33.1 C
Jakarta
Selasa, 21 Mei, 2024

Harga Mobil Carry Terbaru & Bekas serta Spesifikasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil Carry tentunya bukanlah suatu hal yang baru bagi para penikmat otomotif, khususnya di Indonesia.

Adapun mobil legendaris asal Jepang ini dibawa pertama kali datang ke Indonesia oleh PT Indomobil Suzuki Sales pada tahun 1976 silam.

Sejak saat itu, mobil ini terkenal dengan sebutan mobil Suzuki Carry. Mobil yang satu ini pun bisa dibilang sebagai raja dari mobil pick up sebab banyaknya mobil jenis ini yang diproduksi.

Di Indonesia sendiri, pick up memang sangat mudah ditemukan di jalan raya. Jika kamu tertarik untuk membelinya maka simak informasi selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Mobil Suzuki Carry Terbaru

Adapun mobil Suzuki Carry terbaru memiliki body yang kuat dan dilengkapi dengan pelindung belakang kabin dan sasisnya juga dibuat dengan lebih tebal sehingga membuat umur mobil menjadi lebih tahan lama.

Terkait eksteriornya, desain mobil depan tampak lebih modern, lampu utamanya berukuran besar, dan kaca depannya dibuat dengan cukup lebar dan tinggi.

Untuk interior, generasi Carry pick up sebelumnya hanya mampu menampung 2 penumpang saja, sedangkan pada generasi terbaru ini ada satu tambahan kursi sehingga mampu menampung 3 orang di dalam kabin.

Mobil ini juga punya daya angkut yang lebih besar ketimbang kapasitas maksimal 1 ton, ukuran bak yang lebih luas, kabin lebih lebar yang bisa menampung 3 orang, dan banyak tempat penyimpanan dengan tambahan kompartemen di kabin.

Terkait dimensinya, mobil ini memiliki panjang keseluruhan sekitar 4.195 mm, lebar di varian flat deck 1,675 mm dan wide deck 1,765 mm.

Untuk tingginya, mobil ini setinggi 1.870 mm untuk varian flat deck dan 1.910 mm di varian Wide Deck. Dimensi untuk bak panjangnya 2.505 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 350 mm.

Mobil pick up dari Suzuki ini menggendong mesin berkode K15B-C, dengan jumlah silinder 4 in line dan mempunyai distribusi bahan bakar multipoint injection.

Untuk kapasitasnya, di dalam kabin mobil ini mampu menampung 3 orang. Total tangki bahan bakar sebanyak 43 liter.

Kelebihan Mobil Carry Pick up

1. Fitur beragam 

Mobil generasi terbaru ini memiliki banyak fitur modern yang menyertainya, di antaranya Fire extinguisher yang merupakan alat pemadam api ringan dan fitur immobilizer yang membuat mobil menjadi lebih aman dari pencurian.

Di samping itu, kursinya bisa digeser sehingga pengguna akan merasakan kenyamanan. Fitur selanjutnya, yakni audio dan AC yang ada di varian AC/PS dan assist grip di dua sisi yang memudahkan keluar masuk kendaraan. 

2. Desain

Desain mobil ini tentunya sudah sangat modern dan terlihat tangguh. Meski merupakan mobil legendaris, Carry pick up ini jauh dari kesan jadul.

Bahkan, kabinnya juga lebih luas dan mobil ini telah menerapkan sistem power steering yang memudahkan pengguna mengemudi dengan ringan dan mudah.

3. Daya angkut kuat

Kalau generasi lamanya saja bisa menampung hingga ratusan kilogram maka mobil keluaran terbaru ini malah mampu menampung beban seberat 1 ton di bagian belakang. 

Bagian bak mobil ini juga sangat luas dan bisa dibuka dari 3 sisi. Suzuki Carry pun nyatanya sangat kuat sebab mampu mengangkut beban seberat 350 kg hingga 1 ton.

4. Cocok untuk bisnis

Sekalipun tampak kecil dan terkesan ringkih, tetapi mobil jenis pick up ini justru sangat cocok buat kamu yang sedang menjalankan bisnis. Mobil ini bisa diandalkan untuk membawa barang yang banyak lantaran bagian belakangnya yang terbuka. 

Carry Futura Minibus Masih Banyak Diburu

Meskipun terkenal dengan slogan “Rajanya Pick up”, tetapi pada dasarnya Carry bukan hanya dibuat versi pick up, melainkan juga ada versi minibus. Salah satu yang paling populer, yakni mobil Carry Futura minibus.

Hingga saat ini, mobil yang kapasitasnya cukup banyak ini juga masih banyak dicari. Harga bekasnya mulai Rp20 jutaan pada tahun 2021.

Awal diluncurkan, Futura dilengkapi dengan mesin 1.300 cc dengan kode G13C dan kemudian di-upgrade ke 1.600 cc dengan kode mesin G16. Pada keluaran tahun 2000-an, segi mesin justru mengalami penurunan jadi 1.500 cc dengan kode G15A.

Baca juga4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

Hal itu menyesuaikan dengan adanya aturan pajak barang mewah untuk mobil di atas 1.500 cc. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari Futura minibus.

