkat foto selfie yang ia lakukan setiap hari sejak 2017, bisa meraup cuan hingga miliaran. 

Keberhasilan Ghozali menjadi miliarder setelah koleksi non-fungible token (NFT) miliknya berjudul ‘Ghozali Everyday’ ramai diburu para kolektor aset digital. 

Koleksi NFT miliknya yang diburu para kolektor merupakan kumpulan foto selfie dirinya setiap hari sejak 2017 hingga 2021. 

“Ini benar-benar gambar saya di depan komputer hari demi hari,”tulis Ghozali di deskripsi koleksi NFT miliknya di platform OpenSea. 

Pemuda asal Semarang ini menjual koleksinya di marketplace OpenSea. Platform ini menghubungkan antara para penjual, pembeli, dan kreator aset digital untuk bisa bertransaksi dengan menggunakan mata uang kripto Ethereum (ETH). 

Menurut catatan dari akun OpenSea milik Ghozali, koleksi Ghozali tercatat ada 933 NFT foto selfie dirinya. Awalnya, Ghozali memberi harga NFT-nya 0,001 ETH atau sekitar Rp45 ribu. 

Setalah viral, kolektor digital mulai berdatangan ke laman OpenSea milik Ghozali, akhirnya membuat harga NFT Ghozali melambung tinggi. 

Menurut pantauan duniafintech.com pada Kamis (13/1), harga paling rendah untuk 1 selfie Ghozali adalah 0,3 ETH atau sekitar Rp14,2 juta. 

ghozali foto selfie

Sementara itu, harga penjualan tertingginya dari salah satu selfie berjudul Ghozali_Ghozalu #311 sebesar 11 ETH atau sekitar Rp 47 miliar. 

Hingga saat ini, pemilik yang telah mengoleksi NFT Ghozali tercatat 431 kolektor. 

Dilansir dari The Block Crypto, pada Rabu (12/1) koleksi NFT milik Ghozali sempat masuk dalam kategori jajaran Top 40 di ranking penjulan OpenSea dalam kurun waktu 24 jam. 

Ghozali sempat mengunggah sebuah tweet dalam akun twitter pribadinya terkait ramainya penjualan foto selfienya di NFT miliknya. 

“Sudah 3 hari dan tersisa 331 NFT akan habis terjual sekarang karena untuk beberapa tahun ke depan saya tidak akan berjualan,”dikutip dari twitter Ghozali @Ghozali_Ghozalu , Rabu (12/1). 

“Anda dapat melakukan apa saja seperti membalik atau apapun, tetapi tolong jangan menyalahgunakan foto saya atau orang tua saya akan sangat kecewa kepada saya. Saya percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-foto saya,” tulisnya. 

Asal tahu aja, NFT merupakan suatu aset karya digital yang dinilai berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Kehadiran NFT diyakini bisa jadi  alternatif investasi semakin beragam. 

NFT juga merupakan salah satu aset investasi digital yang termasuk ke dalam mata uang kripto. Perlu diketahui, aset digital tersebut masih memiliki hak cipta dari pemilik asli karya tersebut. Nah, para pembeli ini, berhak mempunyai sertifikat kepemilikan saja. 

Dengan demikian para pemilik sah mempunyai hak juga untuk bisa mereplikasi salinannya dan menjual kembali dengan kode unik di tiap salinannya. 

Berbagai bidang yang dapat dijualbelikan dalam bentuk NFT meliputi lukisan, musik, game video klip dan lain sebagainya. 

Cara menjual NFT di OpenSea

cara jual karya di opensea

Jika ingin seperti Ghozali, anda dapat menjual sebuah aset digital asli milik anda di platform OpenSea. Namun, anda memerlukan akun yang sudah terdaftar terlebih dahulu. 

Jika anda sudah memiliki akun di OpenSea, maka untuk menjual dan membeli adalah hal yang cukup mudah. Dikutip dari Alphr, berikut adalah cara menjual NFT di OpenSea: 

  1. Masuk ke laman OpenSea.io dan log in ke akun Anda 
  2. Klik pada foto profil Anda di bagian kanan atas 
  3. Pilih ‘Profile’ 
  4. Pilih NFT yang ingin dijual dari wallet Anda 
  5. Pilih ‘Sell’ untuk diarahkan pada halaman penjualan 
  6. Pilih jenis dan harga jual. Anda dapat menetapkan harga tetap atau lelang. Dengan lelang, masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan ambang harga. Adapun durasi penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu. 
  7. Ketika pengaturan penjualan telah selesai, klik ‘Complete Listing’ 
  8. Untuk pendaftaran penjualan pertama, Anda harus memverifikasi wallet Anda, dengan cara menyelesaikan dua buah transaksi. Yang pertama adalah untuk menginisiasi akun Anda untuk penjualan, dan yang lainnya adalah memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung. 
  9. Setelah membayar fee, konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea 

Nah, setelah mendaftar NFT yang ingin dijual, anda dapat menggunakan kolom ‘Activity’ yang terletak ada di sebelah kiri untuk melihat daftar aset digital apa saja yang sedang anda jual.

 

Penulis: Kontributor / Achmad Ghifari

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bolehkan ASN Investasi Kripto? Jawaban Perencana Keuangan Ini Bijak Banget

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi kripto kini tengah menjadi salah satu instrumen investasi yang digandrungi masyarakat, tak terkecuali ASN atau aparatur sipil negara.  Namun apakah ASN...

4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian membeli mobil cash, memangnya ada? Tentu saja ada. Pasalnya, meski banyak orang bilang bahwa akan lebih enak membeli mobil cash...

Zenius Vs Ruangguru, Mana yang Lebih Baik? Inilah Perbandingannya

JAKARTA, duniafintech.com – Antara aplikasi belajar online Zenius vs Ruangguru, kira-kira mana ya yang terbaik? Kedua bimbel online diketahui memang menjadi pilihan para pelajar...

Cara Menaikkan Haji Orang Tua dengan Gaji Rp3 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Cara menaikkan haji orang tua, apakah sulit? Dengan gaji Rp3 juta, pada dasarnya Anda juga sudah bisa memberangkatkan haji kedua orang...

Asuransi AIA Unit Link: Harga, Polis, hingga Cara Klaim

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Unit Link merupakan produk asuransi jiwa dengan manfaat investasi sekaligus yang ditawarkan oleh PT AIA Financial Indonesia. Di sini, Anda...
LANGUAGE