31.8 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

9 Item yang Bisa Dijual di NFT, Punya Salah Satunya?

JAKARTA, duniafintech.com – Ada banyak item yang bisa dijual di NFT, seperti musik hingga item dalam game bisa kamu jual. Saat ini, semakin berkembangnya zaman, teknologi pun akan semakin canggih. Transaksi tidak hanya dapat dilakukan untuk beberapa barang-barang yang terlihat maupun kebutuhan harian saja. Akan tetapi, bisa juga berupa karya seni atau item dalam sebuah game. Transaksi inilah yang disebut dengan NFT atau Non-fungible Token.

NFT adalah sertifikat atas kepemilikan sebuah properti digital atau karya seni yang akan diperjualbelikan secara daring atau online dengan memanfaatkan unit data dalam sebuah ledger. Pada dasarnya, properti tersebut tetap masih memiliki hak cipta dari pemilik aslinya. Para pembeli hanya akan mempunyai sertifikat kepemilikan saja. Bahkan, para pemilik sah juga dapat mereplikasi salinannya dan menjualnya kembali dengan kode unik di tiap salinannya.

Di Indonesia sendiri, sudah pernah terjadi transaksi Non-Fungible Token untuk sebuah lukisan yang berjudul “A Portrait of Denny JA: 40 Years in the World of Ideas” dan sudah terjual seharga Rp1 miliar. Selain itu, ada lagi cuitan Jack Dorsey yang juga dihargai senilai US$2,9 juta atau setara dengan kurang lebih sebesar Rp41 miliar. Selain dua contoh NFT tersebut, ternyata masih ada lagi properti atau item yang bisa dijual di NFT, dalam artikel berikut ini akan dijelaskan mengenai item yang bisa dijual dalam bentuk NFT.

9 Item yang Bisa Dijual di NFT

Adapun item yang bisa dijual dalam bentuk NFT, antara lain:

  1. Item Game

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa item game bisa dijual dalam transaksi Non-fungible Token, bukan video game secara keseluruhan yang akan diperjualbelikan, melainkan item-item di dalamnya. Misalnya, karakter, skin, senjata, serta item lainnya. Satu item saja, harga jualnya bisa bernilai jutaan. Bahkan, untuk karakter yang sudah memiliki skill tertinggi dalam game NFT yang saat ini populer, seperti axie dan yang lain, itemnya bisa dinilai hingga ratusan juta rupiah.

  1. Musik

Banyak para musisi dan DJ yang kini sudah mulai beralih untuk menggunakan Non-fungible Token dalam menjual karya mereka. Dalam hitungan jam saja, mereka sudah berhasil mengantongi uang sebanyak jutaan dollar. Terlebih lagi jika melalui sistem transaksi ini, para musisi juga tidak akan terkena pemotongan biaya platform atau dari label rekaman. Dengan begitu seratus persen hasil penjualan karya itu semuanya milik mereka. Maka, tidak perlu heran jika banyak musisi yang beralih ke metode transaksi blockchain ini.

  1. Meme

Dalam transaksi Non-Fungible Token, meme-meme populer seperti Disaster Girl, Bad Luck Brian, Nyan Cat dapat dijual seharga USS$30 ribu atau setara Rp430 juta hingga Rp11 miliar.

  1. Aneka Barang Online

Apapun bisa untuk diperjualbelikan di pasar NFT. Mulai dari barang koleksi, karya seni, bahkan hingga snapchat stories pun bisa. Nilainya pun juga tidak main-main, yakni bisa sampai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

  1. Kartu Trading

Kamu pun bisa menjual koleksi kartu trading yang kamu miliki. Sebagai contoh, seseorang ingin menjual kartu bisbol limited edition dengan harga senilai ribuan dollar. Bahkan, ada pula yang akan menjualnya dengan kisaran harga sekitar satu juta dollar.

  1. Aksi Olahraga

Dalam sebuah perdagangan Non-fungible Token yang liar, maka Anda bisa saja menjual sebuah link atau tautan yang berisikan aksi olahraga dari atlet atau pemain. Misalnya, aksi slam dunk yang dilakukan dengan sangat inovatif. Klip itu juga harganya bukan main, yakni bisa dihargai senilai Rp2,8 miliar kurang lebih.

  1. Akun Media Sosial

Kamu juga mungkin sudah tidak asing lagi dengan transaksi jual-beli akun media sosial. Akan tetapi, di dalam Non-fungible Token, bukan hanya akun media sosialnya saja yang bisa diperjualbelikan. Tapi juga cuitan dari seorang ternama yang bisa dinilai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

  1. Nama Domain

Item yang bisa dijual di NFT selanjutnya adalah Nama Domain. Umumnya, untuk bisa membeli domain, maka kamu akan lebih dulu menggunakan pihak ketiga yang menjadi penyedia atau pengelola domain tersebut. Akan tetapi, jika pembelian dilakukan melalui pasar NFT (Non-fungible Token), maka kamu langsung bisa memiliki secara eksklusif domain unik yang diperjualbelikan, tanpa adanya perantara.

  1. Fashion Virtual

Dalam transaksi Non-fungible Token yang dilakukan dengan metode transaksi Blockchain untuk fashion virtual, kamu hanya bisa membeli item tersebut dan kemudian memakaikannya pada avatar online milikmu. Meskipun hal ini terdengar tidak masuk akal, akan tetapi sudah ada seseorang yang pernah mengeluarkan uang senilai US$4 juta atau setara dengan kurang lebih sebesar Rp57 miliar hanya untuk membeli Doge.

Itulah 9 Item yang bisa dijual di NFT. Jika kamu tertarik, maka ada baiknya untuk membaca tentang NFT melalui buku atau artikel.

 

Penulis: Kontributor / M. Raihan Mu’arif

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS. Aplikasi ini adalah akronim dari Health...
LANGUAGE