25.7 C
Jakarta
Sabtu, 25 Juni, 2022

Daftar Mobil SUV Terbaik saat Ini & Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil SUV terbaik saat ini menjadi salah satu mobil impian sekaligus incaran banyak peminat kendaraan roda empat.

Di Indonesia, mobil SUV pun jenisnya pun cukup variatif. Namun, di bawah ini, ada beberapa jenis mobil ini yang terbaik yang bisa kamu pilih dan beli.

Apa Itu SUV?

SUV, singkatan dari Sport Utility Vehicle, berarti Kendaraan Utilitas Sport. Bagi kamu penyuka jenis mobil yang bisa memuat banyak orang dan kendaraan gagah layaknya mobil offroad, mobil SUV memang menjadi pilihan yang tepat.

Jenis mobil ini mampu melaju di dua medan berbeda, yaitu jalan raya perkotaan dan juga medan berat, misalnya jalanan berbatu dan sebagainya.

Dengan kemampuan buas seperti ini, sangat pas rasanya mobil untuk dimiliki sekarang juga. Kemampuan melaju di medan berat ini disebabkan oleh SUV yang biasanya menggunakan sistem 4WD atau four wheels drive.

Selain itu, SUV juga didukung pula dengan mesin berkapasitas besar, yaitu sekitar 1.500 cc atau bahkan lebih.

SUV Menjadi Mobil Keluarga

Sekalipun tampak gagah sebab punya kemampuan untuk menjadi mobil offroad, SUV nyatanya bisa sekali menjadi mobil keluarga. Pasalnya, kapasitas muatan mobil SUV ini cukup lega, yaitu bisa diisi 4—7 orang.

Tentunya, hal itu berbanding terbalik dengan mobil offroad yang biasanya hanya mampu memuat dua orang. Kemampuan offroad-nya berpadu dengan kapasitasnya yang lega ini dapat mengangkut banyak penumpang.

Dengan kaki-kaki yang gahar, SUV juga dilengkapi dengan kursi yang sangat nyaman. Dengan demikian, bukan hanya pengemudi yang dimanjakan dengan performa mobil, penumpang pun nantinya akan mendapat kenyamanan berkendara.

Baca juga: 4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

Perbedaan SUV dengan MPV

Hingga kini, masih banyak orang yang sulit membedakan mana SUV dan MPV atau mungkin kalian masih ada juga yang belum bisa membedakannya dan berharap mobil impiannya masuk list di bawah ini.

SUV adalah mobil yang penggunaanya cenderung sporty, mulai dari desain body, ketangguhan mesin, performa dan lain sebagainya sehingga SUV biasanya dirancang kuat dan tangguh di segala medan.

Sementara itu, MPV atau Multi Purpose Vehicle biasanya digunakan untuk kendaraan keluarga sehingga desain body, performa mesin, dan lain sebagainya harus mengutamakan kenyamanan keluarga. Berikut ini perbedaannya secara spesifik.

  1. Body mobil

Dari tampilan body, SUV biasanya didesain kekar dan gagah, mempunyai ground clearance sebesar 200 mm karena ban yang dimiliki SUV cukup besar guna melibas berbagai medan. Ban besar ini pun didukung dengan velg berdiameter 15 inci, yang menambah kesan kuat pada kaki-kaki.

MPV sendiri hampir sama besarnya, tetapi lebih menampilkan sifat elegan. Kaki-kakinya pun standar, dengan velg biasa dan ban yang tidak terlalu besar. Kontur ban juga tampak standar karena lagi-lagi yang diutamakan adalah kenyamanan keluarga. Mobil ini sangat cocok melibas jalanan ibu kota.

  1. Jumlah seat

Meskipun SUV punya seat yang cukup banyak, yaitu  bisa lebih dari 4 seat, tetapi mobil MPV memiliki kapasitas ruang yang lebih lega. Mobil MPV memang diperuntukan untuk keluarga sehingga daya tampungnya bisa lebih lega ketimbang SUV, yakni bisa di atas 7 seat, dengan kabin yang lebih luas.