Kelebihan:

1. Kabin luas

Salah satu keunggulan utama Carry, yaitu kapasitasnya yang besar. Minibus ini mampu memuat hingga 9 orang penumpang dan dapat membawa barang dengan kapasitas yang banyak berkat bentuk bodinya yang kotak. Kabin mobil terasa luas dengan dimensi panjang mobil 3.575 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.800 mm.

2. Tersedia AC double blower

Beberapa tipe tertentu Futura sudah dilengkapi dengan AC. Bahkan, untuk varian GRX dan GX juga ada tambahan double blower sehingga semua penumpang hingga bagian belakang tidak khawatir akan kepanasan.

3. Mesin tangguh dan hemat bahan bakar

Mesin berkode G15A dengan kapasitas 1.500 cc dilengkapi 4 silinder segaris 16 valve SOHC sistem injeksi dapat menghasilkan tenaga 87 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimum 122 Nm @3.000 rpm. Mobil ini pun hemat bahan bakar dengan pemakaian bensin 12 km/liter untuk dalam kota dan 15—16 km/liter untuk pemakaian luar kota.

Kekurangan

1. Fitur keselamatan terbatas

Bagian depan yang tidak memiliki moncong atau bonnet bagian depan membuat mobil ini lebih rentan mengakibatkan cedera serius jika terjadi benturan. Mobil ini juga belum dilengkapi fitur keselamatan canggih semacam ABS maupun airbags. Kamu hanya dapat mengandalkan seatbelt.

2. Lantai kabin bagian depan panas

Mengingat tidak adanya bonnet bagian depan, mesin mobil ini ditanamkan di bawah jok penumpang dan pengemudi di baris depan dan di bawah pijakan kaki penumpang baris kedua. Hal itu bisa membuat kabin terasa panas apabila peredam suhu yang digunakan sudah mulai menurun fungsinya. Mesin yang berada di bawah juga rentan menyebabkan mogok saat banjir sebab sistem pengapian mobil yang terkena air.

3. Limbung saat dipacu dalam kecepatan tinggi

Mobil ini cenderung limbung saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Pasalnya, bentuk body mobil ini kotak dan tinggi.

4. Suspensi cukup keras

Mobil ini disematkan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Leaf Spring di bagian belakangnya. Suspensi depan terbilang tidak bermasalah, tetapi suspensi belakangnya cenderung keras sehingga bisa mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Baca jugaCari Mobil Diesel Terbaik? Inilah Rekomendasi dan Harganya

mobil carry

Harga Mobil Carry Baru

Harga mobil ini sendiri sangat bervariasi dan tipe mobilnya pun hadir dengan beragam varian. Mobil jenis pick up ini memiliki varian entry level Suzuki Carry flat deck, varian wide deck, flat deck AC/PS, dan varian tertinggi, yaitu wide deck AC/PS.

Berikut ini daftar harga mobil Carry terbaru:

* Harga Carry pick up keluaran tahun 2020 varian flat deck: Rp143 juta  

* Harga Carry pick up keluaran tahun 2020 varian flat deck AC/PS: Rp152 juta

* Harga Carry pick up keluaran tahun 2020 varian wide deck: Rp144 juta  

* Harga Carry pick up keluaran tahun 2020 varian Wide deck AC/PS: Rp153 juta  

* Harga Carry terbaru tahun 2021 untuk varian flat deck: Rp155—164 juta 

* Harga Carry pick up tahun 2021 varian wide deck: Rp156—165 juta.

Harga Carry Bekas

Mobil bekas merek Carry ini juga diburu oleh banyak orang, dengan kegunaannya yang cukup baik karena mampu menampung banyak barang. Mobil ini tentunya bisa menjadi jalan terbaik bagi kamu yang hendak memulai bisnis dengan tidak terlalu banyak mengeluarkan uang, tetapi ingin mendapatkan mobil pick up yang serbaguna. 

Kebanyakan Carry bekas bisa diperoleh dengan harga di bawah Rp100 juta. Bahkan, bukan tidak mungkin kamu juga bisa menemukan Carry dengan harga Rp10 jutaan, asalkan kamu telaten mencari di berbagai situs jual beli mobil terpercaya.

Adapun untuk pick up keluaran tahun 2010, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp47 juta. Kalau kamu ingin mobil bekas yang agak baru dari keluaran tahun 2018 maka kamu harus merogoh kocek sekitar Rp90 juta. Berikut ini daftar lengkap harga mobil pick up bekas merk Carry sesuai dengan tahunnya:

* Carry 2010: Rp47 juta

* Carry 2011: Rp53 juta

* Carry 2012: Rp58 juta

* Carry 2013: Rp62 juta

* Carry 2014: Rp79 juta

* Carry 2015: Rp74 juta

* Carry 2016: Rp80 juta

* Carry 2017: Rp85 juta

* Carry 2018: Rp90 juta

Demikianlah informasi lengkap tentang mobil Carry dan harganya yang penting diketahui. Berminat membeli mobil pick up legendaris ini?

Baca jugaLengkap! Daftar Harga Mobil Toyota, dari MPV hingga Pick Up

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU