26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Grand Vitara Mobil Incaran Off-Roader, Segini Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil Grand Vitara menjadi salah satu produk mobil SUV dari Suzuki yang mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat.

Mobil ini secara resmi masuk pasar Indonesia pada tahun 2006 lalu. Akan tetapi, jauh sebelumnya, mobil ini sempat bernama Suzuki Vitara, yang meluncur pada tahun 1992.

Kala itu, Vitara sudah membuat banyak penggemar otomotif terkesan karena sudah mengusung penggerak 4 roda alias 4×4 sehingga menjadi incaran para off-roader.

Tidak mengherankan, mobil ini termasuk dalam kategori mobil untuk hobi sehingga menjadi mobil andalan dari Suzuki di kelasnya.

Mobil ini cocok juga buat kamu yang suka memacu adrenalin. Apalagi, mobil ini bisa digunakan sebagai mobil offroad terbaik yang sanggup melibas beberapa jalanan ekstrim mulai track penuh lumpur, bebatuan, serta tanjakan yang cukup curam.

Baca juga: 4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

Spesifikasi

Adapun mobil SUV legendaris ini tetap eksis dengan banyaknya kompetitor yang hadir. Mobil ini dapat menjadi pilihan sekiranya kamu memerlukan kendaraan yang tangguh untuk dipakai sehari-hari.

Berikut ini spesifikasinya.

1. Mesin

Mobil ini mempunyai tipe mesin J24B DOHC VVT dengan kapasitas mesin 2393 cc dan menggunakan 4 silinder. Vitara memiliki transmisi dengan 5 percepatan, dengan tenaga maksimal yang dihasilkannya mencapai 166 PS/6000 RPM dan torsi maksimal 225 Nm/4000 RPM.

Hal tersebut membuat mobil ini mampu berakselerasi secara maksimal, bahkan untuk digunakan saat off road sekalipun.

2. Eksterior

Pada tampilan depan, mobil ini memakai grill khas Suzuki. Lampunya sudah menggunakan headlamp lalu ban dengan velg 17 inci ukuran 225/60. Kemudian, juga ada lampu sein samping dan handle pintu sudah model tarik.

Di bagian belakang, sistem ban konde atau ada ban serep di bagian belakang mobil, ada pula lampu belakang dan sudah menerapkan key less. Di samping itu, di bagian bawah mobil terdapat 4 sensor parkir.

3. Interior

Mobil ini punya kabin yang lapang dan luas berkapasitas 5 orang. Mengenai kapasitas ini, Suzuki sedang mengembangkan generasi terbaru, yaitu Vitara 7 penumpang dalam waktu dekat.

Di samping itu, pada bagian interior ada beberapa tombol power window, central lock, speaker, kamera mundur, di dashboard ada jam digital, suhu di luar mobil, dan kilometer. Setir dapat dinaik-turunkan dan ada fitur switch audio control.

4. Fitur

Fitur dari mobil ini sudah cukup layak dan lengkap, sebut saja kunci yang sudah keyless. Kemudian, di setir pengemudi ada switch audio control, lalu airbag, dan telah menggunakan smart key system.

Kelebihan

Mobil ini dapat menjadi mobil kelas SUV yang harus kamu miliki sebab punya banyak kelebihan ketimbang penerusnya seperti Suzuki Escudo. Vitara lebih banyak dicari lantaran telah menggunakan fasilitas canggih dan tidak ketinggalan zaman.

Inilah beberapa kelebihannya.

1. Fitur lengkap

Sekalipun sudah ada sejak satu dekade lebih, fitur dari mobil ini sudah cukup layak dan lengkap, seperti kunci sudah keyless. Kemudian, di setir pengemudi terdapat switch audio control, lalu airbag. Menariknya, mobil ini telah memakai smart key system.

2. Desain

Adapun body dari mobil ini 4×4 tidak termakan zaman. Kalau kamu memakainya pada tahun ini, tampilannya masih gagah, sporty, dan tidak terlihat seperti mobil lawas.

