25.1 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Harga Emas Per 7 Oktober Lagi Murah-murahnya! Beli Sekarang

DuniaFintech.com – Harga emas hari Rabu 7 Oktober 2020 terjun bebas dari harga sebelumnya. Dilansir dari Butik Emas Logam Mulia Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 18.000 per gramnya.

Mengutip situs Logam Mulia, harga emas hari Rabu 7 Oktober 2020 untuk pecahan 1 gram berada di Rp 999.000. Harga emas Antam ini turun Rp 18.000 per gram dari harga di hari Selasa dengan nilai Rp 1.017.000. Sementara itu, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam hari ini menjadi Rp 889.000. 

Di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung, Jakarta, harga emas hari ini ukuran 0,5 gram bernilai Rp 529.500. Adapun harga emas hari ini ukuran 2 gram dan 5 gram, masing-masing Rp 1.938.000 dan Rp 4.775.000. 

Salah satu penyebab menurunnya harga emas dikarenakan berbagai faktor. Menurut analis Standard Chartered Suki Cooper, pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald J Trump yang membatalkan negosiasi perihal paket stimulus bantuan virus Corona hingga pemilihan berakhir. 

“Harga emas berada di bawah tekanan lebih lanjut karena Presiden Trump telah menghentikan negosiasi atas paket stimulus fiskal, dolar telah menguat dan membebani harga emas,”

Baca juga:

Harga Emas di Rabu 7 Oktober Tergelincir

Sebagai salah satu jenis investasi yang populer di dunia, beberapa orang kerap menjadikan emas sebagai instrumen investasi jangka pendek, seperti indeks harga saham. Meski demikian, beberapa orang juga menjadikan logam mulia sebagai jaminan simpanan serta safe haven.

Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi laju pertumbuhan dan penurunan nilai emas. Faktor yang paling berpengaruh ialah perubahan nilai mata uang Dollar Amerika Serikat. Disebutkan, semakin tinggi nilai tukar mata uang negeri Paman Sam tersebut terhadap Rupiah, maka harga logam mulia tersebut semakin meroket.

Faktor selanjutnya ialah produksi emas dunia. Sejak tahun 2000, jumlah produksi emas semakin menurun lantaran sumber daya yang semakin berkurang serta kesulitan dalam penambangan. Hal ini tentunya membuat logam mulia menjadi instrumen investasi yang diperebutkan.

Untuk harga emas per 7 Oktober 2020 ini, penyelenggara pasar Pegadaian membuka harga dengan kisaran yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan adanya layanan pembelian dan menabung emas elektronik (e-gold) di beberapa e-commerce, salah satunya Tokopedia. Oleh karena itu mari simak daftarnya.

  • 0,5 gram = Rp 476.500
  • 1,0 gram = Rp 953.000
  • 2,0 gram = Rp 1.906.000
  • 3,0 gram = Rp 2.859.000

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Fungsi Manajemen Keuangan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Salah satu fungsi manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola keuangan dari satu perusahaan dengan baik dan benar tentunya. Dari fungsi tersebut, usaha yang sedang dijalankan...

Gandeng Fintech Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Rp50 Miliar Bagi UMKM

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) pembiayaan berbasis aplikasi atau fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Head...

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...
LANGUAGE