  1. Tenaga dan bahan bakar

Biasanya, SUV punya tenaga yang cukup besar, kapasitas mesinnya bisa di atas 1.500 cc. Sementara itu, MPV hanya 1.500 cc paling tinggi lantaran tenaga yang besar untuk SUV sehingga mesin yang dibutuhkan jauh lebih besar.

Mesin yang besar pun membuat bahan bakar lebih boros sehingga penggunaan bahan bakar untuk SUV jauh lebih boros ketimbang MPV. Selain dari tenaga yang besar, penggunaan penggerak roda membuat konsumsi SUV dapat lebih banyak ketimbang MPV.

  1. Fasilitas

Umumnya, mobil SUV punya fitur-fitur menarik yang membuatnya menjadi mobil yang mahal. Ketangguhannya di berbagai medan membuat fitur keselamatan pada SUV menjadi hal paling utama, mulai dari 4 airbag yang selalu ada pada mobil SUV hingga penggunaan keyless system dengan tombol start-stop engine.

Pada jenis MPV, lantaran fokus utamanya pada kenyamanan keluarga, kelengkapan hiburan menjadi bagian penting dalam mobil. Fitur seperti LCD monitor untuk musik sampai video, dan monitor parkir juga sudah menjadi keharusan ada dalam mobil MPV terbaru.

Jenis-jenis Mobil SUV

  1. SUV mini

Mobil SUV jenis ini punya kelas yang lebih kecil atau mini. Body mobil ini tidak terlalu besar, tetapi sanggup menaklukan berbagai medan. Salah satu jenis SUV mini yang terkenal adalah Suzuki Jimny yang sempat viral. Jenis lainnya adalah Daihatsu Terios dan mobil lama, yakni Daihatsu Taruna.

  1. SUV compact

SUV jenis ini banyak beredar di jalan, dengan bentuk yang lebar, tetapi tidak terlalu tinggi dan benar-benar compact. Jenis SUV ini juga bisa dibilang mobil SUV murah ketimbang jenis SUV lainnya. Contohnya adalah Chevrolet Captiva, Nissan X-Trail, dan Ford Escape.

  1. SUV sedang

SUV bertipe sedang ini sejatinya kalau dilihat secara langsung justru seperti memiliki body yang besar. Jenis SUV ini sungguh sangat gagah kalau dilihat dari jauh. SUV ini disebut sedang karena ukurannya masih di atas SUV Compact. Contoh mobil SUV sedang ini, yaitu Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, Ford Explorer.

  1. SUV full sized

Mobil SUV ini merupakan jenis mobil SUV paling besar. SUV Full Sized punya kapasitas ruangan yang luas sehingga interior dan eksteriornya sangat besar dan nyaman sekali bagi penumpang. Contohnya adalah Chevrolet Suburban, Hummer, dan seterusnya.

Baca juga: Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Umum Terlengkap

mobil suv terbaik

Daftar 10 Mobil SUV Terbaik

  1. Toyota Rush

Rush adalah mobil keluaran Toyota yang sangat laris di pasaran. Tampilan yang macho, dengan desain yang sporty dan modern, membuatnya cocok dipakai oleh laki-laki maupun perempuan.

Dengan tenaga mesin sebesar 1.495 cc, lari Rush bisa mencapai 108 PS pada 6.000 rpm. Tak lupa juga, sistem keamanan dan keselamatannya sangat baik dan dan interior mobil ini pun mewah.

Rush masuk dalam urutan pertama 10 mobil SUV terbaik di Indonesia dan sebagai low SUV terbaik. Toyota Rush terbaru dibanderol Rp257,7 juta—Rp 279,1 juta.

  1. Wuling Almaz

Pendatang baru ini bisa langsung melesat menjadi SUV favorit beberapa masyarakat. Mobil SUV yang masuk peringkat dua 10 mobil SUV terbaik ini memanjakan penggunanya dengan teknologi yang canggih.

Fitur-fitur masa depan dan serba digital membuat kendaraan asal Tiongkok ini terkesan layaknya mobil SUV mewah, mulai dari fitur Wuling Indonesian Command (WIND) hingga Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Wuling Almaz pun menampilkan desain body yang mutakhir dan luxury sehingga mampu memikat banyak pihak. Tidak heran, mobil ini berhasil memikat banyak orang. Mobil fenomenal ini bahkan dilengkapi dengan panoramic sunroof hingga head unit berukuran besar lebih dari 10 inci.

Dengan segala kemajuan teknologi dalam mobil serta kemewahan seperti demikian, nyatanya mobil SUV yang bisa didukung asisten digital ini memiliki harga sekitar Rp269,8 juta—Rp 345,8 juta.

  1. Suzuki XL7

XL7 kali pertama diluncurkan pada 15 Februari 2020. Lahir di masa pandemi, nyatanya mobil SUV ini menarik banyak perhatian masyarakat. Desainnya yang modern, ditambah varian warna yang menarik hati, membuat mobil yang didukung dengan ground clearance yang mencapai 200 mm laris manis diburu.

XL7 pun ditanamkan fitur canggih seperti Electronic Stability Programme (ESP) yang mencegah saat mobil berbelok terlalu understeer atau oversteer. Mobil ini kian menggoda sebab dijual dengan harga kisaran Rp236,5 juta—Rp273,5 juta.

  1. Honda BR-V

Kecil dan gahar, itulah kesan pertama saat melihat Honda BR-V. Meski tampak mungil, BR-V mampu menampung hingga 7 penumpang di dalamnya dengan kabin yang terbilang cukup luas.

BR-V dilengkapi dengan mesin L15, yang terbilang cukup irit bahan bakar. Mobil keluarga ini pun tangguh untuk menjajal medan berat dan jalanan malam juga dilibas seketika karena BR-V dilengkapi headlamp LED dan fog lamp. Mobil ini dipatok seharga Rp253,5 juta—Rp296 juta.

  1. Toyota Fortuner

Mobil ini terlalu gagah, bahkan untuk dikendarai seorang diri. SUV yang sudah ada cukup lama di Indonesia ini juga sudah mendapatkan bintang lima dari ASEAN NCAP. Model facelift dari Toyota Fortuner ini dibekali dengan mesin 2,4L turbodiesel yang mengeluarkan tenaga hingga 147 hp dan torsi 400 Nm. Mobil gagah ini dijual kisaran Rp504,9 juta—Rp704,5 juta.

  1. Mitsubishi Pajero Sport

Ini adalah mobil pesaing sempurna dari Toyota Fortuner yang punya desain body yang hampir serupa dan pilihan warna yang membuatnya tampak makin gagah. Mobil yang bahkan juga digunakan di rally dakar ini punya mesin Sport V6 diesel yang menggunakan berbahan bakar solar.

Pajero Sport pun menggunakan mesin berkapasitas 2.4 liter dengan mesin turbo diesel common rail. Dengan mesin ini, tenaga yang dihasilkan sebesar 180 Hp dengan torsi 440 Nm. Lebih murah dari Fortuner, Pajero dijual di kisaran Rp497,9 Juta—Rp569,5 Juta.

  1. Nissan Magnite

City Car mungil ini punya tampilan yang mungil nan modern. Meski mungil, Magnite dilengkapi dengan ground clearance yang tinggi, sehingga cocok sekali melaju di jalanan dengan tekstur yang tidak rata. Dengan mesin turbo dengan kapasitas 1.500 cc, kabin dalam mobil mungil ini juga cukup luas sehingga mampu menampung banyak penumpang.

Bisa menjadi pengganti compact hatchback  yang mulai sepi peminat, Nissan memagari ciptaannya ini dengan harga Rp208,8 juta—Rp 238,8 juta.

  1. KIA Sonet

Belakangan ini, KIA mulai senang meluncurkan mobil dengan desain yang modern dan ciamik, salah satunya Sonet. Mobil ini dikenalkan kali pertama tepat pada hari pahlawan, yaitu 11 November 2020, di Indonesia.

Mobil SUV ini bahkan tidak hanya punya 4 buah airbag, tetapi mencapai 6 buah. Ada juga VSC yang mencakup ABD, EBD, Hill Assist Control, dan rear camera dengan dynamic guide.

Hadir dalam 4 jenis, yakni Standard, Active, Smart, Dynamic, dan Premiere, Kia Sonet juga tersedia dengan berbagai transmisi sehingga memudahkan kalian untuk memilih. Dengan banyak varian warna, seperti clear white, intelligence blue, intense red, steel silver, aurora black pearl, dan beige gold, mobil ini bisa langsung dilabuhkan di garasi kamu dengan harga kisaran Rp193 juta—Rp289 juta.

  1. Mazda CX-3

Sekalipun ada di urutan ke-9 di daftar 10 mobil SUV terbaik, tetapi SUV pabrikan Jepang ini cocok sekali menyandang gelar SUV terbaik saat ini. Mobil yang desainnya enak dipandang ini memiliki performa yang luar biasa dengan adanya teknologi SKYACTIV.

Bukan berlebihan kalau Mazda CX-3 disebut sering disebut mobil Jepang dengan rasa Eropa. Dengan semua keindahan itu, tidak heran kalau SUV satu ini punya harga yang sedikit lebih mahal daripada jenis yang sama di kelasnya, yakni Rp399,9 juta—Rp 445,8 juta.

  1. Renault KWID Climber

Terlihat mentereng dengan warna-warni yang menarik, Renault KWID Climber menjadi mobil SUV impian banyak orang. Punya kapasitas 5 seat, dengan head unit layar sentuh 8 inch, mobil asal Perancis ini tentunya sangat menarik hati.

SUV ini pun telah memiliki konektivitas dengan Apple CarPlay dan Android Auto yang semakin menarik perhatian. Dengan tenaga 68 HP, mobil ini dipatok seharga Rp161,4 juta. Harga yang sangat terjangkau dengan semua fitur yang dimiliki.

Baca juga: Harga Mobil Carry Terbaru & Bekas serta Spesifikasinya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mobil Transmisi Manual: Harga & Keunggulannya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil transmisi manual sejatinya masih masih banyak diminati di tengah gempuran mobil transmisi matic saat ini. Alasannya adalah mobil transmisi jenis ini...

Tipe Mobil Avanza: Perbandingan & Harganya, Pilih yang Mana?

JAKARTA, duniafintech.com – Sebenarnya, ada banyak tipe mobil Avanza di pasaran alias bahwa semua mobil Toyota Avanza tidak sama. Di antara tipe itu adalah tipe...

Ulasan Lengkap Pengertian P2P Lending Syariah, Banyak Manfaat yang Bisa Didapat

JAKARTA, duniafintech.com - Pengertian P2P lending syariah wajib dipahami lebih dulu. Menghadirkan kemajuan terbaru, P2P lending kini tersedia P2P lending syariah dengan proses pinjamannya...

Berinvestasi Melalui P2P Lending Syariah, Aman dan Terpercaya

JAKARTA, duniafintech.com - Berinvestasi melalui P2P lending syariah bisa menjadi solusi keuangan dan menambah income. P2P lending dibentuk atas dasar permasalahan orang-orang yang sulit...

Ini 5 Akad P2P Lending Syariah yang Anti Riba

JAKARTA, duniafintech.com - Akad P2P lending syariah sejatinya menjadi pembeda dengan P2P lending konvensional. Sebab, Akad P2P lending syariah merupakan landasan sehingga membuat skema...
LANGUAGE