Di interior di dalam mobil, ada kabin yang lega, Jok baris kedua dibuat nyaman dan senderan yang sesuai dengan tubuh saat rileks. Selain itu, desainnya masih enak dipandang dan jauh dari kesan lawas.

3. Cocok untuk menunjang hobi ekstrem

Mobil ini sering disebut Grand Vitara off road lantaran banyak yang memakainya untuk hobi dan off road ketimbang rivalnya seperti mobil X-Trail atau CR-V. Vitara memakai penggerak roda belakang sehingga menjadi sangat kuat.

Kamu bisa membuat Vitara modifikasi sehingga cocok bagi yang hobi otomotif di track ekstrem, seperti lumpur atau juga menanjak gunung.

4. Spare part

Kelebihan yang satu ini sangat penting karena spare part mobil ini bisa dibilang sangat melimpah dan mudah didapat. Kamu bisa dengan mudah mencari part orisinil hingga aftermarket-nya.

Kekurangan dan Penyakit Vitara Bekas

Di samping banyaknya kelebihan Vitara yang disebutkan di atas, tentu sebuah mobil juga memiliki beberapa kekurangan dan ini yang perlu kamu ketahui, apalagi kalau kamu berencana membeli Vitara bekas.

Berikut ini beberapa kelemahannya.

1. Suspensi agak keras

Suspensi tentunya mempengaruhi kenyamanan berkendara. Kondisi suspensi yang agak keras ini membuat kalau ada jalan rusak atau polisi tidur akan sangat terasa sehingga harus dibawa pelan.

2. Kurang nyaman saat RPM rendah

Mesin pun diyakini agak payah ketika RPM rendah. Maka dari itu, kalau kamu ingin memulai mengendarai mobil ini maka harus dengan pelan dan sedikit berat.

3. Boros bahan bakar

Mobil ini pun cukup boros bahan bakar. Sebenarnya, itu terlihat sangat wajar sebab mobil ini punya cc yang besar, yaitu 2.000 cc. Untuk penggunaan dalam kota, dibutuhkan angka di kisaran 1:6 km/liter.

4. Mesin mudah overheat

Selain itu, mesin mobil ini juga dikenal mudah overheat. Sebaiknya, kamu berhati-hati karena kondisi tersebut akan membuat bagian mobil lainnya juga bermasalah. Misalnya sirkulasi yang bocor atau motor fan rusak yang membuat tenaga mobil ini dapat berkurang.

Hal itu membuatnya semakin tidak nyaman mengendarainya. Oleh sebab itu, sering-seringlah mengecek air radiator mobil untuk menghindari overheat.

Baca juga: Lengkap! Daftar Harga Mobil Toyota, dari MPV hingga Pick Up

Grand Vitara

Daftar Harga Grand Vitara Baru dan Bekas

Kamu tentunya dapat membeli mobil ini dengan kondisi baru dan bekas. Vitara bekas mungkin bisa jadi pilihan alternatif jika kamu menginginkan mobil SUV dengan fasilitas mumpuni namun dengan harga yang terjangkau.

Untuk Vitara baru, saat ini kini hadir Grand Vitara 2.4 yang memiliki dua tipe, yaitu otomatis dan manual. Harga baru New Grand Vitara tahun 2021 berkisar di harga Rp367 juta. Sementara iti, Vitara bekas harganya cukup bervariasi, bergantung kamu memilih keluaran tahun berapa. Berikut ini daftarnya:

* Vitara 2006: Rp60 jutaan

* Vitara 2007: Rp82 juta

* Vitara 2008: Rp167 juta

* Vitara 2010: Rp115 juta

* Vitara 2012: Rp140 jutaan

* Vitara 2015: Rp175 juta

Baca juga: Cari Asuransi Mobil Nissan Terbaik? Ini Rekomendasinya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...

10 Game NFT Terbaik, Seru dan Bisa Hasilkan Cuan Lho!

JAKARTA, duniafintech.com - Game NFT atau non-fungible token terbaik sepertinya penting untuk anda ketahui. Selain asyik dan seru, ternyata game non-fungible token terbaik juga...
LANGUAGE