24.7 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

Harga Ethereum Tembus Rp61,7 Juta, Naik 2 Kali Lipat Hanya dalam 1 Bulan

Aset kripto Ethereum mencatatkan kenaikan harga tertingginya sepanjang sejarah atau all time high/ATH melewati Rp61,7 juta. Kenaikan ini terjadi pada tanggal 10 Mei 2021.  Ethereum (ETH) sudah naik 2 kali lipat dalam waktu kurang lebih satu bulan.

Pada Awal April, Ethereum hanya Rp30 juta. Itu juga sudah merupakan harga tertingginya, kala itu. Dalam beberapa hari, Ethereum kemudian meningkat lagi menjadi Rp40 juta. Pada akhir April meningkat menjadi Rp50 jutaan dan kemudian menembus Rp60 jutaan.

Wajar Bila Ethereum Naik

CEO Indodax Oscar Darmawan menyatakan, hampir setiap hari Ethereum mencapai harga tertingginya. Dalam beberapa waktu terakhir, Ethereum hanya turun sedikit dan beberapa kali saja.

Baca Juga : Waspadai Kripto Shiba Inu yang Mirip Doge, Baca Dulu Artikel ini

Baca Juga : SNL Elon Musk Bikin PHP DOGE Holders, Harganya Justru Turun

“Ethereum sudah menembus 2 kali lipat dari harga ATH Rp30 juta. Kini, harganya sudah melewati Rp60 juta. Wajar bila kenaikannya fantastis karena Ethereum sedang ramai digunakan,” kata Oscar Darmawan, Senin (10 Mei 2021).

Ethereum merupakan aset kripto yang memiliki fundamental yang menyediakan jaringan untuk melahirkan aset kripto baru dan proyek blockchain baru. Meski, sudah memiliki banyak pesaing, Ethereum tetap saja masih populer.

Faktor Masih Sama

Faktor meningkatnya harga Ethereum masih sama dengan sebelumnya. Platform Decentralized Finance (DeFi) dan sistem pelelangan non-fungible token (NFT) sedang booming.

“Dua platform tersebut banyak menggunakan jaringan Ethereum. Bahkan, NFT banyak menggunakan aset kripto Ethereum dalam pembelian produk dan jasa yang ada,” kata Oscar Darmawan.

Jika dilihat dari awal tahun 2021, kenaikan Ethereum sekitar 6 kali lipat. Semula hanya Rp10 juta saja. Ini lebih tinggi dari kenaikan Bitcoin yang hanya sekitar 2 kali lipat. Bitcoin awal tahun hanya Rp400 juta dan sekarang Rp860 jutaan.

Menariknya, meski sudah di level tertinggi, Ethereum kemungkinan besar masih akan naik lagi. Terlebih Ethereum sedang melakukan upgrade atau berevolusi ke Ethereum 2.0. Ethereum akan melakukan banyak pembenahan.

“Selain itu, juga ada upgrade EIP-1159 yang akan terjadi pertengahan tahun ini. Ethereum akan melakukan burn atau pembakaran untuk mengurangi pasokan maksimalnya di masa mendatang,” katanya.

Altcoin Juga Meningkat Drastis

Tidak hanya  ETH, altcoin lain juga tercatat meningkat. Salah satunya adalah Dogecoin (DOGE.

Dogecoin (DOGE) juga tercatat meningkat fantastis dari awal April 2021. Harga DOGE meningkat mencapai 10 kali lipat. Semula hanya Rp1000an meningkat menjadi Rp10.800 yang merupakan harga tertingginya sepanjang sejarah.

DOGE kini menjadi populer di Amerika Serikat setelah dipopulerkan oleh CEO Tesla, Elon Musk. Meski, acara Saturday Night Live pada 8 Mei 2021 Elon Musk tidak membicarakan soal DOGE, seperti yang dia janjikan pada awalnya. Tetapi, harga DOGE masih tercatat meningkat di Rp8000an

“DOGE populer di Amerika Serikat semenjak Elon Musk membahasnya di Twitter. Kemudian banyak platform dan merchant yang menerima pembayaran dengan aset kripto DOGE di Amerika Serikat,” katanya.

Menurut Oscar Darmawan, tahun ini merupakan masa altcoin season dimana altcoin kemungkinan besar akan meningkat drastis pada tahun ini. Karena ekosistem blockchain yang terus berkembang.

“Masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan hal ini dengan membeli Crypto dan berbagai altcoin di Indodax yang menyediakan ratusan aset kripto dari seluruh dunia. Indodax berusaha menjadi solusi investasi crypto terbaik di Indonesia,” katanya.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Harga Bitcoin Hari Ini : Masih di Rp550 Jutaan, Uruguay Susun RUU Bitcoin

Harga Bitcoin hari ini masih menyentuh Rp550 juta. Ini adalah masa sideways dimana Bitcoin sempat rally selama lebih dari satu pekan di akhir Juli...

Like It, Dorong Literasi Keuangan Perkuat Ekonomi Nasional

Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bekerja sama dalam Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar...

Sebanyak 66% Konsumen di Asia Tenggara Tertarik dengan Bank Digital

Survey Visa menungkapkan bahwa 66% konsumen di Asia Tenggara tertarik pada bank digital. Dua negara tertinggi adalah Thailand 83% dan Filipina 81%. Laporan dari...

Survey Visa : 85% Konsumen di Asia Tenggara Cashless, Indonesia Bagaimana?

Survey Visa mengungkapkan bahwa sebanyak 85% konsumen di Asia Tenggara mengadopsi pembayaran tanpa uang tunai atau cashless. Dari hasil survey Singapura (98%), Malaysia (96%)...

FinAccel, Perusahaan Induk Kredivo Siap Melantai di Bursa Nasdaq

FinAccel, perusahaan induk dari platform fintect P2P Lending Kredivo, berencana untuk go public di bursa saham Nasdaq, Amerika Serikat. FinAccel akan akuisisi dengan...
LANGUAGE