25.4 C
Jakarta
Minggu, 6 Desember, 2020

Harga Emas Per 7 Oktober Lagi Murah-murahnya! Beli Sekarang

DuniaFintech.com – Harga emas hari Rabu 7 Oktober 2020 terjun bebas dari harga sebelumnya. Dilansir dari Butik Emas Logam Mulia Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 18.000 per gramnya.

Mengutip situs Logam Mulia, harga emas hari Rabu 7 Oktober 2020 untuk pecahan 1 gram berada di Rp 999.000. Harga emas Antam ini turun Rp 18.000 per gram dari harga di hari Selasa dengan nilai Rp 1.017.000. Sementara itu, harga pembelian kembali atau buyback emas Antam hari ini menjadi Rp 889.000. 

Di Butik Emas Logam Mulia Pulo Gadung, Jakarta, harga emas hari ini ukuran 0,5 gram bernilai Rp 529.500. Adapun harga emas hari ini ukuran 2 gram dan 5 gram, masing-masing Rp 1.938.000 dan Rp 4.775.000. 

Salah satu penyebab menurunnya harga emas dikarenakan berbagai faktor. Menurut analis Standard Chartered Suki Cooper, pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald J Trump yang membatalkan negosiasi perihal paket stimulus bantuan virus Corona hingga pemilihan berakhir. 

“Harga emas berada di bawah tekanan lebih lanjut karena Presiden Trump telah menghentikan negosiasi atas paket stimulus fiskal, dolar telah menguat dan membebani harga emas,”

Baca juga:

Harga Emas di Rabu 7 Oktober Tergelincir

Sebagai salah satu jenis investasi yang populer di dunia, beberapa orang kerap menjadikan emas sebagai instrumen investasi jangka pendek, seperti indeks harga saham. Meski demikian, beberapa orang juga menjadikan logam mulia sebagai jaminan simpanan serta safe haven.

Terdapat berbagai faktor yang memengaruhi laju pertumbuhan dan penurunan nilai emas. Faktor yang paling berpengaruh ialah perubahan nilai mata uang Dollar Amerika Serikat. Disebutkan, semakin tinggi nilai tukar mata uang negeri Paman Sam tersebut terhadap Rupiah, maka harga logam mulia tersebut semakin meroket.

Faktor selanjutnya ialah produksi emas dunia. Sejak tahun 2000, jumlah produksi emas semakin menurun lantaran sumber daya yang semakin berkurang serta kesulitan dalam penambangan. Hal ini tentunya membuat logam mulia menjadi instrumen investasi yang diperebutkan.

Untuk harga emas per 7 Oktober 2020 ini, penyelenggara pasar Pegadaian membuka harga dengan kisaran yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan adanya layanan pembelian dan menabung emas elektronik (e-gold) di beberapa e-commerce, salah satunya Tokopedia. Oleh karena itu mari simak daftarnya.

  • 0,5 gram = Rp 476.500
  • 1,0 gram = Rp 953.000
  • 2,0 gram = Rp 1.906.000
  • 3,0 gram = Rp 2.859.000

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Investasi dengan Skema Lump Sum, Bagaimana Cara Kerjanya?

Duniafintech.com - Selama pandemi Covid-19, investasi menjadi bagian penting yang harus disiapkan, terutama untuk dana darurat dan tabungan masa depan. Saat ini investasi juga...

Forum Ekonomi Dunia Sebut Fintech Industri Paling Adaptif

DuniaFintech.com - Forum Ekonomi Dunia (WEF) mengklaim bahwa industri fintech menjadi yang tetap tumbuh secara global. Hal ini diungkapkan pada penelitian cepat atas pasar...

GREDU Siap Mendukung Sekolah Tatap Muka di Indonesia

DuniaFintech.com – Terkait rencana pembukaan sekolah tatap muka pada Januari 2021, GREDU mendukung sepenuhnya kebijakan terbaru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut. Sejumlah kendala akan...

Flipkart Milik Walmart akan Mulai Bisnis Pembayaran Digital

DuniaFintech.com – Perusahaan e-commerce India yang dikendalikan Walmart, Flipkart, mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya akan memutar sebagian modal mereka di PhonePe untuk memperluas akses...

Berbagai Fitur DANA yang Hadir di Sepanjang 2020! Simak Disini

DuniaFintech.com - Penyelenggara sistem pembayaran berbasis elektronik, DANA telah merangkum berbagai fitur dan layanan anyarnya di sepanjang tahun 2020. Pada tahun ini, berbagai fitur...
LANGUAGE